Memilih Velg Mobil: Hal- Hal Yang Harus Diperhatikan

Memilih Velg Mobil – Velg pada mobil emrupakan salah satu komponen yang bisa diganti. Namun yang salah adalah banyak orang yang memaksakan untuk melakukan perubahan pada velg untuk mengejar keindahan mobilnya tanpa memikirkan efek buruk yang ditimbulkan.

Padahal ada hal- hal yang harus diperhatikan sebelelum memilih Velg Mobil. Sehingga ketika mengganti velg tidak hanya tampilan mobil yang menjadi keren, namun keamanan dan kenyamanan tetap diutamakan.

Hal- hal yang harus diperhatikan sebelum memilih velg mobil berikut ini akan sangat membantu untuk menemukan velg mobil yang berkualitas. Dimana hal ini tentu akan membantu bagi pengendara yang ingin memodifikasi mobilnya.

Tips Memilih Velg Mobil

Fungsi velg mobil adalah untuk memasangkan ban pada roda kendaraan. Pemilihan velg harus tepat dan kuat karena menyangkut keseimbangan kendaraan dan keselamatan pengendaranya. Jika salah dalam memilih velg mobil bisa mempengaruhi performa mobil.

Sebagian orang memiliki mobil tidak hanya untuk menunjang mobilitas sehrai- hari. Namun, banyak juga yang hobi. Nah, orang yang hobi dengan mobil inilah yang biasanya mengganti velg asli mobil.

Baca Juga: Kerusakan Pada Karburator & Cara Memperbaikinya

Ada banyak alasan mengapa mereka menggantinya salah satunyanya adalah ingin memeprcantik atau membuat mobil lebih keren. Mengganti velg mobil tentu saja diperbolehkan, namun tidak bisa sembarangan.

Dimana ada hal- hal yang harus diperhatikansebelum memilih velg mobil. Sebab nantinya velg akan dipasnagkan ke roda. Tentu hal ini akan berpengaruh pada keselamatan dan kenyamanan saat berkendara.

Artikel kali ini akan emmbahas mengenai hal- hal yang harus diperhatikansebelum memilih velg mobil. Yuk, simak ulasan berikut secara lengkap sehingga Anda tidak akan salah memilih velg mobil.

Lebar Velg

Hal yang harus diperhatikan sebelum memilih velg mobil adalah lebar velg. Saat memilih velg mobil, Anda perlu mempertimbangkan lebar velg agar tidak mengganggu kaki Anda. Jika velg terlalu lebar, velg dan bibir ban bisa menyentuh bagian dalam spakbor.

Anda dapat melihat spakbor mobil yang harus Anda perhatikan sebelum memasang velg. Nah, nantinya sepakbor inilah yang harus Anda sesuaikan dengan lebar velg. Ukuran yang digunakan harus sesuai agar tidak merubah bagian kaki-kaki mobil.

Memilih Velg Mobil
Memilih Velg Mobil (Sumber Gambar: Google)

Sebab jika ukuran kaki- kaki mobil berubah hal ini akan membuat jalan mobil jadi terhambat. Berikut ada beberapa tips dalm menentukan lebar velg yang dapat Anda jadikan acuan saat akan memilih velg mobil.

Jadi, apabila Anda ingin memasang velg pada mobil kecil, sebaiknya Anda memilih velg yang mempunayi lebar 7 inci, medium 8 inci, dan saloon sekitar 10 inci. Nah, apabila sudah tepat untuk ukurannya, Anda juga harus mengeceknya kembali saat memasang velg pada ban mobil untuk lebih memastikan.

Hal ini sangat penting sebagai tips memilih velg mobil untuk modifikasi.

Desain Velg

Desain velg merupakan hal yang harus diperhatikan sebelum memilih velg mobil selanjutnya. Dalam hal ini jangan sampai salah dalam memasang desain velg pada mobil-mobil tertentu. Hal ini menjadi tahap awal untuk memilih velg, bahkan sebelum memutuskan akan membeli velg.

Saat memilih desain velg tidak hanya mempertimbangkan penampilan saja. Akan tetapi perlu menyesuaikan dengan tingkat kenyamanan dan keamanannya. Sehingga dalam memilih velg mobil tidak hanya melihat dari faktor penampilan mobil agar terlihat gagah dan mengikuti trend saja.

Pastikan kenyamanan dan keamanan dalam berkendara menjadi hal utama. Apabila mobil Anda adalah mobil city car, ada baiknya Anda memasang velg jari-jari untuk membuat tampilan modifikasi mobil tidak norak dan masih enak dilihat.

Jika mobil Anda tipe sedan, velg tipe monoblock sangat cocok untuk modifikasi mobil sedan Anda. Jika Anda bingung atau ragu, maka untuk lebih memastikan, Anda bisa konsultasi pada bengkel yang biasa memodifikasi berbagai macam tipe mobil agar hasilnya jadi lebih baik.

Dari beberapa velg yang ditawarkan, tentunya Anda perlu memilih velg sesuai dengan desain yang diinginkan. Selain itu, juga akan mempertimbangkan budget yang dimiliki.

Memilih Velg Mobil
Memilih Velg Mobil (Sumber Gambar: Google)

Memperhatikan Material Velg

Memastikan kualitas material velg merupakan hal yang harus diperhatikan sebelum memilih velg mobil selanjutnya. Umumnya, material yang digunakan yakni terbuat dari logam ringan. Seperti halnya dari billet steel dan forged alloy. Material tersebut memiliki berat yang ringan, sehingga dapat mendukung kinerja mobil Anda.

Jadi, apabila Anda bingun dengan banyaknya pilihan desain maka Anda dapat meminimalisirnya dnegan memastikan kulitas material terlebih dahulu. Pastikan jika kualitas yang dipilih memiliki material yang kokoh, ya.

Ukuran Velg

Hal yang harus diperhatikan sebelum memilih velg mobil yang selanjutnya adalah ukuran velg. Jadi, velg mobil punya diameter yang berbeda-beda sehingga wajib untuk Anda sesuaikan dengan ukuran ban mobil.

Jika mobil Anda adalah mobil kecil, pasang velg dengan diameter 17 inci. Jika mobil besar? Ukuran diameter velg yang tepat adalah 18 hingga 20 inci. Nah, tinggal sesuaikan dengan tipe mobil yang ingin dimodifikasi.

Memilih Velg Mobil
Memilih Velg Mobil (Sumber Gambar: Google)

Offset Velg

Hal yang harus diperhatikan sebelum memilih velg mobil yang selanjutnya adalah offset velg. Anda harus menyesuaikan posisi velg dengan bibir fender. Bagian ini menentukan keluar atau masuknya pinggiran velg dari fender mobilnya.

Semakin kecil offset, maka bagian pinggir velg akan semakin keluar dari bagian fendernya, begitu juga sebaliknya. Apabila memilih velg mobil dengan cat berfinishing polish, maka perhatikan bagian ujung pertemuan cat dan polish.

Baca Juga: Membeli Mobil Baru: Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum

Saat terlihat ada garis halus putih, maka artinya sudah ada bagian cat yang terkelupas. Misalnya, jika ukuran standar pabrik adalah 30, Anda harus mencari velg dengan ukuran lebih besar agar bisa lebih ke dalam. Jika ingin menempel pada bibir fender, maka pilihlah velg dengan ukuran lebih kecil.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memilih velg mobil. Cari informasi sebanyak- banyaknya sebelum memebli dan tanyakan pada ahlinya. Pastikan untuk mengetumakan kemanan, ya.