Cara Mengatasi Memori Internal Penuh Padahal Masih Kosong

Memori internal penuh padahal masih kosong, mungkin sering terjadi pada pemilik smartphone. Ya, hal ini tentu menjadi hal yang menyebalkan. Karena kita tentu akan kesulitan menyimpan gambar maupun dokumen. Padahal data- data tersebut perlu kita dwonload dan tersimpan di smartphone kita karena penting.

Bagi Anda yang sedangan mengalami hal ini ataupun yang sering mengalami memori internal penuh padahal masih kosong, maka ada baiknya baca artikel ini sampai selesai. Sebab, kami akan memberikan cara mengatasi memori internal penuh padahal masih kosong secara lengkap.

Memori Internal Penuh Padahal Masih Kosong

Memori internal sangatlah penting untuk sebuah smartphone. Memori internal digunakan sebagai tempat untuk menyimpan semua data pengguna. Oleh karena itu, kurang tepat bila menyimpulkan bahwa memori penuh padahal masih kosong.

Jadi, masih ada data yang tersimpan, namun tidak terdeteksi. Lalu kenapa pemberitahuan memori penuh terus muncul ? Jawabannya adalah jenis file yang tersimpan. Ada beberapa file yang kapasitasnya besar, namun letaknya tersembunyi seperti file cache dan file kamera.

Nah, ini yang menyebabkan seolah- olah memori kosong namun penuh. Berikut adalah ulasan secara lengkap untuk mengatasi memori internal penuh padahal masih kosong.

Baca Juga: Alarm Mobil Tidak Bunyi Saat Dikunci? Ini Penyebabnya

Menghapus Cache Aplikasi

Cara mengatasi memori internal penuh padahal masih kosong, coba untuk menghapus cache aplikasi. Cache adalah aplikasi yang dapat memepercepat kinerja pada sistem android. Ketika pengguna membuka suatu aplikasi, nantinya aplikasi tersebut secara otomatis akan menyimpan data tertentu.

Yang menjadi masalah, banyak file cache memiliki ukuran yang cukup besar. Jadi, tidak hanya ukuran aplikasi yang akan mempengaruhi ruang penyimpanan, namun juga file- file yang berisi beberapa data juga dapat menyebabkan memori internal penuh.

Termasuk di antaranya seperti file cache, cadangan, hingga thumbnail. Meskipun sangat berguna, kedua jenis data tersebut bisa membuat memori penyimpanan semakin sesak meskipun aplikasi yang terpasang hanya sedikit.

Memori Internal Penuh
Memori Internal Penuh (Sumber Gambar: Google)

Sebagai contohnya pada aplikasi WhatsApp. Layanan pesan singkat milik Facebook ini setiap hari melakukan pencadangan baik secara lokal ke memori internal maupun online ke layanan Google Drive.

Nah, cache aplikasi ini yang perlu Anda curigai ketika aplikasi sudah dihapus namun memori masih penuh. Lalu bagaiman cara menghapusnya? Langkah yang pertama untuk menghapus chance adalah membuka setelan pada ponsel Anda, lalu masuk ke menu aplikasi.

Lanjutkan mencari aplikasi apa saja yang memiliki ukuran paling besar, dan buka aplikasinya. Pilih menu penyimpanan, kemudian pilih hapus cache. Jika dirasa menghapus cache satu aplikasi belum cukup, bisa dilanjut mencari cache pada aplikasi yang lainnya.

Sisa Data dari Aplikasi Lama yang Sudah Dihapus

Cara mengatasi memori internal penuh padahal masih kosong adalah dengan memastikan jika sudah tidak ada sisa data dari aplikasi kama yang sudah dihapus. Ya, sisa- sisa data yang seperti ini, tanpa kita sadari menambah penuh memori internal.

Jadi, ketika kita menghapus aplikasi, bukan berarti data dari aplikasi tersebut telah sepenuhnya ikut terhapus. Ya, sebenaranya sejumlah data sebenarnya masih tersisa di dalam perangkat. Data tersebut seperti gambar tertentu, file pengaturan, hingga konten unduhan.

Nah, apabila tidak dikelola dengan baik, beberapa data tersebut juga akan memenuhi memori penyimpanan. Apalagi di sisi lain juga tak akan terdeteksi begitu saja karena aplikasi yang bisa mengakses sudah hilang.

Memori Internal Penuh
Memori Internal Penuh (Sumber Gambar: Google)

Menghapus Data Kamera

Cara mengatasi memori internal penuh padahal masih kosong yang selanjutnya adalah menghapus data kamera yang tersimpan. Menghapus data kamera merupakan salah satu cara yang paling mudah untuk menyediakan ruang pada memori internal.

Karena pengguna hanya perlu melakukan optimasi saja, yakni dengan menghapus beberapa file yang sudah tidak digunakan. Ya, pada faktanya semakin sering Anda menggunakan perangkat untuk mengambil foto atau vidio maka akan semakin memakan tempat juga.

Apalagi dalam hal ini, berkas foto maupun video yang diambil dengan menggunakan kamera beresolusi tinggi akan memiliki ukuran sangat besar. Meskipun tidak terlihat pada awal pemakaian, berkas tersebut jika tidak dipindahkan dapat membuat memori penyimpanan penuh.

Lebih-lebih lagi, beberapa aplikasi media sosial seperti WhatsApp juga mengunduh berkas serupa dan menyimpannya ke dalam perangkat. Jika dibiarkan maka handphone tidak akan mampu menampungnya.

Sebelum menghapus data, pastikan untuk melakukan backup data terlebih dahulu. Hal ini merupakan cara untuk mencegah hilangnya data yang penting. Memindahkan berkas penting ke media lain seperti komputer atau cloud juga bisa sedikit mengurangi beban handphone dalam menangani masalah yang diakibatkan oleh penuhnya memori penyimpanan.

Berikut cara mengatasi memori internal penuh padahal masih kosong. Pertama, hapus terlebih dahulu data kamera yang tersimpan, terutama bagi pengguna yang sering menyimpan foto maupun merekam video.

Alasannya karena setiap kamera android saat ini telah mendukung resolusi HD (720P) hingga 4K, yang memakan banyak memori untuk data satuannya. Setelah selesai menghapus beberapa data, pengguna akan bisa melihat kapasitas internal yang penuh akan berkurang banyak.

Memori Internal Penuh
Memori Internal Penuh (Sumber Gambar: Google)

Menonaktifkan Aplikasi Bawaan

Cara mengatasi memori internal penuh padahal masih kosong yang terakhir adalah dengan menonaktifkan aplikasi bawaan dari smartphone. Jadi, sistem bawaan handphone juga memakan sebagian ruang kosong penyimpanan.

Ukurannya pun bisa terus tumbuh saat pengguna melakukan pembaruan. Namun, beberapa aplikasi tersebut terkadang hanya memnuhi ruang penyimpanan. Padahal aplikasi tersebut kadang tidak digunakan sama sekali, bahakan tidak pernah dibuka. Padahal aplikasi tersebut tidak bisa dihapus, namun sangat memnuhi ruang penyimpanan.

Baca Juga: Siapa Takut Beli Mobil Warna Putih! Berikut Tipsnya Agar Mengkilap

Nah, untuk solusi yang satu ini adalah dengan menonaktifkan aplikasi ini. Jadi, nantinya ketika Anda ingin menggunakannya lagi, maka Anda dapat mengaktifkannya lagi.

Cara menonaktifkan adalah dengan membuka Settings, lalu masuk ke bagian App. Setelah itu cari aplikasi bawaan yang akan dinonaktifkan dan ketuk aplikasi tersebut lalu pilih opsi Disable.

Itulah cara mengatasi memori internal penuh padahal masih kosong. Cara tersebut dapat Anda atasi sendiri tanpa harus membawa HP Anda ke teknisi. Jadi, ngga usah khawatir lagi jika memori smartphone Anda penuh lagi.

Lia

Menulis pertama kali di orapada dimulai tangga 3 Juni 2020. Fokus penulisannya seputar informasi dunia otomotif. Khususnya Mobil, Motor dan life plus. Termasuk tips dan kiat aplikasi berkendara dalam kehidupan sehari-hari.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published.