Mengendarai Mobil Saat Hujan Deras: Yuk, Simak Tipsnya Agar Aman!

Saat musim hujan kita harus lebih extra hati- hati lagi saat berkendara. Ya, sebab saat hujan kondisi jalan cenderung tidak kondusif. Selain itu, banyak genangan air, jalanan lebih licin, dan semua pengendara ingin cepat samapi ke tujuan.

Hal tersebut berlaku untuk kendaraan apapun, baik itu motor maupun mobil. Namun, pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai tips aman mengendarai mobil saat hujan deras. Jadi, bagi Anda yang menggunakan mobil baik untuk mobilitas sehari- hari maupun untu jarak jauh, yuk baca sampai selesai.

Tips Mengendarai Mobil Saat Hujan Deras

Mengendarai mobil saat hujan deras tentu lebih riskan mengalami kecelakaan jika dibandingkan dengan ketika cuaca cerah. Sehingga kita tidak hanya dituntut untuk lebih konsentrasi namun juga untuk lebih hati- hati.

Bahkan seringkali, hanya karena hal-hal sepele yang luput dari perhatian bisa menjadi potensi atau faktor penyumbang terjadinya kecelakaan. Bahkan terkadang kita sudah hati- hati, eh pengendara lain yang lalai.

Baca Juga: Mengganti Karet Wiper, Begini Cara Mudahnya!

Nah, untuk itu ada beberapa tips untuk mengendarai mobil saat hujan deras atau cuaca buruk. Anda dapat memulainya dari hal-hal kecil yang sekilas terkesan sepele namun dapat berdampak sangat besar terhadap kenyamanan dan bahkan keamanan saat berkendara.

Mari kita simak bersama tips mengendarai mobil saat hujan deras agar tetap aman. Selamat membaca!

Kurangi Kecepatan

Tips aman mengendari mobil saat hujan deras agar tetap aman tentu saja salah satunya adalah memeprhatikan kecepatan laju mobil Anda. Bahkan usahakan untuk mengurangi kevepatan mobil Anda.

Hal ini dilakukan karena selain jalanan yang licin atau tergennag air, jarak pandang Anda juga akan terbatas. Ya, visibilitas Anda tidak seluasa saat cuaca cerah. Sehingga mobil akan menjadi sulit dikendalikan.

Saat berkendara di kondisi hujan deras, kecepatan yang disarankan adalah 20 persen atau sekitar 20-30 km/jam. Dengan mengurangi kecepatan, Anda memiliki kontrol lebih baik dan memiliki waktu yang cukup untuk mengamati situasi dan mengantisipasi segala kemungkinan yang akan terjadi.

Selain itu, dengan mengurangi kecepatan, dapat meminimalisir kemungkinan terjadinya aquaplanning yang membuat ban kehilangan cengkeraman pada permukaan jalan yang basah.

Mengendarai Mobil Saat Hujan Deras
Mengendarai Mobil Saat Hujan Deras (Sumber Gambar: Google)

Menjaga Jarak Aman

Tips selanjutnya agar aman mengendari mobil saat hujan deras agar tetap aman adalah memperhatikan jarak antar kendaraan. Ya, selalu jaga jarak dengan kendaraan lain. Hal ini dilakukan untuk mencegah tabrakan apabila kendaraan di depan mengerem secara mendadak.

Jadi, dengan menjaga jarak maka Anda memiliki cukup waktu dan ruang untuk mengantisipasi segala kemungkinan terburuk. Idealnya, Anda disarankan untuk menjaga jarak minimal kurang lebih 3 detik dengan kendaraan di depan.

Permukaan jalan yang licin saat hujan lebat juga membuat kerja komponen pengereman berkurang dan berakibat jarak pengereman yang semakin panjang. Jadi, perhatikan jarak aman ya ketika mengemudi pada kondisi hujan deras atau cuaca buruk.

Menyalakan Lampu Kendaraan

Menyalakan lampu kendaraan juga membantu menciptakan keamanan mengendarai mobil saat hujan deras. Seperti yang kita ketahui, bahwa lampu mobil merupakan alat komunikasi antar pengemudi ketika pengendara.

Mengendarai Mobil Saat Hujan Deras
Mengendarai Mobil Saat Hujan Deras (Sumber Gambar: Google)

Dengan menyalakan lampu kendaraan membuat posisi Anda lebih mudah untuk diketahui oleh pengguna jalan lainnya. Sehingga membantu menjaga kewaspadaan saat berkendara dan mengurangi resiko celaka.

Ingat, harap selalu menghidupkan tanda seperti lampu meski hujan di siang hari. Tapi ingat, jangan gunakan lampu hazard saat hujan deras. Pemakaian lampu hazard ketika hujan justru bisa membuat pengendara lain kebingungan.

Jadi menurut peraturan lalu lintas, lampu hazard hanya boleh dinyalakan saat keadaan darurat dan mobil dalam keadaan diam. Sehingga ketika Anda menyalakan lampu hazard ketika berkendara saat hujan lebat, akan membuat pengguna jalan lainnya akan bingung dalam mengantisipasi Anda saat ingin berpindah jalur.

Hal tersebut dikarenakan lampu hazard dan lampu sein tidak bisa dinyalakan saat bersamaan. Selain itu, cahaya saat lampu hazard dinyalakan juga berisiko menyilaukan pengguna jalan lainnya. Jadi lampu hazard dipakai hanya untuk keadaan darurat.

Mengendarai Mobil Saat Hujan Deras
Mengendarai Mobil Saat Hujan Deras (Sumber Gambar: Google)

Hindari Melakuakan Pengereman Secara Mendadak

Tips selanjutnya agar aman mengendarai mobil saat hujan deras adalah mnghindari melakukan pengereman secara mendadak. Jadi, saat hujan selain jalanan licin, biasanya jalanan juga akan tertutup genangan air.

Nah, apabila Anda menmukan genangan air maka jangan lakukan rem secara mendadak. Sebab, hal ini akan berisiko membuat ban mengunci atau kehilangan cengkeraman yang membuat Anda mudah kehilangan kontrol.

Jika Anda terpaksa melakukan pengereman saat menerjang genangan air, lakukan dengan bertahap dan sehalus mungkin. Terlebih apabila Anda tengah berada di jalan bebas hambatan. Jadi, selain menghindari genangan air, Anda juga harus menghindari mengerem mendadak saat melihat genangan air. Ya, hal ini demi kemanan dan keselamtan.

Mengatur Suhu AC Mobil

Tips terakhir agar aman saat mengendarai mobil saat hujan deras adalah mengatur suhu AC mobil. Lah, kenapa harus diatur suhu AC- nya? Hal ini Karena saat hujan lebat, suhu akan turun dan mudah mengundang embun pada kaca mobil.

Sehingga mengganggu visibilitas Anda saat berkendara. Jadi, atur suhu AC mobil Anda agar jangan terlalu rendah atau tinggi sehingga dapat membantu mencegah terjadinya pengembunan pada kaca dan spion mobil Anda.

Baca Juga: Servis Berkala: Manfaatnya Untuk Mobil Anda

Itulah sejumlah tips agar tetap aman mengendarai mobil saat hujan deras. Apabila hujan sangat deras dan jarak pandang sangat dekat maka lebih baik menepi. Apalagi jika disertai dengan angin lebat. Lebih baik hentikan aktivitas berkendara Anda, cari tempat yang aman untuk meneduh dan menuggu samapi cuaca lebih baik.

Oh ya, yang tidak kalah penting pastikan lampu, dan wiper kaca dan komponen mobil lainnya dapat bekerja dengan baik saat dibutuhkan atau dinyalakan. Jangan lupa periksa juga kondisi ban. Pastikan ban tidak botak atau masih layak untuk melintasi jalanan yang basah.

Ingat utamakan selalu kemanan dan keselamtan saat berkendara. Sehingga, dapat sampai ke tempat tujuan dengan selamat.

Lia

Menulis pertama kali di orapada dimulai tangga 3 Juni 2020. Fokus penulisannya seputar informasi dunia otomotif. Khususnya Mobil, Motor dan life plus. Termasuk tips dan kiat aplikasi berkendara dalam kehidupan sehari-hari.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published.