Skip to content

Cara Mengatasi Rem Blong Pada Mobil

Rem Blong Pada Mobil – Rem merupakan komponen keselamatan yang ada pada mobil. Untuk itu, sebelum berkendara kita harus memastikan bahwa rem dapat berfungsi secara normal. Sebab, rem mobil juga merupakan komponen yang sering mengalami masalah, loh.

Salah satu masalah yang terjadi pada rem adalah rem blong. Wah, tidak bisa dibayangkan jika kita berkendara dengan rem blog. Apalagi jika hal tersebut tejadi ketika mengemudikan mobil. Tentu hal ini akan membuat kita ketakutan, bukan?

Rem blong adalah disfungsi rem yang menyebabkan sistem pengereman tidak bekerja dengan baik, bahkan tidak berfungsi sama sekali. Dimana jika hal ini terjadi padahal posisi kita sedeng mengendarai dengan kecepatan tinggi atau melewati jalan yang turun, maka akan sangat berbahaya.

Sebab dapat memicu terjadinya kecelakaan pada kendaraan. Namun, sebenarnya rem blong pada mobil dapat Anda antisipasi apabila melakukannya dengan benar dan tepat.

Mengatasi Rem Blong Pada Mobil

Ya, ada beberapa tips mengatasi rem blog pada mobil. Sehingga ketika mobil telah melaju dan Anda baru sadar rem mengalami blong, maka ada beberapa tindakan yang dapat dilakukan untuk meminalisir risko kecelakaan kendaraan.

Mengingat rem blong dapat terjadi kapan saja pada mobil dengan berbagai penyebab. Sehingga ketika hal ini terjadi maka hal ini harus diatasi dengan pilihan cara yang tepat dan kondisi pikiran tenang.

Baca Juga: 5 Cara Mengganti Minyak Rem Mobil

Nah, artikel kali ini akan membahas mengenai cara mentasi rem blong pada mobil. Bagimana cara yang dimaksud? Simak artikel ini sampai selesai, ya. Selamat membaca!

Jangan Sampai Menginjak Pedal Gas

Cara mengatasi rem blong pada mobil yang pertama adalah pastikan jika Anda tidak menginjak pedal gas. Menginjak pedal gas secara tiba-tiba saat rem dalam kondisi blong akan sangat membahayakan diri Anda.

Sebab menginjak pedal gas akan menambahkan kecepatan tinggi pada mobil. Jadi, bukannya melambat, mobil malah akan melaju dengan kecepatan tinggi. Mobil yang melaju dengan kecepatan tinggi dengan rem blong bisa menyebabkan kecelakaan di jalan raya.

Jadi perlu diingat ya bahwa menginjak pedal gas akan membuat kendaraan melaju semakin cepat dan berpotensi lebih sulit untuk dikendalikan.

Mengatasi Rem Blong Pada Mobil
Mengatasi Rem Blong Pada Mobil (Sumber Gambar: Google)

Jangan Langsung Mematikan Mesin

Cara mengatasi rem blong pada mobil yang selanjutnya adalah jangan langsung mematikan mesin secara langsung. Mungkin Anda panik dan secara spontan berfikir cara ini, lebih baik diurungkan, ya.

Ketika Anda melakukannya, hal itu akan menyulitkan mobil untuk terus melaju. Rem jadi tidak dapat kembali seperti semula. Sehingga hal ini justru bisa membuat pengendara lebih sulit dalam mengendalikan arah mobil.

Apabila mesin mati, pompa power steering juga tidak aktif. Alhasil setir terasa berat dan jadi sulit dikendalikan. Ketika Anda tahu bahwa keadaan rem mobil sedang tidak berfungsi, maka jangan sekali- kali langsung mematikan mesin.

Tekan Tombol Lampu Hazard dan Klakson

Cara mengatasi rem blong pada mobil yang selanjutnya adalah menekan tombol lampu hazard dan klakson. Segera aktifkan hazard dan tekan klakson, merupakan cara yang juga dapat dilakukan untuk mengatasi rem mobil blong.

Cara ini dilakukan untuk memberi sinyal kepada kendaraan lain agar tahu bahwa rem mobil Anda sedang blong. Sehingga pengemudi lain tahu, bahwa mobil Anda sedang mengalami masalah.

Ya, setidaknya ketika pengemudi lain tahun maka mereka dapat berhati-hati dan menghindar dari potensi kecelakaan dengan mobil yang kalian kemudikan. Pastikan bahwa Anda dalam keadaan tenang. Jangan sampai panik karena itu akan membahayakan Anda dan orang di sekitar.

Cara ini dapat dilakukan bersamaan dengan menekan klakson berkali- kali dan mencoba untuk menginjak pedal secara perlahan. Jika pedalnya dapat menyentuh lantai mobil mungkin minyak rem di mobil Anda berkurang.

Bisa juga ada masalah di beberapa bagian seperti master silinder dan kaliper rem.

Menurunkan Gigi Transmisi

Cara mengatasi rem blong pada mobil yang selanjutnya adalah menurunkan gigi transmisi. Dapat dikatakan jika cara ini adalah yang paling mudah untuk mengatasi rem blong. Namun jika cara pertama tidak berhasil maka silahkan Anda turunkan bagian gigi transmisinya.

Manfaatkanlah efek dari engine brake untuk menurunkan bagian gigi transmisi di pedal mobil Anda. Dalam hal ini ada tahapan yang perlu dilakukan. Pertama, pastikan dulu mobil Anda manual bukan mobil matic.

Jika manual maka caranya turunkan bagian gigi transmisi secara bertahap dan lakukanlah dengan gerakan cepat. Jika Anda sedang memakai gigi nomor 4 maka turunkan dalam gerakan cepat sampai gigi yang pertama.

Jangan sampai Anda menurunkannya tidak bertahap misalnya dari 4 langsung ke gigi nomor dua. Hal itu akan menyebabkan mobil Anda tidak terkendali. Namun, jika mobil Anda termasuk kedalam jenis transmisi otomatis atau matic maka caranya adalah sebaliknya.

Langsung diturunkan saja ke gigi nomor 1. Jadi, tidak perlu menurunkannya secara bertahap seperti mobil jenis manual. Cara ini akan membuat mobil Anda melaju lebih lambat. Lama kelamaan rem akan kembali seperti semula.

Pastikan Anda bisa melakukannya supaya tidak terjadi hal yang buruk ketika mobil sedang dikemudikan.

Mengatasi Rem Blong Pada Mobil
Mengatasi Rem Blong Pada Mobil (Sumber Gambar: Google)

Menabrak Benda yang Lunak

Cara mengatasi rem blong pada mobil yang selanjutnya adalah cara jika semua cara diatas telah dilakukan. Yaitu menabrakkan ke benda yang lunak. Sebut saja semak-semak, gundukan tanah, tumpukan ban dan pasir.

Apabila di jalan tol, biasanya ada jalur evakuasi. Tempat ini terdiri dari gundukan tanah atau tumpukan ban yang memang ditujukan buat mobil-mobil yang mengalami rem blong di turunan.

Jadi, Anda dapat melihat keluar jendela untuk mencari sesuatu yang lunak. Carilah benda yang aman untuk ditabrak supaya mobil bisa berhenti. Anda juga harus dapat memfokuskan pikiran antara menyetir mobil dan mencari benda yang lunak di sekitar.

Mengatasi Rem Blong Pada Mobil
Mengatasi Rem Blong Pada Mobil (Sumber Gambar: Google)

Menggunakan Rem Tangan

Cara mengatasi rem blong pada mobil yang selanjutnya adalah menggunakan rem tangan. Jika, Anda ingin melakukan cara ini, maka pastikan untuk hati- hati, ya. Terutama apabila mobil Anda masih menggunakan rem tangan manual.

Ketika rem kaki sudah tidak lagi bisa digunakan, cara mengatasi rem mobil blong berikutnya adalah memanfaatkan rem tangan. Untuk mobil-mobil yang masih pakai rem tangan manual, kalian dapat tarik tuasnya secara hati-hati.

Saat hendak mengerem, lakukanlah secara perlahan. Caranya tarik rem tangan secara hati-hati dan rasakan gigitannya di bagian caliper roda. Jika rem terasa sudah menggigit maka jangan lepaskan dan biarkan sampai laju mobil semakin melambat.

Anda juga harus bisa mengatur tekanan rem tersebut agar tidak mendadak kehilangan kendali. Ingat, jangan lakukan secara mendadak, itu bisa membahayakan diri Anda dan pengendara lain di jalan.

Rasakan dulu gigitan rem tersebut di bagian kaliper roda, agar tidak melakukan pengereman mendadak. Pasalnya kalau sampai tiba-tiba berhenti di jalan, bisa jadi mobil Anda ditabrak dari belakang oleh kendaraan lain.

Rasakan dulu gigitan rem tersebut di bagian kaliper roda, agar tidak melakukan pengereman mendadak. Pasalnya kalau sampai tiba-tiba berhenti di jalan, bisa jadi mobil kamu ditabrak dari belakang oleh kendaraan lain.

Itulah cara mengatasi rem blong yang dapat Anda parktikan, namun harapannya hal tersebut tidak pernah terjadi, ya. Yang terpenting utamakan untuk tidak panik, sehingga Anda dapat berfikir langkah untuk meminimalisir risiko akibat rem blong.

Lia

Menulis pertama kali di orapada dimulai tangga 3 Juni 2020. Fokus penulisannya seputar informasi dunia otomotif. Khususnya Mobil, Motor dan life plus. Termasuk tips dan kiat aplikasi berkendara dalam kehidupan sehari-hari.View Author posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *