Tips Memilih Mobil Irit BBM, Apa Aja Ya?

Ketika membeli mobil, mungkin salah satu yang kita lakukan adalah memilih mobil irit BBM. Bagaimana dengan Anda, apakah Anda juga memilih mobil irit BBM saat akan membeli mobil?

Ya, mobil yang irit BBM tentu menjadi idaman bagi setiap pemilik mobl. Apalagi jika mobil digunakan untuk mobilitas tinggi. Pasti mobil irit BBM sangat diidamkan. Sebab, saat kita memiliki mobil biaya yang paling banyak kita keluarkan bukan pada perawatnnya, namun pada pengeluaran bensin.

Apalagi saat ini BBM bersubsidi mulai benar- benar diatur oleh pemerintah. Wah, makin menjadi idaman nih mobil irit BBM. Sehingga, tentu saja banyak orang yang cenderung akan memilih mobil dengan konsumsi BBM yang irit karena akan membantu menghemat uang dan bisa digunakan untuk keperluan yang lain.

Tips Memilih Mobil Irit BBM

Nah, bagi Anda yang akan membeli mobil baru ada nih beberapa tips dalam memilih mobil irit bensin. Memilih mobil yang irit BBM memang gampang-gampang susah. Hampir semua mobil saat ini sudah disertai teknologi modern dan fitur yang canggih.

Sehingga lebih ramah terhadap penggunaan BBM. Mobil yang irit BBM memiliki beberapa fitur pendukung yang membuat mesin lebih hemat saat mengkonsumsi bahan bakar. Nah, berikut adalah beberapa tis dalam memilih mobil irit BBM. Selamat membaca!

Baca Juga: Yuk! Ketahui 8 Penyebab Ban Belakang Motor Matic Goyang

Perhatikan Kapasitas Mesin

Tips memilih mobil irit BBM yang pertama adalah memprhatikan kapasitas mesin. Ya, bahkan memperhatikan kapasitas mesin merupakan indikator paling mudah loh untuk mengetahui apakah mobil tersebut irit bensin atau tidak.

Mobil bensin dengan kapasitas mesin dibawah 1.500cc atau mobil diesel dengan cc dibawah 2.000cc umumnya memiliki konsumsi BBM yang irit dibandingkan dengan mobil dengan cc yang besar. Apalagi jika mobil tersebut sudah dilengkapi dengan fitur fitur terkini seperti misalkan teknologi katup variabel, Turbocharger, dan lain sebagainya.

Memang, tidak selalu mobil dengan kapasitas mesin diatas itu memiliki konsumsi BBM yang boros, namun perlu kita ketahui pula dengan kapasitas mesin yang besar, maka tenaga mobil yang dihasilkan pun akan semakin besar.

Dengan tenaga mobil yang semakin besar, tentu konsumsi bahan bakar akan sedikit lebih banyak dari biasanya. Namun hal ini juga tergantung dari cara pemakaian Anda. Biasanya jika Anda sering berada di tengah kemacetan, maka otomatis mobil Anda akan lebih boros.

Hal ini dikarenakan Anda akan lebih sering melakukan “gas – rem” dibandingkan menginjak gas secara stabil. Selain itu saat memilih kendaraan Anda juga perlu teliti apakah mobil memiliki teknologi terkini seperti katup variabel dan turbocharger. Tentunya ini dijamin akan membuat mobil lebih irit dalam pemakaian BBM.

Memilih Mobil Irit BBM
Memilih Mobil Irit BBM (Sumber Gambar: Google)

Pilih Mobil Berukuran Kecil

Tips memilih mobil irit BBM yang selanjutnya adalah dengan memperhatikan dimensi mobil. Ya, berat dan ukuran mobil yang akan Anda pilih ternyata juga berpengaruh loh apakah mobil tersebut akan hemat atau boros dalam penggunaan bensin atau tidak.

Jadi perlu dketahui bahwa semakin besar dan berat dimensi mobilnya tentu akan semakin menggunakan tenaga mesin yang besar untuk menggerakkanya. Maka, apabila Anda merupakan penggemar mobil dengan ukuran besar, maka Anda harus siap menggelontorkan biaya bensin lebih tinggi.

Namun jika Anda benar- benar ingin memilih mobil yang hemat bensin, maka harus memilih mobil yang memiliki ukran kecil. Jadi, tips memilih mobil irit BBM adalah carilah mobil dengan ukuran yang pas dan dengan berat yang ringan, karena daya mesin bekerja tentu akan lebih ringan dibandingkan mobil dengan cc sama namun dengan ukuran dan berat yang lebih besar.

Memilih Mobil Irit BBM
Memilih Mobil Irit BBM (Sumber Gambar: Google)

Sebagai contoh, mobil jenis SUV memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan jenis city car. Rata-rata mobil SUV mengkonsumsi 1 liter untuk perjalanan 10 – 15 kilometer. Sedangkan mobil city car cenderung lebih hemat dengan perbandingan 1 liter untuk 18 – 20 kilometer.

Sedangkan mobil dengan jenis double cabin atau off road dengan ukuran yang sangat besar, bisa mengkonsumsi bensin sampai 1 liter per 5 kilometernya. Hal ini disebabkan karena mobil dengan ukuran lebih besar lebih membutuhkan daya dorong yang lebih tinggi, sehingga membutuhkan bensin yang lebih banyak lagi.

Penggerak & Transmisi Manual

Tips memilih mobil irit BBM yang selanjutnya adalah memperhatikan penggerak dan transmisinya. Untuk penggerak 4 Jenisnya yaitu FWD (Penggerak Roda Depan), RWD (Penggerak Roda Belakang), 4WD (Penggerak 4 Roda) dan AWD (Penggerak 4 Roda Permanen).

Untuk masalah kehematan bahan bakar tentu juaranya adalah FWD, karena bobot yang cenderung ringan serta power loss yang minim membuatnya irit bahan bakar. Sedangkan yang paling tidak hemat bahan bakar ialah mobil dengan penggerak AWD.

Nah untuk mobil, jika bisa pilihlah yang menggunakan trasmisi manual. Mobil dengan transmisi manual memiliki daya perputaran mesin per menit (RPM) dan bobot penggerak yang lebih kecil.

Sehingga mesin tidak memerlukan bahan bakar lebih untuk mempercepat putaran mesin. Jika Anda ingin mobil yang irit bensin, tentu pilihlah mobil transmisi manual.

Memilih Mobil Irit BBM
Memilih Mobil Irit BBM (Sumber Gambar: Google)

Perhatikan Aerodinamik

Tips memilih mobil irit bensin BBM yang terakhir adalah perhatikan aerodinamik. Bentuk mobil saat ini terlihat lebih aerodinamis dengan bentuk seperti kapsul, sedangkan bentuk mobil jaman dulu lebih kotak dan kurang aerodinamis.

Dimana bentuk aerodinamis pada mobil modern bertujuan agar angin yang melewati mobil tidak menghambat laju mobil sehingga tidak menghambat udara dan membuat mobil bekerja lebih keras. Hal ini membuat mobil menjadi lebih irit dalam penggunaan BBM.

Baca Juga: Mengenal Spare Part Mobil Yang Harus Rutin Diganti

Kita bisa lihat dari tampilan mobil zaman sekarang dengan tampilan yang aerodinamis memiliki ciri-ciri kap mobil luas, kaca depan lebih landai, dan ukuran lebih panjang dari mobil-mobil sebelumnya.

Ya, itulah tips memilih mobil irit bensin. Ya, meskipun cara penggunaan juga mempengaruhi namun tidak ada salahnya jika Anda memastikan mobil yang akan Anda beli memang bisa diajak untuk hemat dalam hal bensinnya.

Jadi, apakah mobil impianmu termasuk dalam tips memilih mobil irit bensin diatas?

Lia

Menulis pertama kali di orapada dimulai tangga 3 Juni 2020. Fokus penulisannya seputar informasi dunia otomotif. Khususnya Mobil, Motor dan life plus. Termasuk tips dan kiat aplikasi berkendara dalam kehidupan sehari-hari.

All Post | Website

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *