Bagi kendaraan keluaran terbaru, mungkin tidak lagi menggunakan karburator. Namun, bagi Anda yang menggunakan kendaraan keluaran lama membersihkan karburator kendaraan menjadi hal yang perlu dilakukan.

Ya, sebab karburator memiliki peranan yang penting pada kendaraan Anda. Sebab, karburator mempunyai fungsi sebagai tempat pembakaran antara udara, percikan api dari busi dan juga bahan bakar.

Karburator sendiri sudah dikenal sejak tahun 1980an dan digunakan secara massal untuk semua jenis mobil. Perannya sangat besar untuk kendaraan dan dibutuhkan perawatan berkala agar setiap komponen karburator mobil dapat bekerja dengan baik.

Salah satu perawatan yang dapat di lakukan adalah membersihkan karburator kendaraan Anda. Sebab, akan ada masalah ketika karburator kendaraan Anda kotor. Masalah yang ditimbulkan apabila karburator sudah kotor adalah mobil akan mengalami gangguan, seperti mobil yang susah dinyalakan.

Baca Juga: Apa Penyebab Mobil Bergetar Pada RPM Rendah?

Efek Jarang Membersihkan Karburator Kendaraan

Untuk membersihkan karburator ini sebenarnya sangatlah mudah bagi orang yang sudah mengetahuinya. Namun meski terbilang mudah kita juga harus memperhatikan langkah-langakah yang benar agar tidak terjadi kesalahan yang berakibat fatal.

Akan ada beberapa efek yang ditimbulkan akibat jarang membersihkan karburator kendaraan. Efek tersebut seperti kotoran akan menyumbat main jet dan pilot jet dan otomatis performa akan berkurang karena aliran bensin akan tersumbat.

Hal ini karena tersumbatnya lubang kecil pada main jet dan needle jet akan berpengaruh pada aliran bahan bakar terganggu dan Port idle tersumbat, biasanya pengaruh pada putaran stasioner yang tidak stabil (cek screw idle adjusting/baut putaran angin).

Sehingga hal ini jelas akan memengaruhi kinerja motor, seperti mesin terasa ‘brebet’ bahkan bisa menyebabkan mesin mati.

Membersihkan Karburator Kendaraan
Membersihkan Karburator Kendaraan (Sumber Gambar: Google)

Peralatan Untuk Membersihkan Karburator Kendaraan

Sebelum memasuk cara membersihkan karburator kendaraan, maka ada beberapa peralatan yang dapat Anda persiapkan. Peralatan ersebut adalah obeng plus dan mines, kunci 10, 12 dan 14.
Selain itu Anda juga membutuhkan tang serta carburator cleaner untuk menyeprot bagian-bagian lubang yang tersumbat karena kotoran.

Nantinya dengan menyeprotkan carburator cleaner pada setiap sudut bagian karburator kemungkinan besar kotoran-kotoran yang mampet pada setiap lubang akan hilang sehingga karburator akan menjadi semakin bersih dan asaupan bahan bakar pun akan menjadi lebih maksimal.

Itulah peralatan yang Anda butuhkan jika akan membersihkan karburator kendaraan di rumah. Ya, sebab membersihkan karburator kendaraan dapat kita lakukan sedniri dirumah, loh.

Cara Membersihkan Karburator Kendaraan

Selanjutnya adalah cara membersihkan karburator kendaraan itu sendir. Tenang, caranya juga tidak kalah mudah dengan menemukan peralatan untuk membersihkannya, loh. Berikut telah kami rangkumkan cara membersihkan karburator kendaraan. Sehingga, Anda dapat membersihkannya sediri di rumah.

Membuka Rumah Filter Udara

Setelah semua peralatan siap, maka langkah selanjutnya dalah membersihkan karburator kendaraan adalah membersihkan filter udara terlebih dahulu. Llau bagaimana caranya?

Caranya adalah dengan melepaskan filetr udara beserta filternya yang terpasang pada lubang karburator. Lalu jika sudah Anda dapat membersihkannya dengan semburan angin kompresor, bila terbuat dari busa bisa dicuci dan biarkan kering sendiri.

Pada langkah ini Anda membutuhkan kunci 10 dan 12 untuk melepaskan baut dan mur yang ada disekitar rumah filter. Untuk mengendurkan baud yang ada di rumah filter sebaiknya anda berhati-hati karena bisa memberikan efek yang tidak baik, sperti baud patah ataupun bisa juga slek.

Hal ini tentu saja akan menjadi masalah karena dengan baud yang slek maupun patah akan membuat semakin susahnya melepaskan baud tersebut.

Membersihkan Karburator Kendaraan
Membersihkan Karburator Kendaraan (Sumber Gambar: Google)

Membuka Bagian Baut Drain

Langkah selanjutnya dalam membersihkan karburator kendaraan adalah membuka bagian baut drain. Baut drain sendiri merupakan baut yang berada pada bagian depan body karburator, dan berperan sebagai baut penutup.

Untuk membuka bagian baut drain ini Anda dapat menggunakan kunci pas yang berukuran sekitar 14 mm. Sehingga alat ini akan mempermudah membuka baut ini.

Setelah baut berhasil dicopot, langkah selanjutnya adalah menyemprot semua bagian tersebut sekaligus baut drain tadi dengan menggunakan carburator cleaner. Saat melakukan penyemprotan, pastikan bahwa tidak ada kotoran yang tersisa pada sela-sela karburator.

Atur Setelan Angin yang Masuk ke Dalam Karburator

Setelah membersihkan semua dalam karburator, maka Anda perlu memasang kembali baut pada karburator. Setelah itu Anda perlu menyetel angin yang masuk ke dalam karburator, sehingga langsam.

Apa itu langsam? Langsam atau idle merupakan kondisi di mana mesin hidup tetapi belum beroperasi. Anda bisa memutar putaran angin sekitar 1.5 putaran. Kemudian tutup dengan menggunakan telapak tangan beberapa kali, agar berbagai kotoran yang tersisa pada karburator bisa dikeluarkan.

Dengan begitu bagian posisi langsam pun bisa Anda dapatkan dan bagian setelan angin juga terbebas dari kotoran dan debu yang menempel.

Membersihkan Karburator Kendaraan
Membersihkan Karburator Kendaraan (Sumber Gambar: Google)

Semprot Menggunakan Carburator Cleaner

Cara selanjutnya dalam membersihkan karburator kendaraan Anda adalah menyemprotkan karburator dengan menggunakan carburator cleaner. Perlakukan ini mungkin akan membuat putaran mesin turun atau bahkan mati.

Setelah itu Anda bisa membuka skep gas dan menghidupkan mesin kembali. Cara membersihkan karburator mobil pun bisa Anda akhiri apabila keadaan karburasi sudah bersih.

Setelah keadaan karburasi bersih, sebaiknya setel angin kembali untuk mendapatkan putaran mesin yang stabil. Setiap komponen mobil memang memiliki perannya masing masing, termasuk juga karburator.

Baca Juga: Cara Mengenali Shockbreaker Mobil Rusak

Itulah langkah- langkah dalam membersihkan karburator kendaraan Anda. Jangan lupa, setlah bersih Anda dapat memasang kembali spuyer- spuyer tersebut. Dalam measangnya, Anda dapat menggunakan obeng spuyer dan pengecangannya jangan terlalu keras, cukup gunakan dua jari pada ujung obeng.

Sebelum dipasang komponen-komponen karburator sebaiknya Anda jangan lupa untuk mengatur tinggi pelampung bensin dengan menggunakan jangka sorong atau sigmat. Dan terakhir rakit kembali karburator yang tadi dilepas, filter udara kembali dipasangkan.

Lalu nyalakan mesin dan setel kondisi langsam mesin dengan cara setel spuyer angin-angin dengan cara memutar searah jarum jam hingga mentok, lalu putar balik beberapa putaran sesuai dengan standar mesin mobil Anda.

Nah, itulah langkah dalam membersihkan karburator kendaraan. Jadi, jangan sampai lupa untuk membersihkan karburator mobil. Sebeleum memepengaruhi performa mobil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *