Membersihkan karpet mobil, kira- kira berapa kali dalam setahun dibersihkan? Aksesoris mobil yang satu ini sangat mudah kotor, meskipun lokasinya yang berada di bawah jok. Sehingga, harus tetap dibersihkan sebagai bentuk perawatan.

Sehingga, mobil akan tetap nyaman ketika digunakan. Membersihkan karpet mobil sama dengan membersihkan bagian mobil lainnya. Dimana Anda perlu meluangkan waktu untuk membersihkannya. Semakin sering membersihkan karpet mobil, tentu kenyamanan juga dapat semakin terasa.

Sebab, banyak debu ataupun kotoran kecil lainnya yang menempel pada karpet mobil. Terutama pada saat musim hujan, di mana mobil akan sering terkena guyuran air hujan sehingga berpengaruh pada kondisi mobil, baik interior maupun eksteriornya. Pada eksterior mobil sudah jelas jika terkena kotoran atau debu karena memang langsung bersentuhan dengan dunia luar.

Sedangkan interior mobil juga punya kemungkinan cepat kotor karena penumpang yang keluar masuk mobil dengan membawa noda yang bisa mengotori karpet mobil Anda. Walaupun letak karpet mobil cukup tersembunyi di bawah jok, tetap kebersihan pada bagian ini wajib dijaga supaya penumpang tetap nyaman.

Tips Membersihkan Karpet Mobil

Karpet mobil yang tidak di jaga kebersihannya secara rutin akan menyebabkan kotoran yang menimpa menjadi keras sehingga kabin mobil menjadi tidak enak saat dilihat. Semakin lama anda membiarkan noda pada karpet maka akan semakin sulit untuk membersihkannya.

Perlu Anda ketahui bahwa kebersihan karpet mobil juga bisa menjadi salah satu aspek pertimbangan dalam menentukan kisaran harga mobil. Berikut telah kami ulas mengenai cara membersihkan karpet mobil.

Baca Juga: Membersihkan Grill Mobil: Berikut Tahapan Yang Benar

Mengeluarkan Karpet

Tips membersihkan karpet mobil yang pertama adalah dengan mengeluarkan karpet dari dalam mobil. Jangan hanya membersihkan debunya saja, namun keluarkan agar dapat benar- benar dibersihkan. Jadi, keluarkan semua baik karpet yang berada pada kabin bagian depan dan bagian belakang ke sebuah tempat yang terbuka dan lapang.

Tips Membersihkan Karpet Mobil
Tips Membersihkan Karpet Mobil (Sumber Gambar: Google)

Jangan pernah untuk mencoba membersihkan karpet sementara karpet tersebut masih di dalam karena nodanya dapat menyebar ke tempat lain sehingga akan sulit untuk membersihkannya.
Membasahi Karpet

Setelah dikeluarkan maka Anda dapat membasahi karpet tersebut dengan air. Ya, membersihkan karpet mobil dengan menggunakan air bersih, ya. Ratakan pada semua bagian karpet. Usahakan menggunakan air bertekanan tinggi agar noda- noda keras menjadi mudah untuk dibersihkan.

Oleskan Shampoo atau Detergen

Tips membersihkan karpet mobil selanjutnya adalah dengan mengoleskan shampoo atau ditergen. Olesi karpet dengan sabun atau shampo mobil secukupnya. Khususnya di bagian karpet yang terdapat kotoran atau noda. Semakin tebal noda yang menempel di karpet, maka sebaiknya semakin banyak pula sabun yang Anda olesi di tempat noda tersebut.

Perlu diketahui, karpet dasar sebaiknya dibersihkan dengan cara mencuci menggunakan sabun anti bakteri serta air. Bersihkan secara menyeluruh di setiap bagian serta sudut karpet dasar.

Hal tersebut berfungsi untuk menghilangkan debu dan noda yang ada pada karpet dasar. Karpet dasar sebaiknya juga dijemur hingga kondisi kering secara sempurna untuk menghadirkan interior yang nyaman, bersih, serta wangi.

Bersihakan Dengan Sikat

Tips selanjutnya dalam membersihkan karpet mobil adalah dengan menyikatnya. Namun, perhatikan pemilihan jenis sikat yang akan digunaka. Sikat memiliki tekstur bulu yang berbeda. Untuk kendaraan yang memiliki karpet dasar berbahan beludru halus sebaiknya gunakan sikat berbulu halus untuk melindungi lapisan beludru agar tetap halus dan lembut.

Tips Membersihkan Karpet Mobil
Tips Membersihkan Karpet Mobil (Sumber Gambar: Google)

Sementara, untuk jenis beludru kasar gunakan sikat dengan bulu yang lebih padat serta keras untuk memberikan kemudahan dalam mengangkat debu. Tidak hanya itu, sikat juga dapat digunakan untuk menghilangkan noda pada karpet berbahan semi kulit dan karet.

Selain itu, Anda dapat menggunaka sikat yang berbentuk menyerupai kuas yang lebar untuk bagian noda yang mudah untuk dibersihkan serta gunakan sikat yang kuasnya tebal untuk noda yang membandel. Tekanlah dengan sekuat tenaga anda saat menyikat pada bagian karpet yang terdapat noda membandel agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Membilas Dengan Air

Setelah disiram air sabun dan juga disikat, maka Anda dapat membilasnya dengan air bersih. Siramlah air bersih secara merata pada bagian karpet baik sisi atas maupun sisi bawah. Pastikan sabun deterjen dan noda-noda ikut hilang bersama siraman air.

Menjemur Karpet

Tips selanjutnya dalam membersihkan karpet mobil adalah dengan menjemurnya. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menjemur karpet. Pertama, usahakan untuk tidak menjemur karpet dengan paparan sinar matahari secara langsung. Sebab, hal ini dapat berdampak pada warna karpet yang dapat pudar.

Selanjutnya, untuk karpet yang berbahan karet dapat dijemur ditempat yang berangin agar cepat kering. Lalu karpet berbahan beludru bersihkan lagi dengan lap yang basah sebelum dijemur dengan lis pada bagian karpet harus benar-benar kering sebelumdimasukan ke dalam kabin.

Tips Membersihkan Karpet Mobil
Tips Membersihkan Karpet Mobil (Sumber Gambar: Google)

Membersihkan Debu Kabin

Tips membersihkan karpet selanjutnya adalah dengan menggunakan vacum cleaner. Gunakanlah vacum clenar untuk membersihkan bagian dasar kabin dengan vacum cleaner hal ini bertujuan untuk menghilangkan noda pada tempat yang sulit dijangkau.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan vacum cleaner untuk membersihkan karpet. Hampir setiap karpet memiliki serat yang berbeda, seperti pada bahan beludru dan PVC. Untuk mempermudah perawatan karpet dasar, sebaiknya gunakan vacuum cleaner.

Lakukan Pembersihan Secara Berkala

Cara membersihkan karpet mobil yang terakhir adalah dengan membersihkan karpet secara berkala Paling tidak Anda dapat membersihkannya setiap dua minggu sekali. Hal ini bertujuan menjaga kondisi karpet agar tetap terjaga.

Baca Juga: Rekomendasi Aksesoris Interior Mobil Yang Penting

Itulah tips membersihkan karpet mobil. Ada tips juga untuk membilih bahan karpet mobil. Gunakan karpet yang flexible khusus untuk bagasi. Khusus untuk bagasi anda dapat melapisi bagian ini dengan karpet yang mudah untuk dilepas agar mudah ketika akan dilepas saat anda akan mencuci dan membersihkan karpet lagi.

Sebab, apabila kondisi karpet bersih, udara segar tanpa debu bisa didapatkan pengendara dan penumpang. Setiap mobil biasanya sudah dilengkapi dengan karpet dasar. Berperan sebagai pelapis antara pelat dasar kendaraan dengan ruang kabin, bahan yang digunakan biasanya beludru kasar.

Editted by orapada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *