Skip to content

5 Tips Mengatur Keuangan Sebelum Kredit Mobil Baru!

Sebelum memutuskan membeli sebuah mobil entah baru atau bekas, entah tunai atau kredit tentu kita perlu mempertimbangkan keuangan yang kita miliki. Apalagi jika Anda memutuskannya membeli secara kredit.

Sehingga perencanaan keuangan juga menjadi penting. Sebab akan ada uang bulanan yang harus Anda sisihkan untuk membayar cicilan. Sehingga, Anda dapat membayar cicilan mobil Anda sampai lunas tanpa ada masalah yang terjadi.

Namun sayangnya, masih banyak orang yang tidak mengatur keuangan sebelum kredit mobil baru. Alhasil beberapa mungkin mengalami maslah saat pembayaraan kredit mulai berjalan. Wah jangan sampai ya Anda mengalami masalah pembayaran ketika kredit mobil.

Mengatur Keuangan Sebelum Kredit Mobil Baru

Saat ini rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk bisa melunasi kredit mobil cukup lama bisa mencapai lima tahun. Tentunya, dengan kondisi ini keuangan harus tetap terjaga agar mampu melunasi cicilan serta memenuhi kebutuhan lainnya.

Jadi, ada banyak hal yang harus dipertimbangkan sebelum membeli mobil dengan sisitem kredit. Dimana, kebanyakan pertimbangan tersebut akan berhubungan dengan keuangan Anda. Misalnya seperti berapa persen DP yang akan diambil.

Baca Juga: Yuk Ketahui Cara Mengendarai Mobil Matic yang Benar untuk Pemula!

Selain itu pertimbangan berapa lama jangka waktu pelunasan mobil dan harus menyesuaikan dengan kondisi finansial. Jadi, mau harus mengatur keuangan sebelum kredit mobil baru. Jadi, mari kita bahas mengenai tips mengatur keuangan sebelum kredit mobil baru.

Sehingga, kalian dapat melakukan kredit mobil secara sehat. Yuk, kita bahas langsung saja ya. Selamat membaca.

Sesuaikan Kebutuhan

Tips mengatur keuangan sebelum kredit mobil baru yang pertama adalah dengan memprhatikan kebutuhan. Jadi, yakinkan mobil yang seusuai dengan kepentingan dan kondisi keuangan.

Maksudnyaa adalah meyesuiakan dengan pengeluaran wajib kalian untuk setiap bulannya. Berapa pemasukan, pengeluaran wajib setiap bulan menjadi hal yang harus Anda perhatikan sebelum memutuskan kredit mobil.

Mengatur Keuangan Sebelum Kredit Mobil Baru
Mengatur Keuangan Sebelum Kredit Mobil Baru (Sumber Gambar: Google)

Setelah mengetahui keuangan Anda, sesuaikan jenis mobil yang akan Anda beli sesuai dnegan kebutuhan Anda. Misalnya, saat ini belum berkeluarga atau mungkin jumlah keluarga hanya sedikit, kamu bisa pilih city car atau mobil kecil seperti hatchback.

Kalau memiliki anggota keluarga yang banyak atau mungkin sering bepergian dengan asisten rumah tangga, sebaiknya pilih mobil dengan kapasitas lebih besar. Jangan sampai tentukan mobil hanya karena gengsi atau ingin model saja.

Bisa jadi, karena harga nya yang mahal, kamu jadi kewalahan saat bayar angsuran cicilannya.

Menyesuaikan Budget

Tips untuk mengatur keuangan sebelum kredit mobil yang selanjutnya adalah menyesuaikan dengan budget. Lagi, lagi kita diingatkan untuk tidak membeli mobil karena gengsi. Sesuaikan dengan kemampuan Anda membayar kredit setiap bulannya.

Sehingga, Anda tidak akan menggunakan uang kebutuhan lain untuk menutupi pembayaran kredit. Jadi, sebisa mungkin mencari mobil yang bisa mengakomodasi kebutuhan kamu tetapi tetap sesuai budget.

Selain itu, pilih juga besar biaya kredit bulanan yang Anda mampu. Namun, ada baiknya jangan terlalu lama. Jadi, meskipun Anda akan mengambil secara kredit tidak ada salahnya tetap menabung terlebih dahulu sebagian biaya untuk memebli mobil.

Sehingga, Anda tidak akan terbebani kredit mobil terlalu lama. Karena bagimanapun masih ada biaya perawatan mobil yang harus dikeluarkan.

Mengatur Keuangan Sebelum Kredit Mobil Baru
Mengatur Keuangan Sebelum Kredit Mobil Baru (Sumber Gambar: Google)

Melakukan Simulasi Kredit

Tips selanjutnya untuk mengatur keuangan sebelum kredit mobil adalah dengan melakukan simulasi kredit. Kenapa sih harus melakukan simulasi bukankah cukup dengan menghitung pendapatan dan pengeluaran kita?

Jadi, setelah memilih mobil yang sesuai dengan kebutuhan dan budget, selanjutnya Anda juga perlu mengetahui berapa besaran cicilan yang akan dibayarkan setiap bulannya. Simulasi dilakukan dengan tujuan agar Anda bisa menyesuaikan kemampuan bayar Anda terhadap cicilan mobil yang akan Anda ambil.

Ini akan membantu Anda untuk menghindari terjadinya gagal bayar dan penunggakan cicilan di hari yang akan datang. Jangan memaksakan diri mengambil sebuah mobil kredit di luar kemampuan Anda, selalu sesuaikan kemampuan bayar Anda dengan jumlah cicilan yang Anda ambil.

Saat ini banyak loh aplikasi yang dapat membantu Anda melakukan simulasi kredit. Sehingga Anda dapat menggunakannya secara onlie. Jadi, sangat cocok untuk Anda yang mungkin tidak memiliki banyak wkatu untuk pergi ke konsultan keuangan.

Tapi, sangat diasarnakn untuk melakukan sebuah simulasi secara langsung di bank atau lembaga pembiayaan saat telah memutuskan untuk membeli sebuah mobil secara kredit. Hal ini akan membuat Anda memiliki besaran yang pasti mengenai segala biaya dan cicilan yang harus dibayarkan.

Mengatur Keuangan Sebelum Kredit Mobil Baru
Mengatur Keuangan Sebelum Kredit Mobil Baru (Sumber Gambar: Google)

Tetapkan Anggaran Kredit Maksimal

Tips selanjutnya untuk mengatur keuangan sebelum kredit mobil adalah dengan menetapkan anggaran kredit maksimal. Hal ini sempat disinggung pada poin sebelumnya. Dimana ketika akan mengajukan kredit mobil, jangan lupa cek apakah Anda memiliki utang atau pinjaman lain.

Sebisa mungkin jangan sampai melebihi 30 persen dari pengeluaran bulanan. Hal ini perlu dilakukan agar Anda lebih mudah dalam membagi budget pengeluaran kamu setiap bulannya dan menjaga agar kondisi keuangan tetap stabil.

Dengan begitu, kamu pun dapat membayar cicilan mobil dengan tepat waktu. Sebab, apabila menunggak, kamu akan makin dibebankan oleh denda yang memperbesar cicilan mobil.

Tetap Menabung & Investasi

Tips terakhir untuk mengatur keuangan sebelum kredit mobil adalah dengan tetap menabung dan jika bisa tetap juga berinvestasi. Itulah pentingnya mengikuti tips- tips sebelumnya. Sehingga Ada benar- benar tahu kemampuan keuangan untuk kredit sebuah mobil.

Jadi, meskipun sedang mengambil kredit mobil, jangan lupa untuk tetap sisihkan gaji bulanan untuk ditabung dan juga investasi. Sehingga ketika suatu saat Anda mengalami kesulitan keuangan, Anda tetap mampu membayar kredit mobil yang sedang diambil.

Baca Juga: Kebiasaan Yang Merusak Mobil Matic: Yuk Hindari Sebelum Rusak!

Ya, sehingga Anda tidak menuggak kredit atau kebingunan untuk membayar kredit ketika ada masalah finansial. Mengingat biasanya waktu yang diambil untuk kredit mobil cukup lama dan kita tidak tahu apa yang akan terjadi di masa depan.

Ya, itulah tips mengatur keuangan sebelum kredit mobil. Pastikan jika keuangan Anda stabil untuk melakukan kredit. Sebab, saat kredit mobil tidak hanya membayar kredit setiap bulannya, Anda juga harus mengeluarkan uang operasional untuk mobilnya juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published.