Mengapa Memilih Pintu Garasi Mobil itu Penting?

Akhir-akhir ini kendaraan menjadi kebutuhan penting dalam menunjang kehidupan sehari-hari. Salah satu contoh adalah mobil, kalau kita lihat di kota-kota besar hampir seluruh masyarakat mempunyai mobil. Bicara soal mobil maka kita juga akan bicara soal garasi termasuk bagaimana desainnya hingga memilih pintu garasi mobil yang pas dengan desain rumah.

Apapun itu alasanya Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan bagi anda yang mempunyai mobil. Selain perawatan, penataan tempat menyimpan mobil atau garasi juga perlu diperhatikan. Mengapa penting diperhatikan, karena garasi memiliki banyak manfaat bagi anda dan kendaraan anda.

memilih pintu garasi mobil 2

Pentingnya Memilih Pintu Garasi Mobil yang Pas

Tidak hanya garasi, memilih pintu garasi juga menjadi hal yang penting dan perlu anda pertimbangkan. Karena ketika anda salah memilih pintu garasi mobil bisa berakibat fatal dan merugikan anda sendiri. Mengapa demikian, karena garasi selain sebagai tempat menyimpan juga sebagai tempat untuk melindungi dari teriknya sinar matahari dan derasnya air hujan juga keamanan mobil anda dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Tidak hanya mobil untuk disimpan, sebagian orang juga kadang menyimpan perkakas otomotif ataupun suku cadang di garasi yang tentu harganya tidak murah. Fungsi lain bisa untuk menyimpan kendaraan lain seperti sepeda, sepeda motor atau bahkan kadang ada yang menyimpan mesin pemotong rumput di garasi. Jadi, jelas sudah apa manfaat dari garasi mobil dan mengapa penting adanya garasi mobil.

Sekarang, kami mengajak anda untuk membahas mengenai pintu garasi mobil minimalis. Mengapa, kita harus membahas pintu garasi mobil, karena pintu garasi mobil erat kaitanya dengan keamanan bahkan kerapihan rumah anda. Jadi kami sarankan anda untuk memperhatikan beberapa hal dalam memilih pintu garasi mobil.

Tips Memilih Desain Pintu Garasi Mobil

Mengapa Memilih Pintu Garasi Mobil itu Penting? 1

Berdasarkan fungsi garasi mobil diatas maka garasi merupakan salah satu ruangan yang tidak hanya untuk menyimpan mobil saja namun juga perkakas kendaraan Anda. Lalu keamanan yang ada didalamnya tergantung pada pembuatan pintu garasi tersebut karena pintu sebagai akses utama untuk masuk kedalam garasi. Demi keamanan maka Anda perlu memilih pintu garasi mobil yang kokoh supaya tidak mudah dijebol oleh orang yang ingin berbuat hal yang tidak anda inginkan.

Mengenai memilih design pintu garasi mobil, kami akan memberikan tips memilih pintu garasi mobil yang cocok untuk anda. Mari simak beberapa tips memilih desain pintu garasi mobil.

1. Tentukan Ukuran Garasi yang anda inginkan

Ukuran garasi adalah hal pertama yang perlu anda tentukan, ketika anda salah menentukan ukuran maka akibatnya tidak sesuai harapan. Untuk ukuran garasi tentu menyesuaikan dengan jenis dan jumlah kendaraan yang anda miliki, dan perlu dibuat longgar sedikit.

2. Menentukan Desain Pintu Garasi

Jika ukuran sudah ditentukan, lalu hal kedua yang harus anda perhatikan dalam membuat garasi yaitu memilih pintu garasi mobil. Desain pintu garasi merupakan hal penting yang harus anda difikirkan matang-matang, jangan sampai dalam membuat konsep atau model pintu garasi sembarangan. Nantinya malah akan terlihat rancu dan tidak sesuai untuk model garasi anda.

3. Pilih Model Pintu Garasi yang Tepat

Cara yang ketiga yaitu menentukan model pintu garasi mobil anda. Banyak jenis pintu garasi yang dapat anda terapkan untuk garasi mobil anda. Untuk saat ini yang lazim digunakan oleh masyarakat Indonesia adalah pintu model lipat. Selain mudah cara membukanya juga lebih simpel dan unik sehingga terlihat rapih dan menarik.

4. Memilih Jenis Bahan Pintu

Setelah anda menentukan model pintu Garasi, selanjutnya anda perlu menentukan bahan yang akan digunakan untuk pintu garasi mobil anda. Bahan pintu garasi menentukan kekokohan pintu garasi anda. Beberapa bahan material yang bisa anda pilih untuk membuat pintu garasi antara lain kayu, besi, aluminium dan uPVC.

Apabila anda memilih kayu untuk membuat pintu garasi, kami sarankan untuk memilih jenis kayu yang bermutu tinggi dan padat mengingat kekokohannya. Namun, kelemahan dari pintu berbahan kayu ini mudah terbakar jadi perlu jauhkan instalasi listrik dan bahan yang mudah terbakar. Kami sarankan Anda untuk memilih bahan pintu garasi dari bahan uPVC karena selain kuat, anti karat, tidak merambatkan api. Bahan uPVC ini juga mudah dipasang sehingga menghemat biaya operasionalnya.

Meski tampak sederhana, pintu garasi menjadi bagian penting yang akan berpengaruh pada tampilan rumah Anda. Menggunakan desain dan material pintu garasi yang tepat merupakan investasi bagi Anda sendiri. Anda dapat menselaraskan nuansa pintu rumah dengan pintu garasi. Memberikan warna, material, atau aksen serupa dapat memberikan keindahan tampilan rumah anda.

Pilih pintu garasi yang cocok dengan iklim di area rumah Anda. Anda bisa memilih pintu besi, fiberglass, atau kayu. Besi dan fiberglass relatif lebih kuat dan mampu bertahan selama bertahun-tahun. Namun, kedua bahan ini tidak cocok bagi Anda yang tinggal di dekat laut karena besi rentan terhadap korosi.

Selain tampilan yang menarik dan sesuai dengan rumah anda, hal yang paling penting dari pintu garasi adalah standar keamanan. Karena pintu garasi yang berukuran lebih besar lebih berisiko memberikan celah pada keamanan rumah Anda. Maka, anda perlu berkonsultasi pada perusahaan pembuat pintu garasi mengenai pintu garasi yang sesuai untuk rumah Anda. Pintu gulung, geser, lipat, atau kanopi yang cocok bagi rumah yang menjamin keamanan rumah.

Saran kami untuk memilih pintu garasi mobil sesuaikan dengan gaya hidup keluarga Anda. Selain keindahan dan keamanan, kecocokkan pilihan jenis pintu garasi dengan gaya hidup Anda juga akan menambah kepuasan tersendiri untuk anda. (Ditulis oleh Solikhan: solikhan1619@gmail.com)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.