Menggunakan mobil pribadi tidak hanya digunakan untuk jarak dekat namun juga jarak jauh. Mengemudi mobil jarak jauh dengan nyaman dan aman tentu menjadi impian setiap pengemudi. Sehingga, pegemudi dan penumpang dapat sampai dengan selamat sampai tujuan. Untuk itu, persiapan sebelum mengemudi dengan jarak jauh sangat perlu dipersiapkan dengan baik.

Sebelum mengemudi dengan jarak jauh, tidak hanya persiapan kendaraan yang dilakukan. Namun juga persiapan fisik dan perlengkapan selema berkendara juga perlu dipersiapkan dengan baik juga. Selain itu sebelum bepergian jarak jauh, ada baiknya bagi para pengendara juga mencari tahu terlebih dahulu informasi soal perjalanan tersebut sebelum melakukan perjalanan. Misalnya, informasi mengenai jalan atau tempat beristirahat. Dengan begitu, kita dapat menentukan di titik mana saja harus berhenti untuk sekadar beristirahat dan meregangkan otot-otot yang kaku atau menghirup udara segar.

Mengemudi Mobil Jarak Jauh Dengan Nyaman Dan Aman

Ketika melakukan perjalanan jarak jauh dengan menggunakan mobil, maka kemungkinan memiliki sejumlah risiko atau kemungkinan yang bisa saja terjadi. Mulai dari gangguan teknis kendaraan, rasa bosan, hingga faktor eksternal dari medan yang akan dilalui. Sehingga, agar dapat mengemudi mobil jarak jauh dengan nyaman dan nyaman maka Anda harus menyiapkan fisik, kendaraan, dan juga beberapa perlengkapan seperti minum dan makanan.

Persiapan Fisik Pengemudi

Persiapan mengemudi mobil jarak jauh dengan nyaman dan aman yang pertama adalah fisik pengemudi. Ada perlu yang diperhatikan untuk fsik pengemudi sebelum mengemudi jarak jauh. Yang paling utama adalah pengemudi harus dalam kondisi prima saat hendak menempuh perjalanan jarak jauh. Sebab, tanpa hal tersebut, perjalanan bisa jadi mengalami banyak kendala hingga mengancam keselamatan. Jadi pastikan untuk memperbanyak minum air putih, konsumsi makanan sehat dan minum suplemen vitamin C bila perlu, serta tidur yang cukup bisa membuat badan terasa segar dan siap melakukan perjalanan jauh.

Selain itu pengemudi juga harus cukup tidur sebelum mengemudi dengan jarak jauh. Usahakan Anda telah menghabiskan waktu tidur selama tujuh jam dalam dua hari berturut-turut untuk mengumpulkan energi. Hindari berkendara jarak jauh setelah melakukan banyak aktivitas. Kekurangan tidur akan membuat tubuh Anda cepat lelah. Jadi, apabila Anda baru saja melakukan banyak aktivitas ada baiknya Anda istirahat terlebih dahulu. Hal ini akan mempengaruhi kelesamatan ketika berkendara.

Masih mempersipakan fisik pengemudi agar mengendarai jarak jauh dengan nyaman, maka pengemudi perlu menggunakan pakaian yang nyaman. Gunakan pakaian yang Anda rasa nyaman untuk dipakai di dalam kabin. Misalnya bahan katun yang menyerap keringat. Jika Anda tidak tahan dengan dinginnya AC mobil, maka jangan lupakan juga jaket untuk menangkal rasa dingin. Hal penting lainnya yang perlu diingat ialah Anda sangat disarankan untuk menggunakan sepatu saat mengemudi.

Baca Juga: Ada 10 Fungsi Lampu Mobil Yang Berbeda Yang Perlu Di Ketahui!

Tips yang terakhir apabila akan mengemudi mobil jarak jauh adalah jangan makan terlalu berlebihan sebelum mengemudi. Ya, makanan berat tidak disarankan untuk Anda yang akan mengemudi jarak jauh. Sebab akan menimbulkan perasaan tak nyaman bagi tubuh Anda selama dalam perjalanan. Jadi Anda dapat mengkonsumsi makanan dalam porsi ringan sebelum berangkat menempuh perjalanan jauh. Pastikan juga tubuh terhindar dari dehidrasi.

Persiapan Mobil Yang Akan Digunakan

Agar mengemudi jarak jauh dengan nyaman dan aman dapat terwujud, maka Anda juga perlu mempersiapkan kendaraan sebelum berpergian. Tidak hanya fisik ekndaraan, namun ada beberapa komponen yang perlu Anda persiapkan sebagai cadangan apabila terjadi hal yang tidak diinginkan.

Pertama kita akan membhaas mengenai pengecekan fisik yang harus dilakukan pada mobil yang akan digunakan untuk berkendara jarak jauh. Pastikan bahwa ban mobil, oli, aki, sistem pengereman, dan komponen hiburan serta AC berfungsi dengan baik. Pastikan komponen tersebut memiliki kwalitas yang dapat digunakan untuk berpergian jarak jauh. Sebab, akan repot jadinya apabila ditengah jalan Anda mengalami hal yang tidak diinginkan apabila komponen tersebut rusak. Pastikan juga mesin mobil Anda dapat diajak untuk berpergian jarak jauh. Sehingga, akan meminimalisir risiko yang tidak menyenagkan saat perjalanan. Apalagi jika bengkel jauh dari tempat mobil Anda mengalami kerusakaan saat perjalanan.

Selain itu, pastikan Anda membawa beberapa komponen cadangan. Seperti ban, air aki, pndongkark ban, dan alat lain nya. Pastikan pula bahwa komponen cadangan tersebut juga memiliki kwalitas yang layak untuk digunakan. Selain itu bawa pula kotak PT3K. Obat- obatan ini akan berguna untuk pengemudi dan penumpang.

Persiapan Tambahan

Mengemudi Mobil Jarak Jauh
Mengemudi Mobil Jarak Jauh (Sumber Gambar: Google)

Ketika Anda sudah mempersiapkan fisik dan juga kendaraan, masih ada beberapa hal yang perlu disiapkan pula sebelum mengemudi mobil jarak jauh. Persipan tersebut adalah persiapan rute atau jalur yang akan ditempuh. Anda dapat mendwonload offline maps dan mengetahui kondisi jalur yang akan Anda lalui. Sebelum berangkat, pastikan Anda sudah menentukan rute yang akan dilewati. Berikut dengan rute-rute alternatifnya. Sebagai saran, pilih jalur yang nyaman untuk Anda lalui. Akan lebih baik lagi jika Anda sudah akrab dengan jalur tersebut atau pernah melewatinya.

Selain itu, cari infomasi mengenai dimana letak rest area dan SPBU. Sehingga, akan membatu Anda perperkirakan dimana Anda harus bersitirahat. Sebab sangat disarankan untuk Anda yang melakukan perjalanan jauh untuk istirahat setiap dua jam. Tujuannya, tak lain untuk mengembalikan stamina Anda sebelum kembali melanjutkan perjalanan. Anda bisa memanfaatkan waktu istirahat untuk tidur atau mengisi perut guna mengembalikan energi.

Selain itu, Anda juga bisa membawa makanan dan juga mempersiapkan hiburan saat perjalanan. Pilihlah makanan yang dapat membantu fisik Anda lebih prima, selalu sediakn air putih untuk membantu konsentrasi mengemu Anda. Untuk hiburan Anda dapat menyediakan playlist lagu yang Anda sukai untuk diputar selama perjalanan.

Baca Juga: 6 Penyebab Utama Mengapa Sepeda Motor Mendadak Jadi Boros Bensin

Persiapan selanjutnya adalah persiapan dokumen penting dan juga uang tunai dan elektronik. Dokumen yang eprlu dipersiapkan seperti surat- surat mobbil serta identitas pengemudi. Selain itu persiapn uang tunai dan elktronik juga menjadi hal yang penting. Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini banyak transaksi menggunakan uang elektronik. Hal ini juga berlaku untuk jalan tol. Maka itu, Anda juga perlu menyiapkannya sebelum berkendara jarak jauh. Untuk hal ini pastikan Anda memiliki saldo yang mencukupi untuk dipakai sepanjang perjalanan. Namun, Anda juga tetap perlu menyiapkan uang tunai. Hal ini untuk jaga- jaga apbila diperlukan sewaktu-waktu.

Hal- hal diatas harus Anda persiapkan dengan baik. Untuk itu usahakan untuk tidak mengemudi mobil dengan jarak jauh dengan dadakan atau tanpa persiapan. Sebab, persiapan diperlukan untuk mengurangi risiko yang kurang menyenagkan saat dalam perjalanan.

Baca Juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *