Salah satu perawatan untuk mesin mobil agar tetap awet adalah membersihkannya. Ya, membersihkan mesin mobil ternyata dapat mempengaruhi performa mobil tersebut. Sehingga, jangan pernah melewatkan hal ini ya, sobat.

Sebab, meskipun selalu tertutup, ternyata ruang mesin pada mobil juga bisa terpapar oleh debu dan kotoran. Bahkan, membersihkan merupakan perawatan paling sederhana yang harus Anda lakukan untuk mesin mobil.

Seperti yang diketahui bahwa mesin mobil merupakan pusat kinerja dan penggerak dari mobil. Kotoran-kotoran pada mesin mobil dapat menyebabkan karat pada komponen mesin mobil yang dapat merusak mesin mobil dan membahayakan saat mobil dikendarai.

Kerusakan pada mesin mobil juga membutuhkan biaya perbaikan yang tidak murah. Oleh sebab itu sebagai tindakan preventif atau pencegahan, menjaga kebersihan mesin mobil haruslah sangat diperhatikan karena berpengaruh terhadap performa dan kerusakan mesin mobil itu sendiri.

Akibat Malas Membersihkan Mesin Mobil

Ada beberapa dampak jika Anda jaran membersihkan mesin mobil. Ya, selain dampak berkarat pada mesin, masih ada beberapa dampak lainnya, loh. Dampak yang pertama adalah mencegah terhambatnya pelepasan panas pada mesin mobil.

Dampak selanjutnya adalah mencegah resiko terjadinya auas pada komponen mesin yang terbuka. Dampak ketiga adalah dapat meringankan kerja kipas pada radiator. Dampak yang terakhir adalah menjaga kondisi konektor listrik.

Baca Juga: Cara Mengenali Shockbreaker Mobil Rusak

Tentu dari dampak ini akan ada resiko yang diakibatkan. Yang jelas, ujung- ujungnya adalah terganggunya performa mesin mobil Anda.

Perlengkapan Untuk Membersihkan Mesin Mobil

Perlengakapan apa saja yang kita butuhkan untuk membersihkan mesin mobil? Tenang, perlengkapan yang dibutuhkan juga mudah didapatkan. Jadi, hal ini tidak menjadi alasan untuk tidak membersihkan bagian mesin, ya.

Perlengkapan mencuci bagian mobil sedikit berbeda dengan mencuci mobil. Perlengkapan tersebut adalah engine degreaser untuk membersihkan oli yang menempel di mesin, lap plas chamois untuk mengelap kasar pada bagian mesin dan lap microfiber untuk lapisan lembut pada mesin. Semua perlu diperhatikan, mengingat mesin memiliki karakteristik berbeda di tiap bagiannya.

Selain itu, anda juga perlu menyiapkan beberapa peralatan dan perlengkapan seperti, air bersih, selang, ember, sikat, kuas, spons, sabun khusus mobil.

Membersihkan Mesin Mobil
Membersihkan Mesin Mobil (Sumber Gambar: Google)

Tips Membersihkan Mesin Mobil

Berikut telah kami rangkum tips dalam membersihkan meisn mobil dengan mudah dan dengan ara yang benar sehingga mesin mobil awet. Perlu diperhatikan, jangan membersihkan mesin mobil dengan paran sinar matahari langsung. Jadi cari tempat yang teduh sebelum membersihkannya.
Jadi, berikut adalah tips membersihkan mesin mobil. Selamat membaca.

Kondisi Mesin Mobil Dingin

Tips pertama dalam membersihkan mesin mobil adalah dengan memastikan bahwa kondisi mesin meobil dalam keadaan dingin. Apabila mobil baru digunakan, maka Anda dapat menuggu sekitar 30- 45 menit. Pastikan bahwa mesin mobil benar0 benar dalam kondisi dingin.

Bersihkan Debu

Setelah memastikan mesin dingin, Anda dapat memulainya dengan membersikan debu- debu ringan pada mesin. Jika Anda memiliki alat bernama blower, maka hal ini akan semakin memudahkan Anda. Namun jika tidak ada, jangan khawatir.

Anda dapat menggnakan kuas dengan bulu lembut yang membersihkan debu ringan yang menmpel pada permukaan mesin. Mulailah dengan “menyapu” permukaan mesin dengan kuas. Dari yang permukaannya lebar hingga ke sela-sela.

Pada tahap ini Anda tak perlu menggunakan air. Namun, harus diersikan dengan teliti sampai kesela- sela terkecil.

Melepaskan Aki Mobil

Tahap selanjutnya dalam mmebersihkan mesin mobil adalah dengan melepaskan aki mobil. Bagian ini merupakan bagian terpenting dalam membersihkan mesin mobil, loh. Sehingga, Anda perlu hati- hati dalam melakukannya.

Nantinya, dalam tahap ini atau dalam tahap membersihkan mesin disekitaran aki Anda perlu menggunakan air. Itulah, alasan kenapa Anda perlu melepaskan aki mobil. Sebab ketika melepas aki mobil artinya memutus aliran listrik yang ada di mobil.

Cara ini bertujuan menghindari korsleting saat kita membersihkan mesin menggunakan air. Sehingga akan lebih aman untuk Anda ketika membersihkan mesin mobil. Ketika Anda melepas aki mobil maka Anda dapat mengakses bagian bawah tempat penyimpanan aki.

Karena umumnya ada banyak kotoran juga yang bersarang di sana. Setelah dilepas, simpan baik-baik aki di tempat yang aman dan kering. Begitu juga dengan baut-baut atau komponen lainnya yang menempel.

Membersihkan Mesin Mobil
Membersihkan Mesin Mobil (Sumber Gambar: Google)

Membersihkan Bawah Kap Mobil

Selain membersihkan bawah aki, jangan lupa juga untuk membersihkan bagian bawah kap mobil. Lakukan in sebelum membersihkan komponen mesin yang lain. Bagian ini mendapat giliran pertama karena letaknya yang berada di atas. Sehingga, bersih- bersih Anda tidak akan sia- sia.

Dalam membersihkan bagian ini, manfaatkanlah cairan pembersih serbaguna. Bersihkan kotoran-kotoran yang menempel menggunakan sikat atau kuas. Apabila sudah merasa bersih, Anda dapat membilanya. Lalu keringkan dengan lap microfiber atau chamois.

Gunakan Steamer

Agar dalam memebrsihkan meson mobil lebih mudah, maka Ana dapat menggunakan steamer uap. Untuk melakukannya, semprotkan steamer ke bagian yang hendak dibersihkan lalu mulailah proses pembersihan. Uap itu sendiri bermanfaat untuk mengangkat kotoran dengan mudah dan cepat.

Namun tanpa alat tersebut Anda pun tetap bisa melakukan proses pembersihan. Biasannya steamer digunakan untuk membersihkan bagian-bagian yang memiliki permukaan besar.

Membersihkan Mesin Mobil
Membersihkan Mesin Mobil (Sumber Gambar: Google)

Bersihkan Bagian Depan Mobil

Tips selanjutnya dalam memebrsihkan mesi mobil adalah jangan lupa untuk membersihkan bagian depan mobil. Lakukanlah setelah ruang mesin bersih. Untuk melakukan hal ini Anda memang perlu melepas grille depan. Bisa juga tanpa melepasnya, namun area pengerjaan akan cukup sempit.

Mengeringkan Bagian Yang Dibersihkan

Setelah Anda dengan sbaar dan teliti serta memastikan bahwa bagin mesin telah dibersihkan semua, maka langkah dalam membersihkan mesin selanjutnya adalah mengeringkannya. Tahap ini penting untuk menghindari karat muncul pada komponen-komponen mesin.

Baca Juga: Cara Membersihkan Karburator Kendaraan

Tahap ini cukup mudah dilakukan dengan menggunakan lap microfiber atau lap plas chamois. Namun ada baiknya Anda membilas permukaan mesin yang sudah dicuci terlebih dahulu sebelum mengeringkannya.

Memasang Aki

Langkah terakhir adalah memasang kembali aki yang tadi dilepaskan. Ya, proses membersihkan mesin mobil telah selasai. Sehingga, Anda dapat memasnag kembali aki mobil yang dilepas. Telah memasang akin, Anda dapat menyalakan mobil untuk memastikan aki telah terpasang dengan benar.

Itulah proses membersihkan mesin mobil dengan benar. Anda perlu teliti dan sabar dalam membersihkan mesin mobil Anda. Sehingga, tidak ada kotoran yang tertinggal dan merusak mesin nantinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *