Mengganti Karet Wiper, Begini Cara Mudahnya!

Taukah kalian jika karet wiper memiliki masa pakai? Ya, artinya kita harus mengganti karet wiper pada jangka waktu tertentu. Jangan sampai karena jarang mengganti karet wiper mobil, hal ini malah mengganggu performa wiper saat dibutuhkan.

Ada baiknya sebelum datang musim penghujan, lakukan cek pada wiper mobil. Termasuk memperhatikan kualitas karet wiper mobil. Jangan sampai karet wiper sudah mengeras.

Karet wiper mobil setidaknya harus diganti setiap tahun, karet yang terletak diluar ini memang memiliki usia pakai 1 tahun dimana kalau lebih dari 1 tahun maka karet menjadi getas atau mengeras.

Sebab Karet wiper yang getas atau mengeras akan kehilangan elastisitasnya. Hal ini akan berakibat pada tidak maksimalnya sapuan dalam menyeka air hujan. Bahkan akibat yang lebih buruk karet wiper yang mengeras dapat menggores kaca mobil sehingga menggangu visibilitas dan keindahan mobil.

Mengganti Karet Wiper Mobil

Kabar baiknya darai mengganti karet wiper adalah kalain dapat melakukannnya sendiri. Ya, mengganti wiper bukan pekerjaan yang sulit sehingga harus dilakukan di bengkel. Kamu bisa mengganti wiper mobil di rumah.

Cukup membeli wiper di toko tepercaya dan mencari tahu cara ganti wiper mobil. Setiap wiper memang memiliki bentuk yang sama, hanya ukuran saja yang berbeda. Nah, artikel kalini kami akan membahas mengenai cara mengganti wiper mobil.

Berikut adalah ulasan lengkapnya untuk Anda.

Lepas Wiper Lama

Langkah pertama dalam mengganti karet wiper mobil adalah dengan melepaskan karet wiper yang lama. Pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan mengangkat wiper mobil. Angkat ke arah atas seperti saat mencuci mobil.

Lalu, letakkan kain halus/handuk pada bagian kaca. Tujuannya adalah untuk menghindari baretan yang diakibatkan dari benda-benda yang terjatuh saat melepas wiper mobil. Atau kain lap tebal dapat diletakan di ujung tangkai untuk membungkusnya.

Baca Juga: Mobil Tua: Berikut 4 TIps Merawatnya Dengan Mudah!

Hal ini untuk menghindari ketakutan wiper jatuh menimpa kaca. Setelah wiper mobil terangkat, lepaskanlah bilah karet wiper dari rumah wiper. Cara melepas karet wiper yang baik dan benar adalah tekan pengunci yang terletak di bagian tengah batang wiper dan dorong ke arah bawah untuk melepas wiper dari tangkainya.

Maka wiper akan terlepas. Lakukan secara perlahan dan berhati-hati karena jika tangkai penggerak wiper mobil rusak, nantinya wiper mobil kamu tidak akan bekerja dengan sempurna. Apabila Anda menggunakan wiper model frame, cara melepasnya adalah dengan mengarahkan wiper ke atas lalu tekan penjepit tangkai pada frame.

Mengganti Karet Wiper
Mengganti Karet Wiper (Sumber Gambar: Google)

Setelah itu dorong frame ke bawah. Cara melepas wiper model tanpa frame adalah buka pengunci pengait wiper baru lepas wiper dengan mendorongnya ke arah bawah.

Memasang Wiper Baru

Tahap selanjutnya dalam mengganti wiper mobil adalah memasang wiper baru. Cara memasang wiper mobil yang pertama adalah posisikan klip dengan besi wiper. Setelah itu sangkutkan klip dan besi wiper tersebut.

Masukan wiper baru dengan cara mendorong ke arah atas hingga terdengar bunyi klik. Apabila sudah klik, artinya wiper sudah terpasang. Ya, bunyi klik dapat dijadikan tanda bahwa wiper telah terpasang dengan baik.

Lalu Anda dapat meletakan kembali wiper mobil ke posisi semula. Bagimana mudah bukan mengganti karet wiper mobil? Oh ya, setelah terpasang, Anda dapat juga membersihkan kedua karet wiper menggunakan lap kering, baru turunkan wiper.

Pada tahap ini Anda harus memastikan bahwa karet wiper yang baru telah terpasang dengan benar agar karet tidak terlepas dan merusak kaca depan mobil. Cara mengecek apakah wiper sudah terpasang dengan benar atau tidak adalah dengan menggeser-gesernya.

Pastikan kaca depan telah bersih ya. Jika belum bersih, maka bersihkan terlebih dahulu. Perlu diperhatikan sebelum mengganti karet wiper dengan yang baru, tentu Anda harus membeli karet wipernya terlebih dahulu.

Mengganti Karet Wiper
Mengganti Karet Wiper (Sumber Gambar: Google)

Nah, dalam memebli karet wiper kita tidak bisa sembarangan. Sebab ukuran dan panjang wiper berbeda- beda. Untuk jenis karetnya memang hanya ada satu, namun untuk ukuran harus disesuaikan dengan wiper mobil masing- masing.

Jadi, sebelum membeli wiper baru, Anda harus tahu berapa ukuran panjang wiper mobil milik Anda. Wiper yang terlalu pendek akan sulit menghapus air atau kotoran pada kaca depan. Sementara apabila ukurannya terlalu besar atau panjang maka kedua wiper bisa bertabrakan.

Kapan Harus Ganti Karet Wiper?

Setelah membeicarakan mengenai cara mengganti karet wiper mobil, nah sekarang kira- kira kapan sih kita harus mengganti karet wiper mobil? Pada umumnya karet wiper mobil harus diganti setiap satu tahun sekali. Sebab, usia pakai karet wiper maksimalnya hanya sampai satu tahun.

Mengganti satu tahun sekali juga wajib dilakukan bagi wiper yang mendapatkan perawatan. Nah, apalagi jika wiper mobil yang tidak pernah dirawat. Mungkin Anda akan lebih sering mengganti karet wiper apabila tidak melakukan perawatan.

Baca Juga: Tips Agar Mobil Tetap Prima Usai Tempuh Perjalanan Jauh

Selain usia karetw iper, ada tanda yang dapat Anda kenali sebagai tanda kareta wiper harus diganti. Salah satu tanda karet wiper mobil minta diganti adalah jika setelah menyeka dia menyisakan kotoran atau bercak air di kaca mobil, kemudian tandanya lagi karet wiper berbunyi decit saat menyeka, sapuan air tidak sempurna, karet wiper pecah-pecah dan karet mengeras.

Mengganti Karet Wiper
Mengganti Karet Wiper (Sumber Gambar: Google)

Nah jika terdapat tanda-tanda tersebut meskipun belum 1 tahun seharusnya mengganti karet wiper mobil tersebut. Yuk simak tahapan mengganti karet wiper mobil di rumah.

Apabila Anda akan mengganti karet wiper, pastikan ukurannya sama dengan standar. Cara untuk mengetahui ukurannya yang sama, Anda dapat mengukur panjang wiper dengan menggunakan penggaris.

Itulah cara mengganti karet wiper mobil. Bagimana, mudah bukan menggantinnnya? Ya, Anda hanya perlu membeli karet wiper dan menggantinya sendiri di rumah. Selain itu, lakukan perawatan pada wiper. Sehingga, karet wiper dapat bekerja sampai usia maksimal, yaitu satu tahun.

Lia

Menulis pertama kali di orapada dimulai tangga 3 Juni 2020. Fokus penulisannya seputar informasi dunia otomotif. Khususnya Mobil, Motor dan life plus. Termasuk tips dan kiat aplikasi berkendara dalam kehidupan sehari-hari.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published.