Tidak hanya memilih sparepart mobil yang harus hati- hati, dalam memilih aksesoris mobil juga tidak kalah hati- hati. Bagi Anda yang berencana memasang aksesoris pada mobil kesayangan harus pintar-pintar memilih. Di pasaran beragam jenis aksesoris dijual dari yang harganya murah hingga yang paling mahal. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.

Sehingga tips memilih aksesoris sangat dibutuhkan. Sehingga, Anda dapat memilih aksesoris yang tepat untuk mobil Anda. Baik itu aksesori yang berfungsi untuk melindungi mobil dari kemungkinan kerusakan atau goresan atau aksesori yang hanya sekedar mempercantik penampilan mobil.

Sehingga sangat disarankan ketika akan memilih aksesoris untuk tidak terburu- buru. Pertimbangankan dengan matang ketika akan membeli aksesori mobil. Jangan sampai, uang Anda dibelanjakan untuk hal-hal yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan.

Tips Memilih Aksesoris Mobil

Mengingat, jika aksesoris berlebihan juga dapat menimbulkan kerusakan pada mobil. Apalagi jika berhubungan dengan mesin atau kelistrikan pada mobil. Bisa saja aksesoris yang berlebihan menimbulkan masalah pada aki, yaitu aki soak.

Jadi, agar peasangan aksesoris dapat menambah kenyamanan mobil, maka berikut kami ulasa mengenai tips memilih aksesoris mobil. Tips ini dapat Anda putusakan ketika akan membeli aksesoris untuk mobil.

Memastikan Kebutuhan Aksesoris

Tips dalam memilih aksesoris mobil yang pertama adalah memastikan kebutuhan aksesoris untuk mobil. Buatlah daftar aksesoris yang sesuai dengan kapasitas mobil Anda. Selain itu, sesuaikan juga dengan kondisi keuangan Anda.

Baca Juga: Tips Membawa Bayi Berpergian Jauh Agar Tidak Rewel

Pastikan nantinya aksesoris yang Anda beli tidak melebihi kapasitas mobil dan fungsinya dapat digunakan secara maksimal kedepannya. Ketahui juga kelebihan dan kekurangan mobil yang Anda miliki. Karena setiap jenis mobil memiliki spesifikasi yang berbeda-beda.

Dengan mengetahui kebutuhan mobil berdasarkan kelebihan dan kekurangan maka Anda akan lebih mudah menentukan aksesori apa yang kamu ingin beli nantinya.

Selain itu, pastikan juga bagian mana yang membutuh ditambah aksesoris. Pastinya Anda sudah menentukan bagian mobil yang akan dipasang aksesoris. Mengetahui aksesoris yang akan Anda beli juga membantu agar tidak kebingungan saat akan membeli aksesoris mobil.

Melakukan Riset

Tips selanjutnya untuk memilih aksesoris mobil adalah dengan memlakukan riset. Dimana tidak hanya harga, toko, namun juga fungsi dari aksesoris dankesesuaian dengan mobil yang dimiliki dimana hal ini juga tidak kalah penting.

5 Tips Memilih Aksesoris Mobil
5 Tips Memilih Aksesoris Mobil (Sumber Gambar: Google)

Dengan melakukan riset kalian juga mendapatkan testimoni dari orang- orang sebelumnya teleh membeli aksesoris mobil tersebut. Sehingga, hal ini mengurangi risiko yang tiak dinginkan. Seperti munculnya rasa “menyesal” seperti yang telah dialami orang lain sebelumnya yang pada akhirnya akan menguntungkanmu.

Perlu diketahui bahwa beberapa jenis aksesoris bisa dipakai untuk banyak model, seperti kaca film, emblem, penutup baut ban, dan sebagainya. Tapi yang lain hanya cocok dan serasi untuk satu model. Sehingga, lakukan riset dengan betul- betul. Anda juga dapat bertanya kepada yang lebih ahli dalam dunia otomotif. Sehingga, penambahan aksesoris pada mobil dapat sesuai dengan fungsinya.

Dengan melakukan riset, juga dapat membantu Anda untuk mengikuti aksesoris mobil yang sedang trend. Sebenarnya bebas mau memasang aksesoris apapun. Namun, jika ketinggalan tren juga jatuhnya kurang bagus.

Namun, tetap dibutuhkan riset yang matan. Mengingat tujuan memasang aksesoris mobil juga untuk mempercantik mobil, mengikuti trend juga dapat menunjangnya. Apabila hasil riset atu konsiltasi aksesoris mobil yang sedang trend tidak cocok dengan mobil Anda, maka ada baiknya jangan dipaksakan, ya.

Pastikan Reputasi Toko Baik

Pastikan jika toko untuk membeli aksesoris Anda memiliki reputasi yang baik. Baik Anda akan membelinya secara online maupun offline, pastika bahwa toko tersebut terpercaya. Ya, ini adalah tips membeli aksesoris mobil yang harus Anda pastikan betul.

Anda dapat memnadingkan bebebrapa toko untuk reverensi. Jika online, Anda dapat melihat dari komentar yang orang- orang tinggalkan pada toko tersebut. Sehingga, Anda tidak akan menyesal seetlah membelinya. Mengingat jika membeli online barang tidak dapat kita lihat secara angsung.

Memastikan Harga

5 Tips Memilih Aksesoris Mobil
5 Tips Memilih Aksesoris Mobil (Sumber Gambar: Google)

Tips dalam membeli aksesoris mobil yang selanjutnya adalah memastikan harga. Hal ini juga dapat masuk dengan riset produk. Dimana riset produk, riset harga, dan toko bisa Anda lakukan secara bersamaan.
Banyak orang yang malas untuk melakukan perbandingan harga hanya karena tidak mau ribet. Meskipun, budget untuk membeli aksesoris Anda lebih, tidak ada salahnya melakukan riset harga.

Sehingga Anda akan mendapatkan harga yang sesuai dengan kualitas barang. Jadi, ribet sedikit tidak masalah karena Anda dapat menyimpan banyak selisih dengan mengingat perbedaan harga untuk aksesori mobil yang sama dari toko yang satu dengan toko maupun toko online dan toko offline. Hal ini untuk mengetahui selisih harga dengan barang yang sama di toko berbeda.

Dengan memastikan harga, Anda juga dapat memastikan pengeluaran untuk membeli aksesoris. Pastikan bahwa harga sesuai dengan budget keuangan Anda untuk membeli aksesoris.

Sebelum melakukan pembelian, pastikan Anda sudah menentukan budget di awal untuk aksesori mobil tersebut. Dengan budget yang sudah ditetapkan, akan lebih mudah bagi kamu untuk menyaring toko-toko yang “tidak memenuhi syarat” budget-mu.

Akan lebih baik lagi bila budget yang telah kamu sediakan lebih besar dibandingkan dengan harga aksesori yang kamu butuhkan. Anggap saja sisanya bisa buat dipakai untuk jajan yang lain.

5 Tips Memilih Aksesoris Mobil
5 Tips Memilih Aksesoris Mobil (Sumber Gambar: Google)

Mengutamakan Unsur Keselamatan

Jika diatas ada tips memilih aksesoris mobil dengan menyesuaikan trend, pada poin ini ada yang perlu Anda perhatikan dari hanya sekedar mengikuti trend dalam memilih aksesoris mobil. Tidak masalah mengikuti trend, namun tetap pastika keselamatan dan kemanan ketika nantinya aksesoris tersebut dipasang pada mobil.

Pastikan aksesoris tidak mengganggu Anda dalam mengoperasikan kendaraan, atau menimbulkan ketidaknyamanan. Misalnya, hiasan di atas dashboard atau gantungan di spion tengah. Jika harus dipasang usahakan yang tidak menghalangi pandangan (visibilitas).

Baca Juga: Mengenal Jenis Sparepart Mobil Dan Manfaat Servis

Aksesoris lampu juga demikian, jika Anda memilih memodifikasi dengan lampu aftermarket atau lampu aksesoris, pastikan lampu tersebut aman untuk kendaraan maupun pengguna jalan lain.

Itulah tips dalam memilih aksesoris mobil yang harus Anda perhatikan. Tetap utamakan keselamtan dan budget yang sesuai dengan kemampuan Anda. Sebab, pada dasarnya apa yang dibawa dari pabrik sudah disesuaikan dengan kebutuhan dan keselamatan mobil tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *