Cara Mengatasi Tarikan Motor Yang Tidak Stabil

  • by
  • 6 min read

Tarikan motor yang tidak stabil pasti sangat menyebalkan. Sebab, motor tidak dapat diajak kompromi ketika sedang terburu- buru. Padahal kita sudah menarik gas sekencang mungkin, namun lajunya tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Tenang! Bagi Anda yang motornya mengalami masalah tersebut, maka akan kami rangkumkan cara mengatasi tarikan motor yang tidak stabil. Sehingga, Anda tidak perlu emosi lagi mengendarai motor Anda yang kecepatannya dibawah rata- rata motor yang seharusnya.

Mengatasi Tarikan Motor Yang Tidak Stabil

Terasa tidak stabil saat menarik tuas gas dalam berkendara merupakan hal yang membuat pengendara merasa tidak nyaman. Pasalnya, motor yang digunakan seolah-olah seperti akan mogok, terlebih jika tidak tahu apa penyebab dan cara mengatasinya.

Seperti yang kita ketahui bahwa mesin motor terdiri dari berbagai komponen, seperti piston, busi, karburator, dan masih banyak lagi lainnya. Salah satu komponen tersebut dapat menjadi penyebab tarikan motor berat.

Sehingga pentingnya perawatn untuk komponen tersebut agar tidak menimbulkan masalah. Llau apa yang dapat kita lakukan jika tarikan motor sudah berat? Bagimana cara mengatasi tarikan motor yang tidak stabil?

Berikut adalah ulasan lengkapnya untuk Anda menganai cara mengatasi tarikan motor yang tidak stabil.

Baca Juga: Komponen Motor yang Harus Rutin Dicek saat Musim Hujan

Melakukan Pengecekan Busi

Cara mengatasi tarikan motor yang tidak stabil selanjutnya adalah melakukan pengecekan pada busi. Salah satu tarikan motor tidak stabil adalah busi yang sudah rusak. Maka lakukan cek pada busi. Apakah perlu diganti atau tidak.

Terkait:  Penyebab Tarikan Motor Kurang Bertenaga

Selain itu, melakukan cek pada busi untuk mengetahui pengaturan kerenggangan busi yang tidak sesuai standar akan membuat mesin bekerja tidak optimal. Pasalnya, pengaturan kerenggangan busi tersebut mempengaruhi pembakaran bahan bakar dan udara dalam mesin.

Jika kita memperbesar kerenggangan busi, maka dapat menghasilkan lebih besar percikan api. Dengan melakukan pengecekan busi setiap 4.000 km, hal tersebut akan membuat mesin bekerja dengan optimal dan tentunya akan membuat penarikan gas stabil.

Mengatasi Tarikan Motor Yang Tidak Stabil
Mengatasi Tarikan Motor Yang Tidak Stabil (Sumber Gambar: Google)

Melakukan Cek Pada Klep

Cara mengatasi tarikan motor yang tidak stabil selanjutnya adalah memastikan setel jarak kerenggangan klep sesuai dengan standar pabrikan. Penyetelan klep yang tidak sesuai akan menimbulkan dampak yang kurang baik.

Entah itu terllau rapat atau terlalu renggang. Dimana ketika terlalu rapat maka dapat membuat pembukaan lebih lama dan juga gas yang masuk akan lebih banyak. Llau, bagaimana jika terlalu renggang?

Ya, jika terlalu renggang maka klep akan sepat menutup dan terlambat membuka. Sebab tekanan kompresi pada ruang bakar dipengaruhi oleh penyetelan klep. Apabila hal tersebut terjadi pada klep masuk, maka akan membuat campuran bahan bakar dan udara berlangsung cepat.

Sehingga megakibatkan sedikitnya jumlah campuran yang masuk. Hal ini harus segera diatasi dengan cara melakukan setel jarak kerenggangan klep sesuai dengan standar pabrikan.

Mengatasi Tarikan Motor Yang Tidak Stabil
Mengatasi Tarikan Motor Yang Tidak Stabil (Sumber Gambar: Google)

Putaran Stasioner

Cara mengatasi tarikan motor yang tidak stabil selanjutnya adalah memperbaiki putaran stasioner di bengkel resmi. Putaran stasioner adalah kondisi mesin yang bekerja disaat throttle gas tidak diputar atau ditarik. Oleh karena itu, setelan putaran stationer hmotor tidak boleh sembarangan dan harus di set secara akurat.

Misalnya putaran putaran stasioner yang terlalu rendah atau putaran stasioner yang tidak sesuai dengan standar akan mengakibatkan tarikan gas menjadi tidak stabil. Perbaikannya hanya dapat dilakukan dibengkel. Sebab membutuhkan beberapa alat khusus. Jangan lupa, untuk pergi bengkel resmi, ya.

Terkait:  5 Kesalahan Ketika Melakukan Kredit Motor

Menguras Tangki Bahan Bakar

Cara mengatasi tarikan motor yang tidak stabil selanjutnya adalah menguras tangki bahan bakar. Kenapa harus dikuras? Tekanan pada bahan bakar yang tidak sesuai dengan standar akan berakibat pada tarikan gas yang tidak stabil.

Menguras tangki bahan bakar sangat dianjurkan. Aplagi jika motor Anda sudah berumur dan untuk motor yang jarang digunakan. Sebab, sering terjadi bensin tidak bersirkulasi. Ketika bensin tidak bersirkulasi akan berdampak pada kinerja fuel pump yang akhirnya akan menurunkan performa sepeda motor.

Dimana Fuel pump ini terdapat semacam filter. Jadi ketika bensin kotor, kotoran itu akan mengendap dan efeknya motor sulit nyala, brebet, dan tarikan terasa berat.

Membersihkan Injektor

Cara mengatasi tarikan motor yang tidak stabil selanjutnya adalah membersihkan injektor. Injektor sendiri mempunyai fungsi untuk menyemprotkan bahan bakar ke ruang pembakaran.

Apabila injektor kotor maka dapat menyebabkan kualitas semprotan bensin yang menurun dan tarikan gas pun menjadi tidak stabil. Untuk itu, pentingnya untuk mmebersihkan bagian injektor, agar hal ini tidak terjadi. Gunakanlah cairan pembersih injektor saat membersihkannya.

Mengatasi Tarikan Motor Yang Tidak Stabil
Mengatasi Tarikan Motor Yang Tidak Stabil (Sumber Gambar: Google)

Perawatan Berkala

Seperti yang sudah disebutkan diatas, bahwa tidak melewatkan perawatan atau servis sepeda motor merupakan salah satu cara mencegah tarikan motor tidak stabil. Namun, selain mencegah, perawatan yang rutin juga dapat menjadi salah satu cara mengatasi tarikan motor yang tidak stabil.

Ada beberpa komponen yang perlu dicek secara rutin, seperti oli, filter motor, serta kepala silinder. Dimana komponen tersebut dapat menyebabkan tarikan motor tidak stabil.

Misalnya kondisi saringan udara yang kotor atau masa pakainya sudah melebihi batas waktu tentu akan berdampak pada tarikan gas motor yang tidak stabil. Selain itu, oli yang sudah mulai habis, atau kepala silinder kotor maka dapat berdampak pada tarikan tidak stabil.

Terkait:  5 Kerusakan Yang Sering Terjadi Pada Motor Matik Dan Cara Mengatasinya

Maka dengan melakukan perawatan secara berkala, merupakan solusi yang tepat untuk mencegah terjadinya penarikan gas motor yang tidak stabil.

Itulah cara mengatasi tarikan motor yang tidak stabil yang perlu Anda ketahui. Tarikan motor yang tidak stabil tentu akan berdampak pada kenyamanan Anda saat berkendara. Sebenarnya banyak penyebab tarikan motor berat dan cara mengatasinya.

Baca Juga: Mengantuk Saat Berkendara? Berikut Tips Menghilangkannya

Ketika kendaraan anda mengalami hal seperti ini, segeralah mencari apa penyebabnya. Apabila Anda awam dengan dunia otomotif, maka segera serahkan keahlinya. Misalnya ke bengkel resmi untuk segera ditangani sebelum menimbulkan kerusakan pada komponen lainnya.

Untuk itu, pentingnya perawatan kendaraan untuk dilakukan. Sehingga dapat mencegah kerusakan kecil menjadi besar. Mengingat kotoran yang menempel pada komponen tertentu saja dapat menyebabkan ketidak nyamanan menggunakan kendaraan. Jadi, jangan ewatkan servis rutin ya, sobat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *