Membuat Bel Rumah Sederhana – Apakah Anda memiliki bel di rumah?. Jika iya, taukah bahwa kita dapat membuat bel rumah sendiri?.

Bel listrik pasti sudah tidak asing lagi bagi kalian. Bel listrik ini sering kita temui pada rumah- rumah maupun sekolah. Bel listrik sebenarnya dapat kita buat sendiri secara sederhana di rumah. Sebab bel listrik ini menggunakan konsep fisika yaitu listrik magnet.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat bel rumah sederhana ini sangat mudah. Bahkan kita dapat menggunakan barang- barang bekas disekitar kita. Bahkan barang- barang bekas ini sangat mudah ditemukan. Namun, sebelum kita membahas mengenai DIY pembuatan bel rumah. Kita akan membahas sedikit mengenai teori. Sehingga, akan menambah pemahaman Anda.

DIY Bel rumah ini tergolong bel listrik. Nantinya, kita akan membuat bel listrik rumah sederhana dengan arus DC. Meskipun menggunakan peralatan dan bahan yang sederhana. Bahkan Anda dapat menggunakan barang bekas. Anda harus tetap memeprhatikan keselamatan saat membuatnya.

Pertama adalah hati – hati dalam menggunakan peralatan. Selain itu, perhatikan rangkaian dengan baik karena kesalahan akan dapat merusak komponen. Bagi anak- anak buatlah dengan pengawasan orang dewasa atau di bawah bimbingan orang tua.

Pengertian Arus Listrik DC

Sumber listrik DC (Direct Current) atau sumber arus searah dihasilkan oleh baterai, maupun akumulator. Dinamakan arus searah karena arus listrik mengalir terus menerus dari kutub positif ke kutub negatif.

Kutub positif baterai berupa batang granit berbentuk silinder, sedangkan kutub negatif baterai berupa tabung seng yang menyelubungi baterai. Elektrolit baterai berupa bubuk salmiak yang mampu mengalirkan arus listrik.

Depolarisator adalah larutan yang berfungsi mencegah terjadinya polarisasi sehingga arus dapat mengalir lebih lama, pada baterai deplorisator berupa batu kawi. Sumber arus searah yang lainnya adalah akumulator atau yang lebih dikenal dengan aki (accu). Aki digunakan untuk sumber listrik pada sepeda, motor, mobil, atau barang-barang elektronika lainnya.

Bahan pembangkit arus listriknya atau elektrolitnya aki adalah menggunakan asam belerang cair atau asam sulfat (H2SO4). Bahan-bahan yang berada dalam aki menghasilkan tegangan antara terminal-terminal karena adanya proses kimia dari pelat-pelat dan asam belerang yang terdapat di dalamnya.

Alat dan Bahan untuk Membuat Bel Rumah Sederhana

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, bahwa alat dan bahan untuk membuat bel rumah sederhana sangatlah mudah ditemukan. Bahkan Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk membuat bel rumah sederhana ini.

Bahan yang digunakan dalam pembuatan bel sederhana. Pertama siapkan motor listrik DC. Nantinya motor listrik DC akan berfungsi sebagai penghasil gerak yang menimbulkan bunyi. Selanjutnya siapkan saklar.

Fungsi saklar adalah sebagai tombol on/off. Siapkan juga tempat baterai dan baterai. Baterai mempunyai fungsi sebagai arus listrik DC. Siapakan kayu yang akan digunakan untuk rangka bel sederhana.

Bahan selanjutnya yang diperlukan adalah paku. Paku akan digunakan untuk menyambung atau merangkai rangka bel sederhana. Siapkan pula karet untuk mengikat dan tutup botol sirup yang terbuat dari seng atau sejenisnya. Bahan selanjutnya diperlukan adalah kabel.

Fungsi kabel nantinya untuk menyambung arus listrik dari baterai ke Motor Listrik DC dan Motor Listrik DC ke saklar. Bahan yang terakhir adalah lidi untuk memukul kaleng sebagai bunyi bel sederhana. Selain itu siapkan kaleng minuman dingin yang terbuat dari seng atau sejenisnya.

Ketika semua bahan sudah disiapkan. Selanjutnya adalah mempersiapkan peralatannya. Peralatan ini juga sangat mudah ditemukan.

Pertama yang dibutuhkan untuk membuat bel rumah sederhana adalah palu. Anda membutuhkan palu untuk membuat rangka bel sederhana. Selanjutnya adalah gergaji. Karena ada bahan kayu yang dibutuhkan, maka kita perlu gergaji untuk memotong kayu yang akan digunakan agar ukurannya sesuai.

Baca Juga: Beli HP di Luar Negeri, Perhatikan Peraturan Agar Tidak Diblokir

Siapkan gunting. Gunting yang dibutuhkan adalah gunting seng. Sebab gunting ini akan digunakan untuk memotong kaleng yang akan digunakan. Alat yang terakhir adalah meteran untuk mengukur panjang balok kayu yang digunakan untuk rangkai bel sederhana.

Cara Membuat Bel Rumah Sederhana

membuat bel rumah sederhana
Tahapan membuat bel rumah sederhana viapayttmnmall.com

Cara Membuat Bel Sederhana ini adalah dengan menggunakan Sumber Arus Listrik DC atau biasanya dikenal dengan Baterai. Bel sederhana yang akan kita buar akan menghasilkan bunyi dengan bantuan arus listrik DC. oleh karena itu Alat ini memerlukan baterai. Sedangkan Bahan yang digunakan bisa diperoleh dari lingkungan sekitar. Kreativitas dan imajinasimu dapat dituangkan pada alat ini.

Tahap pertama yang perlu dilakukan dalam tahap ini adalah mengukur kayu yang akan digunakan untuk membuat rangka bel. Gunakanlah meteeran untuk mengukur kayu. Ada dua ukuran yang perlu dibuat.

Langkah pertama membuat bel rumah sederhana adalah memotong kayu menjadi panjang 10 cm dan lebar 3 cm. Buatlah dua buah kayu dengan dua ukuran ini. Selanjutnya potonglah sebuah kayu dengan panjang 23 cm dan lebar 3 cm. Sehingga Anda akan mempunyai 3 buah kayu. Gunakanlah gergaji untuk memoting kayu. Pastikan ukurannya sesuai.

Tahap selanjutnya adalah menyiapkan palu dan paku untuk menggabungkan kayu yang sudah dipotong sehingga membentuk rangka bel sederhana. Langkah selanjutnya adalah menyiapkan tutup botol syrup yang terbuat dari seng atau sejenisnya. Kemudian ratakan pinggiran tutup botol dengan palu. Langkah selanjutnya, lubangi di tengah tutup botol dengan paku. Ingat lubangnya harus pas dengan ujung MotorListrik DC.

Baca Juga: Memperbaiki Jam Dinding Mati: 4 Cara Mudah Yang Dapat Dilakukan Sendiri!

Langkah selanjutnya membuat bel rumah sederhana adalah memotong tutup botol yang sudah diratakan dengan gunting seng. Setelah itu buat satu lubang lagi di salah satu ujung tutup botol yang sudah digunting sebagai tempat untuk memasang lidi. Ikat kaleng bekas dengan karet pada ujung kayu ketiga.

Langkah selanjutnya adalah ambil motor listrik DC kemudian masukkan ujung motor listrik DC ke dalam lubang tutup botol yang di tengah, sehingga bentuknya seperti baling – baling. Kemudian ambil lidi dan masukkan ke dalam lubang tutup botol yang lain.

Ikat motor listrik DC dengan karet di rangka bel sederhana. Siapkan tempat baterai di baterai, kemudian pasang baterainya sesuai dengan kutub positif – negatifnya. Ikat tempat baterai tadi pada rangka bel dengan menggunakan karet dan plastic tidak mudah lepas.

Sembunyikan salah satu kabel dari baterai ke saklar. Sedangkan kabel yang satunya lagi ke motor listrik DC. Kemudian ambil satu kabel tambahan yang digunakan untuk menghubungkan motor listrik DC dengan saklar. Pembuatan bel sederhana sudah selesai dan bel sederhana siap untuk di uji dengna cara tekan tombol on/off nya.

Baca Juga: Belanja Dengan Kartu Kredit: Tips & Trick

Itulah cara membuat bel rumah sederhana menggunakan arus DC. Pastikan bahwa langkah- langkah tepat dan sesuai. Sebab ketidak sesuaian dapat merubah hasil. Sekali lagi, jika masih anak- anak jangan lakukan tanpa bimbingan orang tua. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *