Saat ini semuanya serba menggunakan teknologi dan serba praktis. Hal ini juga berlaku untuk dunia kuliner. Salah satu start-up Indonesia menyediakan layanan untuk memudahkan dan memperluas jaringan untuk para pelaku usaha kuliner. GoFood menjadi layanan pesan antar yang akan menambah profit usaha kuliner.

Cara mendaftar Gofood juga sangat mudah. Bahkan hanya dengan sebuah smartphone Anda sebagai pemilik usaha kuliner dapat langsung bergabung dan menikmati layanan GoFood. Tidak hanya caranya yang mudah, namun syarat dan ketentuannya juga tidak kalah mudah.

Sehingga, dengan kemudahan mengakses teknologi maka tidak ada alasan bagi Anda para pemilik usaha kuliner tidak bergabung dengan GoFood. Berikut akan kami uraikan mengenai langkah- langkah untuk cara mendafatar GoFood.

Dokumen Untuk Mendaftar GoFood

Langkah pertama jika usaha kuliner Anda ingin mendaftar GoFood adalah dengan mengunduh aplikasi Go-Biz terlebih dahulu. Anda dapat medwonload melalui playstore. Jika sudah mengunduh maka sebelum mendaftar ada baiknya Anda menyiapkan dokumen persyaratannya terlebih dahulu.

Ada beberapa dokumen untuk mendaftar GoFood yang harus disiapkan dalam proses mendaftar GoFood atau cara daftar GoFood. Dokumen- dokuemn tersebut seperti KTP pemulik outlet, NPWP pemilik outlet (opsional, jika memiliki tarif PB1), nomor rekening pemilik untuk pencairan dana usaha, alamat email outlet aktif, nomor ponsel outlet untuk login GoBiz Foto, selfie dengan KTP.

Selfie dilakukan apabila terdapat kerusakan pada kartu identitas. Dokumen yang terakhir adalah foto buku rekening bank jika data pemilik (seperti: data pemilik rekening) tidak sama dengan identitas nama pemilik.

Mendaftar GoFood
Mendaftar GoFood (Sumber Gambar: Google)

Selain dokumen yang harus disiapkan, ada beberapa syarat dan ketentuan yang berlaku yang harus Anda ketahui. Baca dan pahami betul mengenai syarat dan ketentuan yang berlaku. Syarat dan ketentuan pendaftaran tersebut yang pertama adalah bagi pendaftar usaha perorangan maupun badan usaha Alamat email belum pernah digunakan pada outlet lain yang sebelumnya sudah terdaftar di GoBiz Nomor ponsel terdaftar.

Syarat selanjutnya adalah tidak dalam masa tenggang /hangus dan bisa digunakan untuk menerima SMS, serta belum pernah terdaftar untuk outlet GoBiz lainnya. Adapun syarat yang ketiga adalah data KTP tidak rusak. Lalu bagaimana jika rusak?

Apabila data KTP rusak, silakan melampirkan data tambahan (foto selfie dengan KTP) Isi formulir selengkap mungkin, baik data restoran maupun daftar menu dan harga Jika Anda memiliki tarif PB1, mohon lampirkan NPWP Anda.

Jika tidak, Anda tidak perlu melampirkan NPWP Pastikan identitas yang dilampirkan masih berlaku, tidak boleh terpotong di sisi mana pun, serta harus terbaca dengan jelas dan tidak buram (khususnya untuk KTP). Syarat yang terakhir adalah buku Tabungan dan foto selfie dengan KTP).

Itulah syarat untuk mendafatar GoFood. Pastikan semua persyaratan sudah terpenuhi, jika persyaratan tidak lengkap maka tidak akan diproses lebih lanjut.

Mendaftar GoFood
Mendaftar GoFood (Sumber Gambar: Google)

Cara Mendafatar GoFood

Setelah semua dokumen lengkap, Anda dapat memulai untuk mendafatar G-Food. Pendaftaran dapat Anda lakukan dengan mengunjungi https://www.gojek.com/go-food/bisnis#!/registration. Namun, jika Anda pengguna Android ada baiknya jika mendaftar melalui aplikasi GoBiz.

Setelah itu Anda dapat memilih daftar GoFood. Nantinya ada pilihan kategori yang harus Anda pilih atau yang dibutuhkan. Kategori tersebut adalah mendaftar akun GoFood baru. Mendaftar akun GoFood baru ada dua jenis kategori.

Yaitu Perorangan yang ditunjukan untuk badan usaha perorangan yang belum pernah memiliki akun GoFood. Sedangkan daftar akun baru untuk perusahaan adalah Untuk badan perusahaan yang belum pernah memiliki akun GoFood.

Apabila Anda memilih Buka restoran baru milik pribadi, maka pilihlah kota di mana restoran Anda berada.
Kategori lainnya adalah penambahan cabang baru. Yaitu diperuntukan untuk badan usaha perorangan atau perusahaan yang sudah memiliki akun Gofood dan hanya ingin mendaftarakan outlet atau gerai baru.

Setelah memilih kategori yang sesuai dengan kebutuhan, maka langkah selanjutnya dalam mendaftar GoFood adalah mengisi dan mengirimkan kelengkapan data usaha Anda. Data yang tadi sudah Anda siapkan akan diminta untuk mengirimkannya.

Baca Juga: Platform Streaming Musik Terbaik di Indonesia

Setelah menekan lanjut maka Anda akan mengisi nama pemilik usaha pada kolom Nama pengguna dan email serta nomor HP untuk didaftarkan. Lalu tekan buat akun. Setelah itu akan ada kode OTP akan dikirimkan ke nomor yang telah Anda daftarkan, masukkan kode dan tekan Konfirmasi.

Masukkan nama restoran Anda dan tekan lanjut . Lalu pilih informasi usaha Anda dan masukan informasi tentang usaha Anda. Selanjutnya pilih informasi usaha kuliner Anda. Atur juga titik lokasi usaha Anda dengan menekan tombol set lokasi untuk posisi yang lebih akurat

Langkah selanjutnya dalam mendaftar GoFood adalah tekan konfirmasi dan simpan jika data sudah selesai. Selanjutnya akan muncul pilih identitas pemilik dan mamasukan nomor telepon pemilik usaha. Setelah itu Anda dapat menekan upload dan foto KTP Anda.

Mendaftar GoFood
Mendaftar GoFood (Sumber Gambar: Google)

Masukkan juga nomor dan nama yang tertera pada KTP pada kolom yang tersedia. Jika Anda memiliki NPWP, klik tanda centang, tekan upload dan foto kartu NPWP Anda. Lalu masukkan juga nomor dan nama yang tertera pada NPWP pada kolom yang tersedia dan tekan simpan.

Langkah selnjutnya untuk mendaftar GoFood adalah pilih informasi rekening bank dan tekan tombol panah pada kolom Nama Bank dan pilih bank yang Anda gunakan. Selanjutnya masukan nomor rekening Anda. Masukkan nama pemilik rekening sesuai dengan yang tertera pada buku tabungan dan tekan verifikasi

Apabila pemilik rekening berbeda dengan pemilik restoran, masukan nama pemilik sesuai KTP dan nema pemegang rekening bank di kolom yang tersedia. Tekan tombol centang dan upload surat kuasa Anda dan simpan.

Baca Juga: Cara Berlangganan Spotify Pelajar: Ayo Dapatkan Diskon!

Pilih Informasi pajak dan lainnya (pilihan ini adalah opsional, jika Anda ingin menyertakan info pajak tersebut, Anda perlu memiliki dan meng-upload NPWP). Selanjutnya Anda diminta untuk memasukkan info tarif pajak PB1 Anda (pilih Tidak ada atau 10%) dan juga info Tarif pelayanan Anda jika ada (maksimal 10%). Setelah memasukan info tersebut tekan simpan.

Apabila semua data usaha Anda sudah diisi, Anda dapat meng-klik lanjut. Jangan lupa untuk membaca syarat dan ketentuan dan jika Anda telah menyetujui segala ketentuannya, klik kedua tanda centang yang tersedia.

Setelah itu kirim data dan centang semua syarat dan ketenuan yang diajukanoleh GoBiz dan Go-Food. Nantinya, GoBiz akan melakukan proses verifikasi dan mengirimkan Perjanjian Kerja Sama secara online. Perjanjian Kerja Sama ini harus ditanda tangani dan dikirimkan kembali. Sedangkan untuk proses verifikasi dan pembuatan outlet restoran akan memakan waktu maksimal 7 – 14 hari kerja.

Mudah bukan cara mendafatar GoFood? Mengingat hal ini dapat membuat usaha kuliner berkembang, maka segera daftarkan usaha kuliner Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *