Mengantuk Saat Berkendara? Berikut Tips Menghilangkannya

  • by
  • 6 min read

Mengantuk saat berkendara pasti sering dialami oleh sebagian dari kita. Entah memang dasarnya mudh mengantuk atau ada faktor lain yang membuat mengantuk saat berkendara, yang pasti hal ini sangat berbahaya.

Sehingga, jika Anda sudah merasa mengantuk saat berkendara segera cari rest area untuk beristirahat. Jangan dipaksakan karena ini akan berbahaya. Mengantuk saat berkendara sering kita rasakan saat berkendara jarak jauh, berkendara d malam hari, atau saat berkendara sendiri.

Pastikan tubuh Anda fit atau sehat ketika akan berkendara. Sebab, hal ini akan mepengaruhi kemanan. Bukan hanya kemanan Anda namun juga kemanan pengendara lain disekitar Anda. Jadi jangan berani- berani menyetir dalam kondisi mengantuk, ya.

Mengantuk Saat Berkendara

Sebaiknya apabila rasa mengantuk muncul beristirahatlah untuk menghindari kecelakaan yang berakibat fatal. Untuk itu, perhatikan hal-hal dari segi keamanan dan kenyamanan berkendara.
Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan kantu ketika menyetir mobil.

Berikut adalah ulasan lengkap mengenai cara menghilangkan kantuk saat berkendara.

Baca Juga: Roof Rack Mobil: Fungsi & Cara Penggunaanya

Minum Kopi

Ketika merasa mengantuk saat berkendara, tentu meminum kopi adalah cara yang paling sering dilakukan. Kopi mengandung kafein yang dapat membantu Anda untuk menjaga kesadaran. Ya, kafein pada kopi cukup berpengaruh untuk menghilangkan kantuk saat berkendara.

Sehingga, ada beberapa orang yang minum kopi terlebih dahulu sebelum menyetir, terutama jika harus menyetir dalam jarak jauh. Sebab, kopi membutuhkan waktu kira-kira setengah jam sebelum efeknya terasa.

Mengantuk Saat Berkendara
Mengantuk Saat Berkendara (Sumber Gambar: Google)

Ingat, konsumsi kopi secukupnya dan tidak berlebihan. Mungkin bagi beberapa orang yang rutin mengonsumsi kopi memang tidak cukup apabila hanya satu cangkir saja.

Terkait:  A Closer Look to Zigbee Technology Applications

Namun ada baiknya apabila Anda sudah sangat lelah dan hilang kesadaran saat mengemudi, menepi sejenak untuk beristirahat merupakan cara terbaik untuk menghilangkan ngantuk. Sebab, terllau banyak minum kopi juga tidak baik untuk kesehatan Anda. Misalnya lambung Anda.

Menepi dan Tidur Sejenak

Tidak semua orang ketika sudah memnim kopi, maka kantuknya akan hilang. Ada orang yang memang ketika mengantuk, obat satu- satunya adalah tidur. Kalau Anda termasuk tipe yang mana?
Apabila rasa mengantuk saat mengemudi sudah tidak tertahan, maka Anda dapat menepi di rest area.

Lalu, sambil istirahat Anda dapat tidur sejenak. Ambil waktu tidur sekitar 15 menitan. Ya lebih baik menghabiskan waktu 15-20 menit untuk tidur sejenak daripada memaksakan diri untuk tetap menyetir dengan risiko yang besar.

Dengan hal ini kita juga diingatkan untuk tidak pergi kesuatu tempat apalagi jika tempatnya jauh dalam keadaan buru- buru atau dikejar waktu. Sehingga, kita akan mengabaikan wkatu istirahat. Padahal tubuh sudah memberi singal untuk istirahat sejenak.

Jadi, solusi kedua ketika mengantuk saat berkendara ambil waktu untuk istiraht sebentar dan tidur. Sehingga, kemanan berkendara tetap diutamakan.

Mengantuk Saat Berkendara
Mengantuk Saat Berkendara (Sumber Gambar: Google)

Berhenti Untuk Melakukan Peregangan

Apabila Anda dikejar waktu namun ada merasa mengantuk saat berkendara, Anda dapat menepi sebentar untuk melakukan peregangan. Peregangan juga dapat Anda lakukan jika Anda mengantuk tapi tidak bisa tidur, padahal sudah berhenti di rest area yang nyaman.

Biasanya rasa kantuk tidak tertahankan muncul saat Anda mengendarai mobil di jalanan yang cukup lengang dalam cuaca yang bersahabat. Maka, segera menepi sesaat dan turunlah dari motor.

Lakukan peregangan otot dan berjalan-jalanlah kira-kira selama 10 menit. Bergerak secara aktif bisa membantu pikiran tetap terjaga.

Terkait:  Nyetir Mobil Matik di Tanjakan? Simak 4 Tipsnya Agar Aman

Menghindarai Konsumsi Obat & Alkohol

Hindari meminum konsumsi obat dan alkohol ketika Anda akan menyetir mobil. Sebab, mengonsumsi kedua jenis zat tersebut akan memengaruhi konsentrasi dan tingkat kewaspadaan ketika mengemudi.

Sebaiknya hindari mengonsumsi obat-obatan yang memiliki efek samping yang menyebabkan kantuk jika Anda akan berkendara. Seperti hindari minum obat anti mabuk, obat anti masuk angin, atau obat lain dengan efek samping mengantuk sebelum atau saat berkendara. Pasalnya, Anda akan merasa sangat mengantuk.

Namun, apabila memang harus mengonsumsi obat-obatan tertentu yang dianjurkan oleh dokter, sebaiknya hindari untuk mengemudi untuk menghindari bahaya yang dapat ditimbulkan.

Bahkan, berkendara saat mabuk bahkan bisa mengantar Anda ke sel tahanan. Akan tetapi, masih ada satu hal lagi yang tak kalah berbahaya, yaitu berkendara saat mengantuk. Hal ini sudah sering dialami banyak orang.

Dalam kasus-kasus yang cukup ekstrem, rasa ngantuk saat nyetir mobil atau mengendarai motor bisa menyebabkan kecelakaan yang berujung pada kematian.

Perhatikan Pola Mengemudi

Untuk menghindari rasa mengantuk saat berkendara Anda juga dapat memperhatikan pola mengemudi. Ya, pola mengemudi Anda sendiri. Sebab,b atas seseorang untuk mengemudi biasanya memang berbeda-beda, namun batas normal untuk mengemudi biasanya hanya dua setengah jam.

Jika perjalanan lebih dari waktu yang dianjurkan, sebaiknya Anda melakukan beberapa kali istirahat. Pada saat istirahat, Anda bisa melakukan peregangan atau gerakan ringan untuk menyegarkan tubuh anda.

Selain itu, mungkin Anda dapat beristirahat setiap dua jam untuk melakukan peregangan otot atau tidur sejenak. Kalau dipaksa menyetir terus tanpa jeda, tubuh dan mata Anda justru jadi cepat lelah dan terasa berat. Maka, meskipun Anda tidak sedang mengantuk atau letih, usahakan untuk tetap beristirahat setiap beberapa jam sekali.

Mengantuk Saat Berkendara
Mengantuk Saat Berkendara (Sumber Gambar: Google)

Hindari Berkendara Sendiri

Untuk menghindari mengantuk saat berkendara Anda juga dapat mengajak teman atau menghindari berkendara sendiri. Ya, hal ini terutama saat Anda harus berkendara jauh atau malam hari.

Terkait:  Belanja dengan Paypal: Mempermudah Transaksi Online

Sebab, mengobrol bersama biasanya akan bisa mengurangi rasa kantuk saat mengemudi bisa hilang. Jadi, ajaklah seorang teman atau anggota keluarga yang bisa menemani Anda sepanjang jalan. Dengan begitu, Anda bisa mengobrol bersamanya jika Anda mulai mengantuk.

Dia juga bisa menjadi pengingat atau menegur kalau Anda sudah mulai kehilangan kewaspadaan, terkantuk-kantuk, atau hampir tertidur. Akan lebih baik lagi jika orang yang menemani Anda bersedia untuk bergantian mengemudi.

Baca Juga: Bingung Cari Mobil MVP Rp 100 Jutaan? Berikut 5 Rekomendasi Terbaik

Itulah cara menghindari atau menghilangkan rasa mengantuk saat berkendara. Jika, Anda merasa mengantuk saat berkendara pilihan yang paling bagus adalah berhenti dan istirahat sebentar.

Sehingga Anda akan merasa fresh kembali dan tentu akan lebih aman ketika melanjutkan perjalanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *