Memperbaiki Jam Dinding Mati – Setiap rumah pasti memiliki jam dinding. Bahkan memiliki lebih dari satu jam dinding setiap rumahnya. Sebagai penanda waktu, jam dinding terlihat banyak diaplikasikan untuk dipasang dan juga digunakan di lingkungan kantor, sekolah, rumah, tempat ibadah, dan tempat-tempat lainnya yang bersifat umum atau pun bersifat pribadi.

Fungsinya jelas untuk memudahkan dalam menunjukkan waktu.Meskipun sekarang sudah banyak benda yang dapat menunjukkan waktu seperti jam tangan, smartphone dan lain- lainnya, jam dinding tetap saja menjadi barang yang ada di setiap rumah maupun gedung.

Namun, taukah kalian bahwa banyak hal yang dapat membuat jam mati?. Sehingga, ketika jam dinding kalian mati bahkan jika baterai jam sudah diganti, jangan panik. Sebab banyak sekali penyebab jam dinding mati. Selain itu, kalian dapat memperbaiki jam dinding mati secara pribadi di rumah. Sehingga, kalian tidak perlu mengeluarkan biaya untuk memperbaiki jam dinding.

Meskipun caranya sedikit rumit, tapi tetap masih dapat diperbaiki sendiri. Perbaikan yang dilakukan pada jam dinding memang terlihat mudah namun kenyataannya jika kita tidak paham dengan karakteristik dari jam dinding tersebut mungkin akan terasa sulit.

Maka dibutuhkan ketelitian pada saat pembongkaran, karena bagian-bagian yang menyusun jam dinding kebanyakan bersifat rentan dan rapuh serta kondisi fisiknya kecil mungil. Jadi anda wajib teliti dan berhati-hati sebelum memutuskan untuk melakukan pembongkaran. Berikut adalah penyebab jam dinding mati dan cara memperbaikinnya.

Memperbaiki Jam Dinding Mati

Taukah kalian bahwa semut juga dapat menyebabkan jam mati?. Ya… semut yang sering merambat pada dinding ternyata dapat membuat jam mati. Hal ini juga menjadi salah satu penyebab jam dinding mati.

Semut sering sekali memakan gigi dari mesin jam dinding alasannya gigi mesin jam dinding sangat elastis dan rapuh. Jika semut sudah memakan gigi mesin jam dinding hal ini sanggup menyebabkan mesin jam dinding tidak sanggup berjalan secara normal dan menjaikan mesin jam dinding menjadi lambat. Jika sudah amat parah maka dapat menyebabkan mesin jam dinding sanggup mati total.

Baca Juga: Mengusir Cicak dari Rumah: 5 Tips & Trik yang Efektif

Mengingat fungsinya yang penting, pasti jam dinding yang mati akan langsung diperbaiki. Atau sebagian dari kalian langsung megantinya dengan yang baru?. Berikut adalah penyebab dan cara memperbaiki jam dinding mati yang perlu kalian ketahui.

Baterai Jam Dinding

Baterai jam dinding adalah hal yang paling sering mengakibatkan jam mati. Cobalah ganti baterai dengan batre peralatan lain yang masih bagus, misalnya jam pada mainan anak atau jam remote TV. Atau kalian bisa mencoba sebaliknya. Dimana memasangkan baterai dari peralatan lain ke jam dinding.

Apabila dipasangkan ke peralatan lain ternyata bisa, berarti jam dinding anda memang sedang bermasalah. Baterai untuk jam dinding sangatlah mudah ditemukan. Di pasaran sendiri tersedia berbagai merek dan juga harga.

Namun kwalitas baterai biasanya dapat dilihat dari harganya. Dimana baterai mempunyai harga murah, maka baterai hanya bisa digunakan dalam satu kali pemakaian saja. Sedangkan yang sedikit agak mahal, biasanya bisa digunakan berulang kali karena bisa dilakukan pengecasan dengan alat khusus yang memang sudah disediakan.

Jadi anda bebas memilih mau yang sekali pakai dengan harga murah, tapi harus beli lagi dan lagi atau mau yang sedikit agak mahal, tapi bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama.

Memperbaiki Jam Dinding Mati (Sumber Gambar: Google)
Memperbaiki Jam Dinding Mati (Sumber Gambar: Google)

Bagian Konektor Jam Dinding

Apabila baterai jam dinding sudah diganti dan tetap mati, maka langkah selanjutnya adalah melakukan pengecekan pada konektor jam dinding. Konektor merupakan tempat yang digunakan untuk meletakkan baterai dan berfungsi menyambungkan sumber daya yakni baterai dengan bagian mesin agar bisa bekerja dengan baik.

Konektor yang tidak dirawat sehingga keadaannya berdebu. Jika terlalu lama maka dapat berkarat. Sehingga, membuat peforma dari jam dinding menjadi kurang baik. Seringkali ditemukan konektor pada jam dinding sebagai tempat baterai terlihat berkarat. Jika hal itu terjadi bisa saja menjadi salah satu penyebab yang menjadikan jam dinding menjadi mati. Karat yang ada akan mengganggu koneksi antara batu baterai dengan konektor.

Untuk mengatasinya sebaiknya anda bersihkan karat tersebut terlebih dahulu agar konektor bisa bekerja kembali seperti sedia kala. Bersihkan pada kedua sisinya, kemudian jangan lupa lakukan pengelapan pada kedua kutub baterai sebelum dipasang kembali.

Baca juga: Jam Tangan Kemasukan Air: Tips & Trik Memperbaiki

Pertama adalah buka jam dindingnya terlbih dahulu. Cara adalah dengan membongkar jarum jam dinding. Gunakanlah obeng plus. Longgarkan seluruh skrup atau baut yang menempel pada bagian belakan jam. Lalu, lepaskan bingkai depan yang menahan kaca, setelah itu lepaskan kacanya. Lalukan dengan menggunakan jari tangan jepit tengah-tengan jarum, cabut satu persatu jarum jam dimulai dengan jarum detik-menit-jam.

Setelah jarum terlepas, lepaskan murnya dengan memutarnya ke arah kiri. Balikkan jam, cabut mesin jam dari badan jam dengan cara mencongkel penjepit di bagian kiri dan kanan. Selajtnya jika sudah membuka jam dinding, maka selanjutnya adalah membersihkan konektor.

Lepaskan batre, buka penutup mesin batre dengan obeng. Konektor batre yang tertutup kotoran atau jamur akan mengganggu aliran listrik dari batre ke spull (lilitan) batre yang merupakan bagian dari mesin jam sehingga mengakibatkan matinya jam dinding.

Terdapat dua pasang konektor, yaitu sepesang konektor yang terhubung ke kutub batre dan satu pasang lagi yang terdapat pada MCB. Pastikan dua pasang konektor ini bersih dari kotoran dengan cara digosok perlahan dengan ampelas halus. Bila setelah dibersihkan, ternyata jam masih belum berputar, periksa roda gigi.

Roda Gigi Jam

Mengecek roda gigi adalah langkah ketiga yang harus dilakukan ketika jam dinding masih mati. Pada bagian dalam mesin jam terdapat roda-roda gigi kecil yang terbuat dari plastik. Periksa apakah pada tempatnya atau tertutup mdebu/kotoran. bersihkan roda gigi dengan lap kering atau kuas kecil.

Pasangkan penutup mesin batre dan pasang juga batrenya. Coba dengarkan apakah ada suara berdetak, bila perlu pasangkan detik , bila detiknya merputar berbarti mesin jam sudah betul. Pasang kembali seluruh komponen jam dinding seperti semula.

Ganti Mesin

Apabila seluruh cara memperbaiki jam dinding mati di atas telah dilakukan namun jam dinding kalian masih mati juga, sebaiknya ganti mesinnya. Anda dapat membeli mesin jam baik di toko-toko jam terdekat ataupun toko online. Harga Mesin jam dinding saat ini sangatlah murah. Harga mesin jam dinding sekitar 5.000 rupiah sampai dengan 10.000 rupiah.

Peralatan untuk Memperbaiki Jam Dinding Mati

Dalam memperbaiki jam dinding mati, ada beberapa peralatan yang dibutuhkan. Namun, jangan khawatir karena peralatan yang ditemukan sangat mudah didapatkan. Peralatan pertama yang dibutuhkan adalah Obeng. Biasanya jenis obeng yang dibutuhkan adalah obeng kembang atau obeng plus (+). Selain itu ada obeng min ukuran kecil.

Peralatan lain yang dibutuhkan adalah ampelas, lap kering, dan kuas kecil. Itulah beberapa peralatan yang dibutuhkan untuk memperbaiki jam dinding mati. Bukankah mudah ditemukan?.

Baca Juga: Motor Untuk Harian: 4 Rekomendasi, Mana Yang Paling Cocok Untukmu?

Jam dinding umumnya berumur panjang. Selain itu, jika mati masih dapat diperbaiki beberapa kali. Kecuali jika usianya sudah sangat tua, barulah kalian menganti jam. Selain usia, jam dinding dapat mati jika jatuh dari ketinggian. Jadi, jika jam didnding mati jangan buru- buru mengganti dengan yang baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *