Cara Mempertahankan Cat Motor Tetap Mengkilap

Hal yang membedakan antara motor baru dan lama salah satunya adalah cat bodinya. Ya, motor baru cat bodinya tentu saja lebih mengkilap, warnanya lebih cerah, dan tidka ada baret. Tentu sangat berbeda dengan bodi motor yang sudah lama digunakan.

Tidaknya hanya warnanya yang mulai pudar dan tidak mengkilap, namun juga debu dan kotoran juga menempel pada bodi motor. Debu dan kotoranlah yang menyebabkan warna pada bodi motor menjadi kusam.

Sehingga, untuk mempertahankan cat motor tetap mengkilap salah satunya adalah dengan mencucinya secara rutin. Namun, faktanya masih ada beberapa cara lian loh untuk mempertahankan cat motor tetap mengkilap.

Mempertahankan Cat Motor Tetap Mengkilap

Ada banyak keuntungan ketika cat motor tetap mengkilap meski motor telah lama digunakan. Motor akan lebih enak dipandang, selain itu motor yang tetap kelihatan baru akan memiliki harga jual juga.

Sehingga, tidak ada salahnya jika merawat bodi motor agar sellau terlihat kinclong dan baru. Okay, langsung saja ya berikut adalah cara mempertahankan cat motor agar tetap mengkilap.

Baca Juga: Yuk, Kenali Jenis Stang Motor Sebelum Memodifikasinya!

Rutin Mencuci Motor

Agar cat motor tetap mengkilap maka jangan malas untuk mecuci motor. Apabila Anda memang sangat sibuk dan tidak sempat mencucinya, maka setidaknya Anda mengelap bodi motor dengan lap basah. Cucilah motor secara rutin, misalnya dua minggu sekali atau seminggu sekali jika musim hujan datang.

Dengan mencuci motor maka debu dan kotoran bisa lebih mudah dihilangkan. Jika motor sangat jarang dicuci, ada kemungkinan partikel debu dan kotoran melekat pada cat dan susah untuk dihilangkan.

Pasalnya, ketika kotoran sudah menempel terlalu lama pada body motor, maka biasanya akan lebih sulit untuk dihilangkan. Gunakan sabun khusus untuk mencuci motor, jangan pakai sabun deterjen, sebab hal ini akan semakin merusak cat sehingga menjadi lebih cepat kusam.

Selain menggunakan sabun khusus, pastikan jika air yang digunakan adalah air bersih. Jika terlalu sibuk, Anda dapat mengelapnya menggunakn lap basah. Dalam hal ini, hindari mengelap bodi motor pad saat kondisinya (tanpa air), lantaran partikel debu yang halus juga bisa menggores permukaan cat, meski pada awalnya terlihat samar.

Mempertahankan Cat Motor
Mempertahankan Cat Motor (Sumber Gambar: Google)

Langsung Keringkan Jika Terkena Air

Tips selanjutnya agar cat motor tetap mengkilap adalah langsung keringkan apabila terkena air. Hal ini baik langsung dikeringkan ketika selesai mencuci maupun jika terkena air hujan. Sebab jika dibiarkan, maka bisa saja air tersebut meresap dan membuat body tampak redup.

Sebelum di lap dengan menggunakan ganebo, untuk hasil yang lebih maksimal bisa dikeringkan terlebih dahulu menggunakan kompresor. Jika bisa gunakan ganebo ya. Hal ini dikarenakan bahan ganebo mempunyai kemampuan untuk menyerap air, serta harga yang dibanderol pun tidaklah mahal.

Tidak hanya untuk mengeringkan dan menyerap sisa air, ternyata ganebo juga bisa dimanfaatkan untuk mengoleskan cairan pengkilap supaya body motor tetap kinclong. Pastikan tidak ada air yang tertinggal ya, sobat.

Mempertahankan Cat Motor
Mempertahankan Cat Motor (Sumber Gambar: Google)

Hindari Terkena Paparan Sinar Matahari

Tips selanjutnya dalam mempertahankan cat motor agar tetap mengkilap adalah dengan menghindari paparan sinar matahari secara langsung. Jadi, pastikan jika Anda memarkir motor Anda ditempat yang teduh, ya.

Paparan sinar matahari secara langsung, akan membuat cat motor yang kena panas matahari langsung dalam waktu lama akan cepat pudar atau kusam, carilah tempat yang ada pohon. Hal tersebut dikarenakan panas atau radiasi yang dihasilkan dari sinar matahari, akan menjadikan cat motor menjadi kering.

Sehingga membuat usia cat lebih pendek. Paran sinar matahri tidak hanya akan berdampak pada warna cat motor, namun juga berdampak pada kerang dan bagian lain menjadi korosi atau berkarat, dan keropos. Jika terpaksa parkir di tempat terbuka sebaiknya gunakan penutup motor yang saat ini sudah banyak dijual.

Hindari Zat Kimia Berbahaya

Tips selanjutnya untuk mempertahankan cat motor agar tetap mengkilap yaitu dengan menghindari zat kimia berbahaya. Zat kimia berbahaya yang dimaksud adalah senyawa asam atau zat pewarna sebaiknya jangan dioleskan pada cat dan body motor.

Zat kimia yang mengandung senyawa asam atau zat pewarna sebaiknya jangan dioleskan pada cat dan body motor. Pada beberapa kasus, cukup banyak pemilik motor yang mengoleskan zat kimia dengan tujuan tertentu yang tanpa sadar malah merusak cat motor.

Selain itu, pastikan sabun yang digunakn untuk mencuci juga aman untuk cat motor. Dikarenakan kandungan zat yang ditakutkandapat merusak cat, maka ada baiknya jika menggunakan sabun khusus untuk membersihkan motor.

Sebab dikhawatirkan ada zat yang tidak sesuai dengan cat motor. Maka jangan sembarangan dalam menggunakan sabun untuk mencucui dan mengoleskan sesuatu ke bodi motor, ya.

Gunakan Pengkilap Khusus Cat Motor

Tips selanjutnya untuk mempertahankan cat motor agar tetap mengkilap adalah menggunakan pengkilap khusus body motor. Karena khusus bodi motor, maka formulanya sudah disesuaikan dengan kondisi cat motor.

Fungsi dari pengkilap hususs cata motor adalah menghilangkan debu yang dipengaruhi juga dengan faktor lingkungan. Sehingga ketika anda malas untuk mencuci motor, maka bisa diakali dengan mengoleskan cairan pengkilap tersebut. Tujuannya ialah untuk menjaga body motor tetap kinclong seperti baru.

Namun meskipun diperuntukan untuk bodi motor untuk waktu penggunaannya juga perlu diperhatikan, ya. Jadi walau dianjurkan, anda juga tidak bisa terlalu sering menggunakan cairan pengkilap tersebut. Sebab bisa mengikis lapisan yang pada akhirnya akan membuat cat lebih buram.

Mempertahankan Cat Motor
Mempertahankan Cat Motor (Sumber Gambar: Google)

Jika digunakan secara wajar, pengkilap motor ini berfungsi seperti pelembab pada tubuh manusia. Karena kerap terpapar udara yang panas, cat motor juga tentunya membutuhkan “vitamin” agar selalu tampak segar dan cerah.

Baca Juga: Yuk! Ketahui Standarisasi Helm Sepeda Motor

Selain itu, pastikan jika pemilihan pengkilap yang tepat juga harus anda perhatikan. Pasalnya jika salah, justru hal sebaliknya yang mungkin anda peroleh.

Ya, itulah beerapa tips untuk mempertahankan cat motor agar tetap mengkilap. Dengan bodi motor yang mengkilap, pasti Anda juga akan lebih nyaman dan juga percaya diri. Sebab motor juga akan bersih dari debu. Jadi, jangan malas untuk mencuci bodi motor ya, guys.

Lia

Menulis pertama kali di orapada dimulai tangga 3 Juni 2020. Fokus penulisannya seputar informasi dunia otomotif. Khususnya Mobil, Motor dan life plus. Termasuk tips dan kiat aplikasi berkendara dalam kehidupan sehari-hari.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published.