Skip to content

Membersihkan Rantai Motor: Berikut Adalah Cara Yang Benar!

Membersihkan rantai motor adalah salah satu perawatan yang sering dilupakan. Padahal membersihkan rantai pada motor juga merupakan perawatan yang tidak kalah penting loh. Mengingat rantai motor memiliki fungsi yang penting.

Maka, jangan sampai lupa untuk membersihkan rantai motor. Cara membersihkan rantai motor terbilang mudah. Namun, meskipun mudah tetap saja tidak boleh sembarangan dalam membersihkannya.

Cara membersihkan rantai pada motor harus dilakukan menggunakan bahan yang aman agar tidak menimbulkan kerusakan lain. Bagimana dan alat apa yang dibutuhkan untuk membersihkan rantai pada motor?

Berikut adalah ulasan lengkapnya untuk Anda mengenai cara membersihkan rantai motor. Selamat membaca!

Alat Untuk Membersihkan Rantai

Rantai pada motor merupakan komponen yang terdiri dari logam-logam yang saling terhubung untuk menyalurkan tenaga dari transmisi menuju roda belakang. Jenis rantai motor meliputi rantai dengan ring dan rantai tanpa ring.

Baca Juga: Motor Karburator Terbaru di Indonesia: Yuk Simak Rekomendasi Terbaik!

Nah, nantinya untuk cara membersihkan rantai motor dapat melihat pada jenis rantai pada motor tersebut. Namun, sebelum kita membahas mengenai cara membersihkan rantai pada motor, maka kita bahas dulu alat- alat yang dibutuhkan.

Ada beberapa alat yang perlu disiapkan sebelum Anda mulai membersihkan rantai. Pertama adalah adalah sikat gigi. Nantinya sikat gigi akan digunakan untuk membersihkan bagian sela-sela rantai.

Selanjutnya Anda memerlukan pembersih lantai atau piring. Pembersih disini seperti sunlight atau lainnya yang dipakai untuk membuang semua kotoran yang ada pada rantai. Selanjutnya adalah bensin (pertamax atau pertalite). Fungsinya untuk digunakan sebagai perontoh karat dan kerak yang menempel pada rantai.

Anda juga memrlukan wadah mangkuk/gelas plastik dimana digunakan untuk menuangkan pembersih. Selanjutnya ada kuas dimana alat ini digunakan untuk mengusap bahan pembersih yang digunakan ke seluruh bagian rantai. Anda juga bis menyediakan pelumas rantai untuk finishing.

Langkah Membersihkan Rantai Motor

Setelah semua perlatan lengkap maka langkah selnajutnya adalah mulai membersihkan rantai. Nah, sebelum mulai membersihkan rantai pada motor hal yang perlu pertama Anda lakukan adalah mengetahui jenis rantai motor.

Dengan mengetahui jenis rantai motor, maka Anda dapat mengetahui bagaimana cara membersihkan rantai motor yang cocok. Selanjutnya, Anda harus memposisikan motor dengan jagrak tengah, lalu mengecek keausan mata rantai dan sprocket gear.

Cara mengecek mata rantai dilakukan dengan menggoyangkannya ke kanan dan kiri serta menariknya ke belakang. Disini, Anda bisa memastikan apakah komponen tersebut kendur atau tidak.

Membersihkan Rantai Motor
Membersihkan Rantai Motor (Sumber Gambar: Google)

Nah selanjutnya, mari kita bahas mengenai cara membersihkan rantai motor yang benar. Berikut adalah cara lengkapnya untuk Anda.

Memarkirkan Motor di Tempat Rata

Langkah pertama dalam membersihkan rantai motor adalah dengan memstikan bahwa motor diparkirkan di tempat yang rata. Pastikan jika motor telah diparkirkan di tempat yang rata, hal ini dilakukan agar Anda merasa mudah dan nyaman ketika membersihkannya.

Selain itu pastikan juga Anda menggunakan standar tengah sbeleum memulai membersihkan. Alasan menggunakan standar tengah agar rantai motor dapat diputar dan dibersihkan dengan mudah. Anda juga perlu memberi pelapis di bawah rantai agar permukaan tempat membersihkan lantai tidak kotor.

Mengoleskan Bensin ke Permukaan Rantai

Langkah selanjutnya dalam membersihkan rantai adalah mengoleskan bensin ke permukaan rantai. Caranya adalah tuangkan bensin ke wadah dan oleskan ke rantai motor. Anda dapat menggunakan kuas untuk mengoleskan bensin ke permukaan rantai.

Tujuan dari apengolesan bensin pada rantai motor adalah merontokkan kotoran yang menempel pada bagian rantai dan gear. Ketika melakukan pengolesan bensin, lakukanlah dengan cepat. Hal ini dikarenakan sifat bensin yang mudah menguap.

Membersihkan Rantai Motor
Membersihkan Rantai Motor (Sumber Gambar: Google)

Mempersiapkan Bahan Pembersih dan Air

Langkah selanjutnya dalam membersihkan rantai motor adalah mempersiapkan bahan pembersih dan air. Setelah memastikan seluruh rantai diolesi dengan bensin, maka Anda dapat membiarkannya sesaat sembari Anda menyiapkan bahan pembersih dan air.

Gunakanlah sabun yang telah Anda siapkan sebelumnya, misalnya sabun cuci piring. Sabun cuci piring dapat digunakan karena dengan mudah mampu mengangkat minyak yang menempel. Dengan begitu ketika ada sisa oli yang menempel di permukaan rantai akan dapat dengan mudah di bersihkan.

Mengoleskan Sabun Pembersih ke Bagian Rantai

Langkah selanjutnya dalam membersihkan rantai adalah mengoleskan sabun pembersih ke bagian rantai. Ya, pastikan jika bensin telah benar- benar kering.Jadi setlah sabun siao maka Anda dapat mengolesi rantai dengan bahan pembersih yang telah disiapkan.

Oleskan secara merata ke seluruh agian rantai motor. Anda dapat mengoleskan bagian dalam dan luar rantai menggunakan kuas. Tekan sedikit kuas agar kotoran dapat terangkat oleh kuas. Apabila semua bagian rantai sudah di oleskan dan di sikat, siram dengan menggunakan air bersih sampai benar-benar kinclong.

Pastikan bahwa Anda sudah membersihkannya dimana tidak ada kotoran yang tertinggal di rantai dan sudah dibilas dnegan bersih pada proses ini.

Menunggu Hingga Rantai Kering

Jika sudah dibilas dengan air bersih, maka langkah selanjutnya dalam membrsihkan rantai adalah menunggu rantai kering. Setelah proses pembersihan sudah selesai, maka biarkan rantai dalam keadaan basah dan tunggu sampai rantai mongering.

Caranya adalah dengan membiarkan motor beberapa saat atau bisa juga Anda lap dengan menggunakan kain kering. Jika Anda tidak mau mengelapnya, maka Anda dapat melakukan aktivitas lain sambil menuggu rantai kering.

Membersihkan Rantai Motor
Membersihkan Rantai Motor (Sumber Gambar: Google)

Menyemprotkan Pelumas Rantai

Langkah terakhir dalam membersihkan rantai adalah dengan meyemprotkan pelumas rantai. Bagian ini bisa menjadi opsional, jadi jika tidak ada jangan dipaksakan.

Namun jika ada pelumas rantai, maka pastikan penyemprotan pelumas ini dilakukan dengan melapisi rantai bagian bawah dengan menggunakan kardus atau kain agar pelumas tidak sampai tercecer di lantai.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Mobil Atap Sunroof Terbaru di Indonesia

Itulah langkah- langkah dalam membersihkan rantai motor. Mudah bukan? Lakukan secara rutin, namun apabila musim hujan datang maka lakukan lebih sering. Sebab, saat musim hujan rantai akan mudah kotor.

Jangan samapi kotoran mengerak pada rantai dan mengganggu lanju motor karena rantai bermasalah, ya.

Lia

Menulis pertama kali di orapada dimulai tangga 3 Juni 2020. Fokus penulisannya seputar informasi dunia otomotif. Khususnya Mobil, Motor dan life plus. Termasuk tips dan kiat aplikasi berkendara dalam kehidupan sehari-hari.View Author posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *