Mengganti gear depan pada sepeda motor Supra x 125. Namun, tidak usah khawatir untuk masalah biaya. Sebab, Anda dapat mengganti gear depan Supra x 125 sendiri, loh. Tidak hanya menghemat biaya, waktu menggantinya pun dapat Anda sesuaikan dengan kegiatan Anda.

Meskipun, kebanyakan orang takut untuk mengganti gear depan sendiri, tidak ada salahnya bukan untuk mecobanya. Ketahui perlengkapan dan langkah untuk menggantinya. Sehingga, akan meminimalisir kerusakan.
Bagi, Anda pemilik motor Supra x 125, berikut akan kami rangkumkan mengenai cara mengganti gear depan Supra x 125.

Mengganti Gear Depan Supra x 125

Memiliki motor supra x 125 dan harus mengganti gear depan, tidak usaha khawatir dengan biaya. Apabila Anda memiliki waktu luang, Anda dapat melakukannya sendiri di rumah. Ya, memang cukup jarang pemilik kendaraan sepeda motor untuk mengganti gear depan sendiri dirumah.

Banyak alasannya. Ada yang takut jika hasilnya tidak akan sesuai atau gagal. Terutama untuk mengganti gear pada bagian belakang. Mislanya kegagalan pada bagian sambung rantai. Sehingga berdampak pada keamanan saat berkendara. Selain itu masih ada beberapa alasan lain yang menjadikan seseorang malas untuk mengganti sendiri gear depan.

Misalnya takut belepotan oli hitam, ada yang hanya dengan alasan tidak memiliki beberapa kunci untuk bongkar pasang baut bautnya, atau ada yang hanya dengan menggunakan alasan harga yang terjangaku untuk menggati gear di begkel. Hingga jalan akhirnya ia memilih mengambil jasa montir sepeda motor untuk menyelesaikan semua pekerjaan itu.

Baca Juga: Cara Membersihkan Rantai Motor Agar Tidak Cepat Putus

Namun, bukankah kita tidak tahu hasilnya jika belum mencoba? Selain itu mengganti gear depan lebih mudah jika dibandingkan dengan mengganti egra bagian belakang. Sehingga, mengganti gear bagian depan dpaat Anda coba sendiri di rumah.

Berikut adalah cara mengganti gear depan Supra x 125 yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah.

Mengganti Gear Depan Supra x 125
Mengganti Gear Depan Supra x 125 (Sumber Gambar: Google)

Alat Untuk Mengganti Gear Depan Supra x 125

Ada beberapa alat yang harus Anda siapkan untuk mengganti gear depan dan belakan supra x 125. Jika alat ini tidak ada dirumah Anda, mungkin Anda bisa meminjamnya untuk sementara. Selain itu, gear yang akan dilepas hanya geardepan saja, sehingga alatnya tidaka kan sebanyak ini. Namun tidak ada salahnya bukan untuk mengetahuinya baik untuk mengganti gear depan ataupun gera belakang.

Alat yang pertama Anda butuhkan adalah kunci T / Ring / Pass ukuran 10. Nantinya kunci ini digunakan untuk buka tuas persneleng atau oper gigi. Selai itu, Anda juga membutuhkan kunci T ukuran 8. Kunci T ukuran 8 akan digunakan untuk membuka penutup gear depan.

Masih keluarga kunci, alat selanjutnya yang Anda butuhkan adalah kunci T atau Y ukuran 10. Kunci yang satu ini digunakan untuk buka spi gear depan. Tang untuk melepas spi penyambung rantai.

Mengganti Gear Depan Supra x 125
Mengganti Gear Depan Supra x 125 (Sumber Gambar: Google)

Pinset atau Obeng min kecil adalah alat yang dibutuhkan selanjutnya untuk mengganti gear depan Supra x 125. Pinset atau obeng nantinya digunakan untuk menyelesaikan melepas spi penyambung rantai.

Selanjutnya adalah Kunci T namun yang memiliki ukuran 12. Ukuran 12 ini nantinya digunakan untuk membuka baut gear belakang. Alat yang selanjutnya adalah kunci Pass atau Ring ukuran 19 dan 14 untuk membuka AS Roda belakang. Terakhir Anda membutuhkan Oli bersih atau Bensin secukupnya ples serbet ples air untuk bersih bersih.

Cara Mengganti Gear Depan Supra x 125

Motor supra X 125 merupakan mootor bebek yang lumayan banyak di miliki oleh pengguna sepeda motor. Cara mengganti gear depan supra x 125 sama seperti motor bebek lainnya. Caranya adalah melepas semua baut terlebih dahulu.

Apabila baut Anda sudah dalam kondisi berkarat maka Anda perlu di bersihkan agar lebih mudah dalam pelepasan serta pemasangan. Sebelum menyopot bau ada baiknya Anda memposisikan motor dengan standar tengah agar lebih mudah dalam pemasangan.

Mengganti Gear Depan Supra x 125
Mengganti Gear Depan Supra x 125 (Sumber Gambar: Google)

Untuk melepaskan gear bagian depan gunakan kunci yang telah Anda siapkan sebelumnya. Untuk melepaskan gear bagian depan Anda dap menggunaka kunci T 10. Jangan lupa untuk melepas ring gear depan dan sambungan pengunci rantai.

Apabila semua terlepas, Anda dapat memasang gear depan Suzuki x 125 yang baru. Pasang kembali gear depan. Caranya adalah dengan memasang kembali spi pengunci gear depan, serta baut spi nya, eratkan tapi hati hati jangan sampai terlalu kuat yang bisa menyebabkan nantinya akan sulit dibuka atau bahkan membuat baut patah.

Lalu bagimana cara mengganti gear bagian belakang? Dalam mengganti gear bagian belakang ada beberapa kasus kesulitan membuaka mur baut bila roda sudah terlepas dari tempatnya. Terutama bagi amatiran dan juga montir yang tidak punya perangkat khusus untuk melepas mur baut yang berkaitan dengan roda.

Namun caranya tidak jauh berbeda dengan mengganti gera depan. Bedanya adalah lebih banyak mur dan bagian yang harus dilepasakan dan dipasang. lepas baut penyetel kekencangan rantai, terus baut utama yang ada pada arm, lepas baut rem, pokoknya hal-hal yang menempel pada roda. bagaimanapun sebelum kita mengganti gear set, harus memisahkan roda dari kerangka terlebih dahulu.

Ketika sudah terlepas roda bagian belakang tentunya tinggal melepas gearnya seperti halnya melepas gear depan ini, perlu dua orang saya rasa untuk memudahkan eksekusinya. Sehingga jika Anda merasa kesusah, untuk gera belakang lebih baik serahkan ke ahalinya.

Baca Juga: Mengubah Ukuran Gear Motor: Ketahui Efeknya!

Itulah cara mengganti gear depan Supra x 125. Untuk harga gear motor Supra x 125 sering mengalami perubahan. Selain itu, harga di beberapa tempat juga memiliki harag yang berbeda. Namun, untuk harga satus set gera Supra x 125 dibandrol sekitar Rp. 120.000 – Rp. 150.000. Sehingga, Anda dapat menghemat biaya pemasangan jika Anda memasangnya sendiri.

Ganti set gear motor Anda jika memang sduah waktunya. Sehingga, performa motor Anda akan terjaga. Dan Anda akan tetap nyaman dalam menggunakannya untuk berkendara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *