Memilih Drawing Pad: Apa Saja Yang Menjadi Pertimbangan?

Bagi orang yang mempunyai profesi desinger pasti sudah tidak asing dnegan drawing pad. Bahkan untuk para profesional mereka akan memilih drawing pad atau pad tablet ini yang terbaik.

Ya, sama dengan kalian pasti ketika akan membeli alat elektronik akan memilih yang terbaru dan tercanggih. Nah, begitu pula para desiger profesional, dalam memilih tablet juga perlu banyak hal- hal yang diperhatikan.

Nah, bagi kalian yang ingin memulai membuat karya dengan tablet dan bingun memilih drawing pad, berikut adalah tipsnya bagi Anda. Yuk, simak secara lengkap!

Tips Memilih Drawing Pad

Di zaman dengan perkembangan teknologi yang luar biasa, saat ini drawing pad tidak hanya digunakan oleh disegin grafis. Namun, para pekerja kantoran bahkan para pelajar juga dapat menggunaknnya.

Tentu saja drawing pad dapat digunakan untuk mendukung kinerja mereka. Misalnya untuk menjelaskan saat Anda presentasi sebuah proyek atau hal penting lainnya. Nah, drawing pad dapat digunakan untuk membantu Anda dalam menejlaskan agar mudah dipahami.

Saat ini semakin banyak pilihan drawing pad yang trsedia di pasaran. Berbagai macam fitur ditawarkan dan tentu saja harga juga tidak terlalu berbeda jauh. Nah, sama dengan memilih barang elektronik lainnya, sebaiknya jangan hanya beli yang sedang laris saja dipasaran.

Namun, ada beberapa hal yang harus disesuaikan dengan kebutuhan. Jangan hanya asal membeli yang ditawarkan oleh sales toko. Anda yang akan menggunakan, maka pastikan jika drawing pad yang akan Anda beli telah sesuai dengan Anda.

Apa saja hal- hal yang perlu diperhatikan dan dipertimbangkan ketika akan membeli drawing pad? Berikut adalah ulasannya untuk Anda.

Menentukan Jenis Drawing Pad

Dalam memilih drawing pad Anda harus menentukan jenis drawing pad yang akan dibeli. Pastikan jika Anda menyesuaikan jenis drawing pad yang akan dibeli telah sesuai dengan kenyamanan Anda.

Jadi, sensasi ketika menggambar denga drawing tab pasti akan berbeda dengan mengambar pada kertas biasa atau secara manual. Nah, hal inilah yang menjadi pertimbangan ketika akan memilih drawing tab, yaitu kenyamanan.

Di pasaran terdapat dua jenis drawing tab. Yaitu LCD drawing tab dan non-display drawing tab. Dikenal juga sebagai pen display, LCD pen tablet umumnya tampak seperti layar sentuh, ukurannya pun lebih besar. Sementara itu, non-display pen tablet tampak seperti touchpad besar.

Drawing Pad
Drawing Pad (Sumber Gambar: Google)

Apa berebedaan dari keduanya? Bagi pemula jika memang belum terbiasa menggambar menggunakan drawing tab ada baiknya memilih non- display drawing tab. Ya, hal ini dilakukan untuk membiasakan diri menggambar melalui media digital.

Mengingat pen display dijual dengan harga yang relatif lebih tinggi. Karena itu, Anda sebaiknya memilih pen display setelah terbiasa menggambar di non-display pen tablet. Jadi, untuk para pemula dapat memilih non- display tablet untuk membiasakan diri. Jika, nantinya sudah terbiasa atau bahkan ahli medesign bisa memilih atau membeli drawing tab baru jenis pen display.

Menentukan Ukuran Drawing Tab

Ketika akan memilih drawing tab hal yang harus diperhatikan adalah ukuran dari drawing tab tersebut. Jadi, sesuaikan ukuran pen tablet dengan ukuran monitor. Sebab, nantinya hal ini akan menjadi tumpuan ketika Anda menggunakan drawing tab.

Untuk monitor ada ukuran S, M, L. Jadi, apabila monitor Anda berukuran ≤ 15 inci, gunakanlah pen tablet dengan ukuran S. Untuk monitor berukuran 16–24 inci, gunakanlah pen tablet berukuran M. Sementara itu, untuk monitor berukuran ≥ 25 inci, gunakanlah pen tablet dengan ukuran L.

Ukuran standar untuk drawing tab adalah M. Namun, biasanya akan dibuat bimbang nih antara ukuran M atau ukuran L. Sebab, jarak harganya biasanya tidak jauh. Jika Anda bingung antara ukuran M atau L, maka sebaiknya pilih ukuran L saja.

Ya, hal ini karena ukuran L lebih besar. Sedangkan drawing tab ukuran S biasanya diplih karena budget yang dimiliki terbatas. Namun, sekali lagi dalam memilih drawing tab dari segi ukuran adalah dengan memperhatikan cara Anda menggambar.

Drawing Pad
Drawing Pad (Sumber Gambar: Google)

Saat menggambar, apakah Anda bertumpu pada siku atau pergelangan tangan atau tidak. Jadi, daripada mengganti ukuran pen tablet, lebih baik apabila Anda menyesesuaikan ukuran monitor Anda dengan cara Anda menggambar.

Perhatikan postur lengan Anda ketika menggambar secara manual. Apakah lengan Anda bertumpu pada siku atau pergelangan tangan? Jika lengan bertumpu pada siku, pilihlah drawing tab dengan ukuran L.

Sebaliknya, bila tumpuan lengan ada pada pergelangan tangan, pilihlah pen tablet dengan ukuran lebih kecil, seperti M atau S.

Baca Juga: Rekomendasi Tablet Windows Terbaik 2022

Memeriksa Fitur

Tips dalam memilih drawing tab yang selanjutnya adalah memperhatikan fitur yang ditawarkan. Dikarenakan nantinya fitur yang ditawarkan akan medukung Anda dalam memudahkan pekerjaan maka pastikan drawing tab yang akan dipilih memiliki performa yang Anda inginkan. Periksalah sejumlah fitur penting seperti tombol shortcut dan fungsi touch.

Membandingkan Beberapa Merk

Sebelum Anda benar- benar memilih drawing tablet, pastikan jika Anda telah membandingkan beberapa merek drawing tablet. Ketahui kelebihan dan kekurang dari amsing- masing drawing tablet dari merk yang berbeda namun masih satu kelas.

Drawing Pad
Drawing Pad (Sumber Gambar: Google)

Tidak dapat dipungkiri jika terkadang merek memang menjadi acuan yang paling utama bagi seseorang dalam menjatuhkan pilihan. Namun, disamping merek Anda juga penting mempertimbangkan sisi kualitas.

Mengingat masing-masing produk, baik itu dari merek yang sama maupun tidak cenderung memiliki kualitas yang berbeda. Biasanya merek yang bagus itu menggambarkan kualitas yang bagus.

Terdapat tiga merek pen tablet terkenal, yaitu Wacom, HUION, dan XP-PEN. Dari ketiga merk tersebut, Wacom merupakan merek terbaik pen tablet saat ini. Namun hal ini sesuai dengan harga yang ditawarkan. Sehingga karena harganya yang mahal tidak kami sarankan untuk pemula.

Baca Juga: Rekomendasi Pen Tablet Murah Terbaik

Selanjutnya ada merk HUION dan XP-PEN, dimana harganya lebih terjangkau dibandingkan Wacom. Sehingga Anda yang pemula pun dapat membelinya. Selain ketiga merek di atas, ada juga merek lainnya yang dapat Anda pertimbangkan seperti Veikk. Walaupun belum memiliki nama seperti tiga merek di atas, performanya juga tidak kalah dengan ketiganya.

Yups, itulah tips dalam memilih drawing tab. Pertimbangkan hal- hal diatas agar Anda benar- benar mendapatkan drawing tab yang sesuai dengan keinginan Anda.

Lia

Menulis pertama kali di orapada dimulai tangga 3 Juni 2020. Fokus penulisannya seputar informasi dunia otomotif. Khususnya Mobil, Motor dan life plus. Termasuk tips dan kiat aplikasi berkendara dalam kehidupan sehari-hari.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published.