4 Keuntungan Setelah Memperbaiki Mobil yang Turun Mesin

  • by
  • 6 min read

Turun mesin pada sebuah mobil terjadi pada mobil yang sudah tua. Turun mesin tidaklah sepenuhnya buruk. Sebab, ada beberapa keuntungan setelah memperbaiki mobil yang turun mesin yan akan dirasakan.

Seperti yang kita ketahui bahwa memperbaiki mobil yang turun mesin membutuhkan waktu yang lama. Belum lagi biaya yang dikeluarkan juga lumayan banyak. Sehingga, ada beberapa keuntungan setelah memperbaiki mobil yang turun mesin yan akan dirasakan setalahnya.

Keuntungan Setelah Memperbaiki Mobil yang Turun Mesin

Biasanya setelah pemakaian mobil sudah melewati lima tahun, mobil mulai menunjukkan beberapa masalah. Ada beberapa bagian yang aus atau rusak. Tentu perawatan terhadap mobil harus diperhatikan daripada terjadi sesuatu yang buruk karena bagian mesin yang dibiarkan rusak.

Salah satunya adalah turun mesin. Apabila mobil Anda mengalmi turun mesin jangan khawatir. Mungkin dari segi harga jual akan mengalami penurunan. Namun, masih ada beberapa keuntungan dari turun mesin.

Apa saja keuntungan memperbaiki mobil yang turun mesin? Berikut adalah ulasan lengkapnya untuk Anda.

Baca Juga: Apa Penyebab Mobil Turun Mesin?

Performa Mesin Lebih Bertenaga

Keuntungan memperbaiki mobil yang turun mesin yang pertama adalah adanya efek performa mesin lebih bertenaga. Ya, jangan bayangkan akan seperti mobil baru, namun mesin lebih baik jika dibandingkan sebelum turun mesin.

Sebab saat perbaikan turun mesin, akan dilakukan pembersihan kerak- kerak dan kotoran yang melekat di seluruh komponen mesin. Komponen yang umumnya menjadi perhatian yaitu, ruang bakar, piston, saluran intake, dan exhaust, begitu pula dengan saluran-saluran oli dan bahan bakar.

Keuntungan Setelah Memperbaiki Mobil yang Turun Mesin
Keuntungan Setelah Memperbaiki Mobil yang Turun Mesin (Sumber Gambar: Google)

Dengan kondisi saluran oli dan bahan bakar yang bersih dan lancar. Selain itu kondisi ruang bakar yang juga bersih dari kotoran, maka performa dan mesin yang lebih bertenaga sudah selayaknya di dapatkan. Mesin sudah selayaknya serasa seperti mesin baru saat digunakan. Dimana mesin terasa lebih bertenaga ketika digunakan.

Terkait:  Bugatti Divo ! Harganya Bisa Dapat Puluhan BMW i8!

Performa mesin yang lebih bertenaga merupakan Salah satu efek yang langsung bisa Anda rasakan setelah melakukan serangkaian perawatan turun mesin.

Terdapat Gasket dan Seal Baru

Keuntungan memperbaiki mobil yang turun mesin selanjutnya adalah adanya gasket dan seal baru pada mesin. Gasket dan sela baru merupakan salah satu efek mobil setelah turun mesin yang bisa Anda dapatkan. Anda akan menemukan seal dan gasket baru yang terpasang di mesin.

Hal yang umumnya paling terlihat adalah gasket cair yang digunakan untuk melekatkan komponen sistem pendingin mesin seperti waterpump atau selang radiator). Anda akan melihat gasket cair tersebut masih terlihat cerah dan tidak kusam.

Selain itu, anda juga akan menemukan kondisi gasket cylinder head yang tampak baru terjepit diantara cylinder head dengan clinder blok.

Keuntungan Setelah Memperbaiki Mobil yang Turun Mesin
Keuntungan Setelah Memperbaiki Mobil yang Turun Mesin (Sumber Gambar: Google)

Kondisi Mesin Lebih Terlihat Bersih dan Segar

Keuntungan memperbaiki mobil yang turun mesin yang ketiga adalah mesin yang terlihat bersih dan segar. Jadi, tidak hanya bagian Gasket dan Seal yang terlihat baru, bagian mesin juga sama.

Beberapa bengkel mobil umum, biasanya sedikit lebih kreatif pada perbaikan turun mesin ini, khususnya untuk memberikan kepuasan lebih pada para pelanggannya. Hal ini seperti mengecat ulang sisi luar dari cylinder head, karter oli, blok mesin, dan komponen pendukung lainnya. Ya, beberapa bengkel memberikan pelayanan lebih.

Dengan pengecatan tersebut maka kondisi mesin saat dirakit dan saat dipasang kembali kemobil akan nampak seperti mesin baru. Mesin mobil akan kembali bersih dan terlihat lebih segar.

Ya, ini lah salah satu efek mobil setelah turun mesin terlihat kembali lebih bersih dari pada sebelumnya. Sehingga Anda akan mendapati mesin mobil yang lebih bertenaga dengan tampilan yang fresh, meskipun masa pemakaian mobil sudah lama.

Terkait:  Mengenal Jenis Sparepart Mobil Dan Manfaat Servis

Mobil Kembali Memasuki Masa Penyesuaian

Keuntungan memperbaiki mobil yang turun mesin yang terakhir adalah adanya masa penyesuaian atau inreyen kembali. Dimana kondisi ini merupakan kondisi di mana komponen mesin sedang dalam masa penyesuaian. Hal ini dikarenakan masa ini cukup penting bagi kemampuan dan ketahanan mesin untuk dimasa yang akan datang.

Dimana masa ini cukup penting untuk menjaga ketahanan dan kemampuan mesin untuk beberapa masa yang akan datang. Masa inreyen ini umumnya berlaku sepanjang 1000 kilometer atau sekitar 1 bulan. Tergantung mana yang dicapai lebih dahulu setelah perbaikan dilakukan.

Keuntungan Setelah Memperbaiki Mobil yang Turun Mesin
Keuntungan Setelah Memperbaiki Mobil yang Turun Mesin (Sumber Gambar: Google)

Perlu diketahui bahwa pada umumnya, setiap bengkel mobil yang baru menyelesaikan perbaikan turun mesin mobil, membutuhkan waktu sehari hingga tiga hari untuk memantau seluruh kondisi mesin saat hidup dan bekerja, mulai dari aliran cairan pendingin hingga kinerja pelumas dan bahan bakar yang disupply ke mesin.

Hal ini dimulai dari kondisi mesin saat dihidupkan, kinerja pelumas, bahan bakar, bahkan aliran cairan pendingin untuk melihat efek mobil setelah turun mesin.

Meskipun begitu, bagi pemilik mobil yang baru menyelesaikan perbaikan turun mesin ini, sebaiknya juga tetap memperhatikan masa inreyen pada kendaraan. Inreyen merupakan masa uji mesin agar seluruh komponen di dalam mesin dapat terlumasi dengan sempurna dan dapat bekerja dengan normal.

Selama masa inreyen ini, kita perlu memperhatikan cara berkendara yang baik dan benar termasuk membatasi ukuran berat beban muatan yang boleh dibawa di kendaraan. Setelah mesin sudah melewati masa inreyen ini, maka penggunaan normal sudah dapat dilakukan.

Itulah keuntungan memperbaiki mobil yang turun mesin. Jadi, jangan terllau khawatir apabila mobil mengalami turun mesin. Sebab, ada efek baiknya juga untuk mobil Anda. Turun mesin mobil dilakukan ketika mobil mengalami kerusakan yang berat.

Terkait:  Kredit Mobil Baru atau Beli Cash Mobil Bekas. Lebih Baik Yang Mana?

Baca Juga: Cara Menguras Tangki Bahan Bakar dengan Mudah dan Aman

Apabila telat ataupun tidak melakukan turun mesin mobil, akan berdampak pada komponen yang berada di dalam kendaraan lama- lama akan mengalami penurunan performa, tidak terkecuali komponen transmisi.

Namun, sebenarnya proses turun mesin dianjurkan untuk dilakukan agar performa mesin bisa kembali. Dianjurkan mobil dibongkar mesin per 150 ribu km. Sedangkan untuk biaya yang dikeluarkan turun mesin sangat beragam. Hal ini tergantung dari jasa pengerjaan dan penggantian komponennya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *