Skip to content

Bingung Memilih Ban Mobil Yang Tepat? Berikut Tips Memilihnya

Ketika ban mobil mulai gundul atau tipis maka artinya Anda harus segera menggantinya. Sebab ban merupakan kompnonen yang dapat mempengaruhi kenyaman dan keselataman ketika Anda berkendara.

Ban adalah salah satu faktor penting yang bisa membawa kamu naik mobil ke mana-mana. Untuk itu ketika Anda menggantinya dengan yang baru atau melakukan modifikasi bagian ini, Anda tidak dapat memilih ban mobil secara sembarangan.

Yups, benar sekali ada beberapa hal yang harus Anda sesuaikan ketika memilih ban mobil. Jadi, selain kualitas ban harus dipertimbangkan ketika memilih ban mobil, masih ada hal lainnya yang perlu Anda pertimbangkan ketika akan menggantinya baik karena sudah rusak atau untuk modifikasi.

Bagimana Memilih Ban Mobil Yang Tepat?

Apapun merk ban yang Anda pilih, pastikan berkualitas dan tentunya cocok dengan mobil Anda. Selain meminimalisir risiko kecelakaan dengan pintar memilih ban. Lalu, apa saja tips untuk memilih ban mobil dengan tepat?

Berikut adalah ulasan lengkapnya untuk Anda.

Baca Juga: Bingung Cari Mobil MVP Rp 100 Jutaan? Berikut 5 Rekomendasi Terbaik

Perhatikan Tipe Ban

Tips dalam memilih ban mobil yang pertama adalah memastikan tipe ban yang Anda pilih sesuai. Ya, perlu diketahui bahwa setiap kendaraan memiliki tupe dan ukuran bannnya sendiri. Lalu, bagimana cara mengetahui tipenya?

Tenang, ada kode yang dapat Anda gunakan untuk megetahui tipe yang tepat untuk ban mobil Anda. Dimana untuk melihat tipe ban ini Anda perlu memperhatikan huruf paling depan dari kode yang tertera.

Apabila huruf P berarti menunjukkan bahwa ban itu didesain untuk mobil penumpang. Kemudian huruf LT, menunjukkan bahwa ban tersebut didesain untuk truk yang beratnya sedang. Kemudian huruf ST, memberikan keterangan bahwa ban dikhususkan untuk truk trailer.

Huruf T, berarti ban mobil ditujukan untuk cadangan mobil. Huruf R, berarti ban merupakan ban yang berjenis radial. Jadi, ketika Anda memilih ban mobil yang bagus, jangan lupa lihat dulu rekomendasi dari pabrikan.

Memilih Ban Mobil Yang Tepat
Memilih Ban Mobil Yang Tepat (Sumber Gambar: Google)

Ukuran Ban Mobil Yang Sesuai

Tipe memilih ban mobil selnjutnya agar tepat adalah dengan memastikan ukuran ban mobil. Ya, sama dengan tipe ban mobil, untuk ukuran Anda juga jangan sampai salah memilih juga ya. Selain itu, sama juga dengan tipe ban, ukuran ban mobil juga ditulis pada permukaan ban, loh.

Biasanya angka ini berada di belakang huruf dari tipe ban tersebut, di mana angka tersebut menunjukkan ukuran velg mobil Anda. Pastikan Anda memilih ukuran yang sesuai, karena bila terlalu kecil ataupun terlalu besar maka akan membuat mobil Anda tidak nyaman ketika dikendarai.

Misalkan kode ban mobil Anda adalah 205/55 R16 91 V, maka angka 205 yang pertama menunjukkan tentang berapa lebar telapak ban dalam satuan mm. Angka 60 dapat diartikan sebagai aspek rasio ketebalan ban dalam persentase atas lebar tapaknya.

Sedangkan angka 16 merupakan informasi terkait dengan diameter velg yang dicantumkan dalam satuan inci dan angka 91 menunjukkan indeks beban maksimum.

Dalam memilih ban mobil, Anda juga dapat membedakannya berdasarkan beberapa kriteria. Ada ban tube type (dengan ban dalam) dan tubeless (tanpa ban dalam), ada pula ban radial dan ban bias, yang dibedakan berdasarkan konstruksinya. V adalah kode yang menunjukkan batas kecepatan maksimum. Setiap ban memiliki kode yang berbeda seperti S, Q, H, Z, dan lainnya.

Lebar Ban Yang Sesuai

Tips memilih ban yang selanjutnya adalah lebar yang sesuai. Sebab, kelebaran ban akan mempengaruhi daya cengkram serta akselerasi yang ditimbulkannya. Semakin lebar ban maka daya cengkram nya akan semakin kuat.

Namun perlu diperhatikan bahwa lebar ban juga sangat terbatas dengan ukuran velgnya. Sebaiknya jangan memodifikasi kendaraan di bagian ban dan velg karena performanya menjadi berubah dan tidak sesuai kapasitas mesin.

Memilih Ban Mobil Yang Tepat
Memilih Ban Mobil Yang Tepat (Sumber Gambar: Google)

Sesuaikan Ketebalan Ban Mobil

Tips memilih ban mobil yang selanjutnya adalah ketebalan ban itu sendiri. Ban yang baik adalah ban yang memiliki ketebalan 50. Perlu diketahui bahwa ketebalan mobil akan mempengaruhi keseimbangan dan performa.

Harga ban yang profilnya tinggi memang sedikit lebih mahal, tetapi perbandingannya tidak terlalu jauh. Jadi, daripada sering mengganti lebih baik untuk memilih ban dengan kapasitas paling maksimal.

Memperhatikan Pola Tapak Ban

Tips selanjutnya dalam memilih ban mobil adalah memperhatikan pola tapak ban. Pola tapak akan akan mepengaruhi akselerasi dan manuver mobil. Ban mobil yang bagus harus menekankan besarnya daya gesek ke jalan. Semakin besar daya gesek sebuah ban ke jalan, maka resiko mobil tergelincir dapat diminimalisasikan.

Memilih Ban Mobil Yang Tepat
Memilih Ban Mobil Yang Tepat (Sumber Gambar: Google)

Perhatikan Tahun Pembuatan Ban

Tips memilih ban yang selanjutnya adalah perhatikan tahun pembuatannya juga. Hal ini karena ban terbuat dari karet. Sehingga kualitasnya akani berbeda dengan ban yang lama. Tidak hanya itu, proses penyimpanan juga bisa menjadi salah satu pertimbangan yang sangat penting.

Ketika lama disimpan bisa jadi ada masalah, misalnya jika tempat penyimpanannya lembab atau terkena sinar matahari langsung. Jadi pilihlah ban yang masih berusia muda, lebih bagus lagi baru diproduksi.

Ban dengan tahun pembuatan yang lebih muda dapat menjamin kualitasnya yang terjaga. Sahabat bisa melihat kode pada ban untuk mengetahui usianya. Eits, tenang jangan panik. Sama dengan kode tipe dan ukuran, tahun produksi ban juga dapat dilihat, loh.

Baca Juga: Komponen Peredam Suara Mobil : Apakah Menguntungkan atau Merugikan?

Itulah tips memilih ban mobil yang perlu diperhatikan. Pilihlah ban yang sesuai dengan tips diatas, sehingga aman dan nyaman saat digunakan. Apabila Anda salah memilih ban mobil yang tepat, maka dapat menybbakan risiko seperti oleng di jalan. Atau yang lebih buruknya, kendaraan tidak bisa berjalan dengan posisi seimbang, apalagi jika kondisi jalanan cukup curam.

Dengan demikian, keamanan dan kenyamanan dalam berkendara berawal dari memilih ban mobil yang bagus. Bukan sekedar merk saja, cuma tipe, ukuran, jenis semua harus diperhitungkan secara matang. Karena sangat penting dan kesalahannya dapat berisiko, libatkan orang lain untuk proses pemilihan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.