Mengemudi di jalan tol untuk pemula> Ya, sebagai pengemudi pemula, pasti banyak moment pertama ketika Anda mengemudi. Pertama mengemudi di jalan menanjak, menurun, atau bahkan pertama kali mengemudi di jalan tol. Hal ini tentu menjadi pengalaman mendebarkan sekaligus menyenagkan, bukan? Apalagi pengalaman melalui jalan tol untuk pertama kalinya.
Jalan tol memang sering kali dianggap sebagai jalur tantangan tersendiri bagi para pengemudi pemula. Hal ini dikarenakan, tidak jarang kecepatan di atas-rata saat mengendarai mobil di jalan tol. Hal inilah yang menyebabkan kegugupan tersendiri dalam diri para pemula. Bagi Anda yang pemula atau baru saja mendapat SIM mungkin akan merasakan senang dan tegang secara bersamaan.

Untuk itu, artikel ini akan membahas cara mengemudi di jalan tol untuk pemula. Sehingga, Anda memiliki pengetahuan sebelum melewati jalan tol untuk pertama kali.

Mengemudi Di Jalan Tol Untuk Pemula

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebagai pengemudi pemula sebelum melintasi jalan tol. Karakter jalan tol bebas hambatan terkadang menuntut para pengemudi untuk berkendara dalam kecepatan yang konstan namun tetap lebih tinggi daripada jalan raya biasa. Lantas, bagaimana cara mengemudi di jalan tol untuk pemula? Hal apa saja yang perlu diperhatikan? Berikut ulasannya untuk Anda.

Menjaga Jarak Aman

Mengemudi di jalan tol untuk pemula yang perlu diperhatikan adalah menjaga jarak antar kendaraan. Sebenarnya menjaga jarak tidak hanya dilakukan ketika Anda di jalan tol, namun harus dilakukan saat Anda berkendara. Hal ini akan mencegah terjadinya kecelakaan. Jarak ideal antara kendaraan adalah sekitar 10-20 meter. Bagi Anda yang masih pemula, ada trik khusus yang sangat berguna untuk menjaga jarak aman kendaraan Anda yakni dengan metode ‘Jarak 3 Detik’. Dalam cara tersebut, Anda bisa menggunakan selisih waktu antara mobil yang Anda kendarai dengan mobil yang ada di depan Anda sekitar tiga detik.

Anda bisa menggunakan objek lain yang berada di pinggir jalan untuk dijadikan sebagai patokan, misal ada sebuah pohon, maka tunggulah mobil tersebut melewati pohon selama tiga detik dan lalu kemudian giliran Anda yang jalan. Atau Anda juga bisa menggunakan cara lain seperti melihat ban belakang dari kendaraan yang ada di depan. Ketika Anda masih bisa melihat ban belakang mobil depan, berarti itulah jarak aman antara kedua mobil tersebut.

Menggunakan Jalur Lambat

Tips untuk mengemudi di jalan tol untuk pemula yang selanjutnya adalah dengan menggunakan jalur lambat. Jalur lambat atau biasanya disebut dengan jalur kiri bisa Anda gunakan apabila Anda ragu dalam menggunakan jalur cepat atau yang disebut jalur kanan. Jadi, Anda dapat memilih jalur lambat atau jalur yang paling sebelah kiri. Pada jalur ini Kecepatan ideal ketika berada di dalam jalan tol berkisar antara 60-80 km per jam.

Sedangkan, apabila Anda mulai ahli, mungkin Anda dapat mencoba menggunakan jalur kanan. Dimana jalur kanan merupakan jalur untuk kendaraan yang ingin mendahului kendaraan lain, sebaiknya Anda menggunakan jalur lambat untuk kenyamanan diri Anda sendiri dan juga pengendara lain. Namun, apabila Anda kurang merasa yakin menggunakan jalur cepat tol atau jalur kanan, gunakan jalur lambat untuk kenyamanan diri Anda sendiri dan pengendara lainnya.

Baca Juga: Standar Safety Riding: Wajib Untuk Dipatuhi Saat Berkendara!

Perhatikan Kecepatan

Memperhatikan kecepatan saat di jalan tol merupakan tips selanjtnya yang perlu diperhatikan pengemudi pemula. Perlu diketahui oleh pengemudi pemula bahwa saat melewati jalan tol ditetapkan kecepatan maksimal dan minimal.
Jadi, hal penting yang harus diperhatikan untuk berkendara aman di jalan tol adalah batas kecepatan. Kementrian Perhubungan memberikan aturan batas kecepatan adalah minimum 60km/jam dan maksimum 100km/jam. Untuk keselamatan dan kelancaran selama berada di jalan tol jangan mengemudi dibawah atau diatas batas kecepatan yang sudah ditentukan.

Baca Juga: Safety Riding Motor Matik: Aman Berkendara Bagi Pemula

Fokus Saat Mengemudi

Mengemudi Di Jalan Tol Untuk Pemula
Mengemudi Di Jalan Tol Untuk Pemula (Sumber Gambar: Google)

Tips selanjutnya adalah untuk fokus saat mengemudi di jalan tol. Ya, hal ini sebenarnya sama dengan sellau menjaga jarak, fokus saat mengemudi juga harus selalu diterapkan ketika berkendara, Jadi, tidak hanya saat melewati jalan tol saja. Namun, ketidak fokusan sangat mudah menyerang Anda dengan kondisi jalan tol yang lurus. Selain itu, kecepatan yang Anda jalankan untuk mobil Anda cenderung sama.

Biasanya kondisi jalan tol yang lurus dan kecepatan yang konsisiten menimbulkan rasa kantuk dan bahakan membuat Anda melamun. Apalagi jika Anda menyetir sendirian. Kegiatan ini sangat berbahaya bagi diri Anda dan juga pengendara lain. Banyak ditemukan kecelakaan yang terjadi di dalam tol akibat mengantuk dan melamun sehingga mobil keluar jalur atau menabrak kendaraan lain yang ada di depannya.

Apabila merasa mengantuk, sebaiknya segera dengarkan lagu dengan irama yang bersemangat. Selain itu Anda juga dapat mencari rest area terdekat untuk berhenti sejenak untuk tidur. Hal itu juga harus Anda lakukan ketika Anda merasa lelah. Jalan tol yang panjang juga dapat menimbulkan kelelahan. Segera cari rest area terdekat untuk beristirahat.

Baca Juga: Eco Driving: Tips Berkendara Hemat Bahan Bakar!

Jangan Panik

Melewati jalan tol pertama kalibagi pengemudi pemula pasti sangat mendebarkan, bukan? Untuk itu tips selanjutnya adalah jangan panik. Ikuti tips diatas, seperti menjaga kecepatan dan menggunakan jalur kiri. Selain itu, jangan panik apabila mengalami gangguan di jalan tol atau jangan panik ketika Anda bingung atau apapun itu. Nyalakan lampu sein mobil dan segera menepi dengan catatan kecepatan yang tidak turun secara drastis. Turunkan pelan- pelan kecepatan Anda.

Misalnya, apabila pada awalnya kecepatan mobil Anda ada pada angka 60 km/jam, Anda sebaiknya menurunkan kecepatan mobil Anda perlahan hingga 30 km sebelum Anda benar-benar berhenti.

Itulah beberapa tips untuk megemudi di jalan tol untuk pemula. Setelah melewatinya sekali, selnjutnya Anda pasti tidak akan kesulitan. Mungkin, Anda akan belajar menyesuaikan kecepatan untuk selanjutnya. Namun, tidak usah khawatir sebab Anda akan dengan mudah terbiasa dengan melewati jalan tol. Untuk mengurangi kepanikan, saat pertama kali melewati jalan tol coba untuk ajak orang untuk menemani. Sehingga, dapat memberikan intruksi yang mungkin belum Anda mengerti. Jadi, jangan takut mengemudi di jalan tol untuk pemula.

Baca Juga: Pentingnya Safety Driving Saat Berkendara Demi Keselamatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *