Rantai memiliki peranan besar agar sepeda motor agar dapat berjalan dengan lancar. Ketika rantai mengalami masalah pasti laju motor akan terganggu. Masalah yang dialami rantai tidak hanya rantai putus, tapi bisa juga rantai aus.

Itulah pentingnya perawatan untuk rantai motor. Sehingga, Anda dapat mengetahui masalah pada rantai motor lebih awal sebelum benar- benar rusak. Salah satu perawatan yang dapat Anda lakukan adalah dengan membersihkannya.

Meskipun membersihkan rantai motor tidak memerlukan waktu yang lama dan perlatan yang spesial, namun tetap saja memiliki cara tersendiri. Artinya dalam membersihkan rantai motor tetap tidak boleh sembarangan. Sehingga, rantai benar- benar bersih dan awet.

Dimana cara membersihkan rantai motor harus dilakukan menggunakan bahan yang aman agar tidak menimbulkan kerusakan lain. Dengan dibersihkan secara rutin maka tarikan atau akselerasinya tidak berkurang. Sehingga motor juga
Jika Anda jarang merawat rantai motor, maka rantai tersebut akan cepat kering dan kendur.

Oleh karena itu, membersihkan bagian rantai sangat dianjurkan, misalnya dengan melumasinya agar kinclong serta tidak kering dan tidak berkarat, dan dapat membersihkannya dengan cara-cara tertentu.

Baca Juga: Sepele Tetapi Menyebabkan Ban Motor Cepat Rusak

Cara Membersihkan Rantai Motor

Ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk membersihkan rantai motor dengan hasil maksimal. Cara paling mudah membersihkan rantai adalah ketika motor baru saja digunakan.

Rantai yang baru saja dibawa berkendara biasanya akan lebih mudah untuk dibersihkan. Selain itu, pastikan Anda memarkirkan motor dengan standar tengah. Ini akan memudahkan dalam memberikan perawatan pada rantai motor secara menyeluruh.

Lebih jelasnya, berikut adalah langkah- langkah yang dapat Anda lakukan dalam membersihkan rantai motor kesayangan.

Mengetahui Jenis Rantai yang Digunakan

Ada dua jenis rantai yang digunakan untuk sepeda motor. Anda harus mengetahui jenis rantai mana yang digunakan untuk motor Anda. Sebab, nantinya akan ada perbedaan dalam membersihkan rantai motor dari setiap jenisnya.

Biasanya, Untuk membersihkan rantai motor standar biasanya jauh lebih mudah dibandingkan rantai o-ring.
Sedangkan untuk o- ring berbeda lagi caranya. Dimana pada rantai o-ring kita harus berhati-hati karena material yang digunakan untuk menyambungkan antar mata rantai terbuat dari karet. Sedangkan pada rantai standar kamu tidak perlu khawatir saat membersihkannya karena ia terbuat dari logam yang kuat.

Waktu Yang Tepat Untuk Membersihkan

Rantai motor akan lebih mudah dibersihkan ketika kondisi hangat. Sehingga, sangat disarankan untuk membersihkan rantai motor setelah kendaraan tersebut digunakan. Saat kondisi hangat rantai akan lebih siap untuk dibersihkan.

Cara Membersihkan Rantai Motor
Cara Membersihkan Rantai Motor (Sumber Gambar: Google)

Selain itu, posisikan motor Anda dengan standar tengah. Sehingga, Anda akan memudahkan Anda dalam memberikan perawatan pada rantai motor secara menyeluruh.

Setelah distandarkan tengah, Anda juga dapat mengecek kondisi rantai motor secara menyeluruh. Lakukan cek apakah rantai motor masih dalam kondisi yang baik atau sudah aus?

Cara mudah untuk mengecek kondisi rantai sudah aus atau belum adalah dengan menggoyang-goyangkannya ke kanan dan ke kiri. Kemudian menariknya ke belakang. Jika dirasa terlalu kendur, artinya rantai motormu sudah aus dan lebih baik diganti.

Menggunakan Sparay Khusus

Setelah posisi motor dikondisikan, Anda dapat memulainya dengan menyemprotkan spray khusus untuk rantai motor. Jangan menggunakan cairan sembarangan untuk membersihkan rantai motor. Salah-salah justru bisa membuat usia rantaitidak awet.

Spray ini digunakan untuk membasahi dan membersihkan rantai. Selain itu, spray ini penting untuk membuat rantai lebih mudah dibersihkan dari noda hitam membandel bekas oli atau debu jalanan bahkan rantai yang berkarat.

Spary khusus rantai dapat ditemui di toko- toko otomotif. Agar tidak mengotori atau membasahi lantai saat menyemprotkan spary ke rantai, Anda dapat meggunakan kertas karton yang diletakan di bawah rantai. Sehingga, lantai tetap bersih.

Cara Membersihkan Rantai Motor
Cara Membersihkan Rantai Motor (Sumber Gambar: Google)

Gosok Dengan Sikat Gigi

Setelah Anda menyemprotkan spary khusus, selanjutnya Anda dapat membersihkan rantai motor dengan mengosok atau menyikat rantai. Gunakanlah sikat gigi bekas untuk hasil yang maksimal.

Usahakan jangan ketinggalan satu bagian pun saat membersihkan rantai motor. Sehingga rantai motor tidak cepat rusak atau karatan. Pastikan Anda menggosoknya dengan perlahan dan jangan sampai merusak komponen pada rantai motor.

Apabila Anda memiliki angaran lebih, Anda dapat membeli sikat khusus rantai yang penampakannya seperti gambar di atas.

Bilas Menggunakan Air Bersih

Setelah Anda telah memastikan telah membersihkan rantai motor secara bersih menyeluruh dengan sikat gigi, langkah selanjutnya Anda dapat membilasnya. Bilas menggunaka air yang mengalir.

Tapi, jangan bilas rantai dengan menyemprotkan langsung airnya ke permukaan rantai. Alirkan saja air dari selang ke permukaan rantai. Lebih dekat lebih baik biar kotoran-kotoran yang menyangkut bisa mengalir bersama air.

Atau jika tidak ada air mengalir Anda dapat menggunakan semprotan untuk membersihkan permukaan pada rantai agar semua kotoran yang semula disikati rontok.

Baca Juga: Tips & Trik: Merawat Rantai Motor Agar Awet

Olesi Dengan Chain Lube

Setelah semua langkah-langkah di atas sudah di lakukan. Kini saatnya Anda melumasi rantai motor dengan chain lube atau pelumas. Jangan lupa keringkan rantai motor terlebih dahulu sebelum menyemrotkan chain lube ke permukaan rantai. Jangan sembarang menggunakan pelumas.

Cara Membersihkan Rantai Motor
Cara Membersihkan Rantai Motor (Sumber Gambar: Google)

Semprotkan pelumas merata ke seluruh bagian rantai. Lagi-lagi, alasi rantai pakai kertas karton biar pelumas gak mengotori lantaimu. Pastikan kamu menggunakan pelumas yang benar-benar dikhususkan untuk rantai motor.

Hindari juga menggunakan oli bekas untu melumasi rantai motor Anda. Sebab hal ini juga dapat memicu kerusakan dan membuat rantai motormu kotor kembali. Karena pada oli bekas terkandung kotoran-kotoran dari hasil pembakaran mesin.

Bagimana, mudah bukan membersihkan rantai motor? Bahkan tidak membutuhkan waktu yang lama. Selain itu, Anda dapat melakukannya sendiri di rumah. Tidak ada budget yang berlebihan bukan?

Rajin membersihkan rantai motor tidak akan hanya memberikan dampak usia rantai yang lebih sedikit panjang. Nmaun, membersihkan rantai motor juga akan mempengaruhi kenyamanan saat berkendara. Sebab, rantai mempengaruhi lanju rida motor Anda. Jadi, cek rantai motor dan segera bersihkan, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *