Rasa hampa atau ngantuk memang biasanya menghampiri ketika sedang berkendara menggunakan otor. Maka, ada beberapa pengendara untuk menghindari rasa bosan ini dengan mendengarkan musik.

Wah, padahal tindakan yang satu ini ternyata sangat berbahaya, loh. Hindarilah mengendarai motor sambil mendengarkan musik. Meskipun hal tersebut dilakukan menggunakan earphone dan volume yang tidak terlalu kencang.

Apapun alasannya itu, mendengarkan musik sambil berkendara dengan sepeda motor Anda memang dapat membuat Anda lebih nyaman, tenang, dan fokus ke jalan. Sayangnya, dampak tersebut dari penggunaan earphone saat berkendara motor tidak sebanding dengan risiko yang ditawarkan.

Ada banya risiko dari mengendarai motor sambil mendengarkan musik. Berikut telah kami rangkum mengenai bahaya mengendari motor sambil mendengarkan musik.

Mengendarai Motor Sambil Mendengarkan Musik

Mengendarai motor sambil mendengarkan musik selagi berkendara memang dapat mengusir kejenuhan. Namun, dampak negatifnya lebih besar daripada manfaat yang diperoleh.

Meskipun tidak ada larang secara tertulis, namun banyak hal negatif yang ditimbulkan ketika mengendarai motor sambil mendengarkan musik. Berikut adalah ulasan negatifnya.

Baca Juga: Mengganti Gear Depan Supra x 125, Begini Cara Mudahnya!

Tidak Mendengar Klakson

Hal negatif yang pasti terjadi ketika mengendari motor sambil mendengarkan musik adalah susuah mendegarkan klakson dari pengendara lain. Ya, sebenarnya bukan hanya klakson, sura disekitar juga susah untuk didengarkan.

Kalau telinga sudah diisi dengan suara lain, maka itu sama saja dengan kita tidak tahu dan mendengar apa yang ada di sekitar kita, contohnya klakson dari kendaraan lain. Anda pasti tahu bahwa suara klakson yang dikeluarkan dari kendaraan lain mungkin saja peringatan yang perlu diperhatikan karena mungkin saja Anda sedang dalam kondisi bahaya, dan perlu diperingati.

Hal ini sangat berisiko, sebab pengendara harus berkonsentrasi penuh, termasuk peka keadaan jalan di sekitarnya. Komunikasi antar kendaraan di jalan biasanya dilakukan melalui klakson untuk memperingatkan kendaraan lain.

Mengendarai Motor Sambil Mendengarkan Musik
Mengendarai Motor Sambil Mendengarkan Musik (Sumber Gambar: Google)

Jika pengendara sedang mendengarkan musik, maka suara klakson pun tidak terdengar sehingga tidak mustahil membuat kendaraan lain salah mengambil keputusan karena merasa sudah memperingatkan Anda.

Ini artinya, mengendarai motor sembari mendengarkan musik melalui earphone sebaiknya tidak dilakukan. Jangan hanya untuk kesenangan semata, malah justru bisa memecah fokus Anda ketika melaju di jalan dengan mengendarai motor.

Menutup telinga dengan memakai earphone, sama saja dengan mengurangi fungsi telinga, yaitu mendengar. Padahal, saat berkendara di jalanan umum, banyak hal yang wajib kita dengar dan perhatikan.

Mengurangi Konsentrasi

Bahaya yang lain ketika mengendarai motor sambil mendengarkan musik adalah dapat mengurangi konsentrasi. Suara musik atau suara lainnya yang keluar dari eraphone dapat membawa Anda dalam ruang imajinasi.

Sehingga akan terpecahlah konsentrasi Anda ketika mengemudi atau Anda tidak 100% fokus terhadap kendaraan Anda. Dimana hal ini berisiko mengakibatkan kecelakaan lalu lintas.

Meskipun sebagian orang akan bilang bahwa mereka lebih rileks atau menikmati perjalann mereka ketika mendnegarkan musik denga eraphone terpasang, tetap saja hal ini berisiko.

Sebab, alih-alih membuat mereka lebih fokus pada jalan raya, mendengarkan musik justru akan membuatnya kehilangan fokus hingga menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lintas. Hal ini dikarenakan, karena suara yang datang dari earphone menyebabkan gangguan yang cukup signifikan.

Dimana konsentrasi pengendara jadi terbelah, antara mendengarkan musik di telinganya atau fokus pada kondisi jalan di depannya. Sehingga, pengendara berisiko tidak punya kontrol yang penuh terhadap kendaraan.

Juntaian Kabel Earphone

Bahaya mengendarai motor sambil mendengarkan musik yang terakhir adalah kabel eraphone yang akan menggaggu ketika berkendara. Seperti yang kita tahu bahwa eraphone memiliki kabel.

Hal ini tentu dapat mengganggu ketika berkendara. Terlebih, jika kabel itu tersangkut di tangan atau lengan sehingga mengganggu kenyamanan berkendara. Tidak mustahil pengendara akan kehilangan keseimbangan atau lepas kendali sehingga berisiko mengakibatkan kecelakaan lalu lintas.

Mengingat ukuran kabel yang biasannya cukup panjang.mJadi, apabil Anda tidak mengenakannya dengan tepat, kabel ini bisa mengganggu fokus Anda selama berkendara. Bisa saja kabel tersebut menyangkut lengan atau tangan hingga menyebabkan Anda kehilangan kendali dan keseimbangan.

Jika, eraphone Anda tidak memiliki kabel, mungkin gangguan hanya ada pada kosentrasi dan gangguan dari arah luar. Namun, tetap tidak isarankan, ya.

Mengendarai Motor Sambil Mendengarkan Musik
Mengendarai Motor Sambil Mendengarkan Musik (Sumber Gambar: Google)

Nah, itulah ulasan mengenai bahaya mengendarai motor sambil mendengarkan musik. Sekali lagi, bahwa tidak ada aturan tertulis megani hal ini. Sama halnya dengan merokok saat mengemudikan kendaraan.

Perlu diketahui bahwa ada efek positifnya juga. Seperti meningkatkan percaya diri, ketenangan hati, mengembalikan konsentrasi dan juga efek positif lainnya. Namun, hal positif tersebut tidak optimal bahkan memiliki potensi untuk terjadinya hal-hal yang merugikan pengendara jika dilakukan sambil mengendarai sepeda motor.

Walaupun menggunakan earphone ketika mengemudi tidak secara eksplisit ilegal, tetapi tetap berbahaya dan bisa menjadi penyebab kecelakaan karena suara yang datang dari earphone menyebabkan gangguan yang cukup signifikan. Pengendara berisiko tidak punya kontrol yang penuh terhadap kendaraan.

Mengendarai Motor Sambil Mendengarkan Musik
Mengendarai Motor Sambil Mendengarkan Musik (Sumber Gambar: google)

Apabila Anda bosan dengan perjalanan yang Anda lalui, lebih baik ambil istirahat sebentar dan mendengarkan musik ketika sedang istirahat atau jika sudah sampai di rumah saja ya. dengarkan musik ketika Anda menepi di pinggir jalan. Jangan sampai Anda membahayakan keselamatan diri Anda sendiri dan pengendara yang lain.

Baca Juga: Tipe Aki Motor: Yuk! Kenali Kelebihan & Kekurangannya

Ya, mengingat banyaknya kecelakaan di jalan raya maka ada baiknya jika Anda cari aman. Selain tidak mendengarkan musik saat mengendarai motor, Anda juga dilarang merokok. Ya, sebab ada peraturan tertulis bahwa Anda tidak boleh mengendarai motor hanya dengan satu tangan, ya.

Sama baahayanya juga. Selain itu, untuk menghindari bahay saat mengendarai motor maka sangat disarnkan untuk para pengendara juga harus menguasai teknik berkendara dengan baik, seperti teknik menikung, pengereman yang baik, dan menjaga keseimbangan saat berkendara.

Menggunakan perlengkapan berkendara seperti helm SNI, jaket, dan masker juga menjadi bagian dari upaya keselamatan berkendara. Selain itu, menerapkan postur tubuh yang baik saat berkendara juga sangat penting mendukung keselamatan di jalan raya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *