Mencegah Kecelakaan Fatal Saat Mengendarai Motor

Tentunya kita sangat menginginkan selamat sampai tujuan. Bahkan saat mengendari sepeda motor, kita sangat berhati- hati untuk menghindari terjadinya kecelakaan. Ya. Mencegah kecelakaan fatal tentu lebih baik, bukan?

Meskipun begitu, ketika kita sudah hati- hati menjaga kemanan saat berkendara untuk mencegah kecelakan fatal, biasanya ada saja dari pengendara lain yang mungkin tledor dan menyebabkan kecelakaan beruntun.

Apalagi bagi Anda pengendara sepeda motor. Tidak hanya waspada dengan sesama motor yang dapat menyebabkan kecelakaan, namun juga harus hati- hati dengan kendaraan yang lebih besar.

Untuk itu pastikan jika Anda menggunakan perlengkapan motor sesuai standar keamanan, ya hal ini dapat membantu mencegah luka berat saat terjadi kecelakaan.

Mencegah Kecelakaan Fatal

Selain menggunakan pelindung kemanan yang sesuai standar, ternyata ada tips bagi pengguna sepeda motor untuk mencegah kecelakaan fatal, loh. Ya, tips ini unuk menghindarkan pengemudi sepeda motor mengalami luka lebih parah jika terjadi kecelakaan.

Walaupun kita sangat tidak mengharapkan adanya kecelakaan, namun karena tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi dimasa depan, jadi semoga tips berikut berguna jika suatu hari Anda mengalaminya.

Atau tips mencegah kecelakaan fatal saat mengendari sepeda motor ini dapat menjadi pengetahuan yang dapat Anda bagikan kepda orang lain. Jadi, langsung saja berikut adalah tips mengenai cara mencegah kecelakaan fatal saat menghindari sepeda motor.

Baca Juga: Rekomendasi Merk Sarung Jok Mobil: Bagus dan Berkualitas

Melepaskan Diri Dari Sepeda Motor

Jadi, tips yang pertama untuk mencegah kecelakaan fatal bagi sepeda motor adalah melepaskan diri dari sepeda motor. Jadi, ketika Anda sadar akan jatuh atau motor Anda terseret, lepaskan motor Anda.

Jangan mengikutkan badan Anda ikut terseret dengan motor. Ya, memang dalam beberapa kondisi, sepeda motor sudah menjadi kendaraan yang memiliki sisi emosional bagi pengendaranya, bahkan saat terjatuh pun kita takut kehilangannya.

Mencegah Kecelakaan Fatal
Mencegah Kecelakaan Fatal (Sumber Gambar: Google)

Maka ketika sadar akan terjatuh, sebaiknya Anda sebagai pengendara sepeda motor segera melepaskan genggaman tangan dari stang motor. Sebab, ketika Anda jatuh dan masih berpegangan pada sepeda motor atau tidak melepaskan genggaman, maka potensi bahaya akan lebih tinggi.

Sebab saat kecelakaan pengendara sepeda motor akan mengalami risiko kecelakaan yang lebih besar. Misalnya seperti tertimpa, terhantam, atau bahkan mengalami luka bakar bila sepeda motor terbakar. Hal ini tentu akan mengakibatkan luka atau cidera yang lebih parah. Bahkan dapat menyebabkan kematian.

Sementara itu, bila memungkinkan pengendara bisa melepaskan diri dari sepeda motor, cara ini akan membantu mengurangi momentum dan memberikan kesempatan bagi kita untuk mulai berguling. Jadi, jangan sayang motornya jika terjadi kecelakaan, tapi sayangilah diri Anda sendiri dengan memastikan Anda baik- baik saja atau tidak mengalami luka parah.

Berguling

Tips selanjutnya untuk mencegah kecelakaan fatal adah dengan beruling. Setelah Anda melepaskan stang motor Anda maka ada baiknya jika posisi jatuhnya dengan berguling. Sebab, ketika seseorang mengalami kecelakaan saat mengendarai motor dan jatuh dengan posisi berguling, maka dapat mengurangi efek dari benturan terhadap permukaan jalan.

Selain itu agar lebih aman, ada baiknya jika saat jatuh dan berguling, Anda dapat memposisikan tangan dengan melipatkannya dibagian dada dengan posisi memeluk melingkari tubuh. Setelan itu, usahakan juga untuk menunduk dengan dagu menempel pada dada.

Lalu, saat berguling maka arahkan benturan pada bahu bagian belakang untuk mengurangi dampak yang lebih buruk terhadap tubuh. Wah, kalian pasti berfikir mana sempat melakukan itu? Hal ini sama dengan ketika kita latihan simulsi gempa.

Ada cara- cara untuk menghindari terjadinya luka ketika gempa. Bagi Anda yang tidak mengetahui hal- hal yang harus dilakukan saat gempa tentu saja akan panik, namun bagi yang tahu setidaknya pasti tahu apa yang harus dilakukan meskipun tidak sempurna.

Nah, hal ini juga sama dengan tips untuk mencegah kecelakaan fatal. Jadi, idak ada yang salah dengan sebuah pengetahuan, okay.

Mencegah Kecelakaan Fatal
Mencegah Kecelakaan Fatal (Sumber Gambar: Google)

Berguling ke Sisi Kiri Jalan

Selanjutnya untuk tips mencegah kecelakaan fatal pada sepeda motor masih tentang berguling. Namun perhatikan arahnya juga. Jadi, bergulinglah ke sisi kiri jalan. Nah, jadi saat Anda melepaskan motor, pastikan jika Anda menjatuhkan tau melempar tubuh Anda ke sebelah kiri jalan.

Hal ini dilakukan juga untuk meminimalisir risiko. Jika, Anda melemparkan tubuh ke sisi kanan maka akan sangat berbahaya. Mengingat di seblah kanan merupakan jalan untuk lewat kendaraan dari lain arah atau jalur menyalip.

Nah, jika Anda kesebelah kanan, maka dikhawatirkan akan terkna kendaraan lain. Selain itu, jika Anda jatuh keseblah kanan maka akan jatuh diaspal. Hal ini juga dapat membuat luka.

Tidak Langsung Berdiri

Untuk tips selanjunya dalam mencegah kecelakaan fatal adalah berhenti sejak. Jadi jangan langsung berdiri. Ada baiknya jika terjatuh dari motor, pengendara sebaiknya mendiamkan diri dulu sejenak. Mulailah bergerak secara bertahap.

Mencegah Kecelakaan Fatal
Mencegah Kecelakaan Fatal (Sumber Gambar: Google)

Apabila mampu untuk duduk, setelah menghela nafas beberapa saat Anda dapat langsung duduk. Tunggulah beberapa saat. Lalu, disarankan untuk melakukan gerakan pada tangan dan kaki Anda untuk melakukan konfirmasi pada tubuh.

Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui bagian tubuh yang terkilir atau mungkin patah, sehingga bisa menghindari cedera yang lebih parah. Gerakanlah secara perlahan, tidak usah berlebihan. Jangan lupa memastikan untuk melepaskan helm dan jaket (jika memakai).

Hal ini untuk mempermudah Anda bernafas. Setelah, shock Anda hilang dan mampu untuk berdiri, maka Anda bisa berdiri.

Baca Juga: Yuk Cek Perawatan Mobil Setelah Banjir Agar Harga Mobil Tidak Anjlok!

Segera ke Rumah Sakit

Tips terakhir adalah segerah ke rumah sakit. Jika mengalami kecelakaan, maka pengendara motor segera ke rumah sakit untuk memeriksa lebih detail dan mendapatkan tindakan medis lanjutan bila diperlukan.
Jangan anggap remeh meskipun kelihatannya tidak ada luka terbuka. Hal ini untuk memastikan tidak ada luka dalam yang diakibatkan oleh kecelakaan.

Itulah tips mencegah kecelakaan fatal. Selalu waspadalah saat berkendara dengan sepeda motor. Sebab, kewaspadaan juga dapat mencegah keelakaan fatal. Apabila Anda melamun saat mengemudikan atau dibonceg dengan sepeda motor maka ketika ada kecelakaan dapat menyebabkan luka yang parah juga. Sebab Anda tidak siap merespon keadaan sekitar Anda.

Lia

Menulis pertama kali di orapada dimulai tangga 3 Juni 2020. Fokus penulisannya seputar informasi dunia otomotif. Khususnya Mobil, Motor dan life plus. Termasuk tips dan kiat aplikasi berkendara dalam kehidupan sehari-hari.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published.