Membersihkan Kaca Mobil – Kaca mobil mungkin merupakan bagian mobil yang paling jarang mendapatkan perhatian. Padahal, sama seperti komponen mobil yang lain, kaca pada mobil juga perlu dirawat. Sehingga, tidak akan mengganggu saat Anda berkendara.

Kaca mobil yang tidak dirawat bukan hanya akan menimbulkan baret namun juga jamur dapat tumbuh pada bagian mobil yang satu ini. Untuk itu, pemilik mobil harus membersihkan kaca agar tidak baret dan tumbuh jamur.

Beberapa alasan mengapa mobil kaca dapat baret adalah karet wiper yang sudah getas, kotoran yang tersangkut di antara bilah karet wiper, hempasan batu kerikil ketika berkendara, goresan cutter saat pemasangan kaca film, atau saat instalasi kaca power window. Sedangkan alasan mengapa dapat timbul lapisan jamur di kaca mobil adalah banyak disebabkan oleh bercak sisa air bercampur debu dan sisa gas buang kendaraan lain.

Membersihkan KacaMobil

Selain perlu membersihkan kaca mobil secara rutin, Anda juga tidak dapat sembarangan dalam membersihkan kaca mobil. Berikut adalah tips yang dapat Anda lakukan untuk membersihkan mobil.

Gunakan Pembersih Khusus

Melakukan secara rutin dalam membersihkan kaca adalah hal yang paling mudah dilakukan untuk menjaga kaca mobil. Minimal 1 minggu sekali, tapi kalau intensitas hujan tinggi, Anda perlu mempercepat hingga 2 hari sekali tergantung kondisi mobil. Namun, kita tidak dapat sembarangan dalam membersihkan kaca mobil, terutama saat mencucinya.

Hampir sama dengan mencuci bagian tubuh mobil, mencuci kaca mobil juga tidak dianjurkan menggunakan sembarangan sabun. Banyak yang menggunakan detergen untuk membersihkan kaca mobil mereka. Padahal, mencuci kaca mobil menggunakan detergen harusnya dihindarai. Sebab, kandungan pada deterjen justru bisa merusak lapisan kaca mobil.

Jadi, tidak semua produk pembersih dapat digunakan untuk membersihkan kaca mobil. Gunakanlah pembersih khusus kaca agar tidak menimbulkan noda dan goresan. Semprotkan sediki produk pembersih tersebut pada permukaan kaca. Lalu mulailah membersihannya dengan spons lembap yang digerakkan ke satu arah. Jangan menekan kaca terlalu kuat ketika membersihkannya. Menggosok dengan lembut sudah lebih dari cukup untuk mengembalikan kilau kaca mobil Anda.

Jangan biarkan air mengering di kaca mobil karena itu akan menimbulkan bercak yang sulit dihilangkan dan berpotensi membuat kaca mobil berjamur. Apabila mobil Anda baru saja terkena air hujan, maka segera keringkanlah. Sebab, air hujan yang menempel pada permukaan kaca mobil juga rentan membuat kaca mobil jadi kusam. Jangan sampai ada air hujan yang menempel lama dan mengganggu kejernihan kaca mobil Anda. Keringkan dengan kain lap micro fiber yang bersih.

Memperhatikan Karet Wiper

Wiper mobil juga dapat mempengaruhi kebersihan kaca mobil. Terutama kaca mobil bagian depan. Jadi, untuk membersihkan kaca mobil, Anda juga perlu memastikan kebersihan wiper. Sebab, Karet wiper yang kotor akan membuat seluruh kaca depan mobil ikut kotor. Itulah sebabnya Anda harus membersihkan sela-sela wiper mobil secara telaten. Anda harus lebih sering melakukannya ketika musim hujan. Karena Anda pasti sering mengaktifkan wiper saat mengendarai mobil di musim hujan.

Selain memperhatikan kebersihan pada karet wiper, Anda juga perlu memastikan bahwa karet wiper tidak mengeras. Sebab, karet wiper cukup rentan menjadi keras dan getas akibat suhu panas yang tinggi ataupun usia pakai. Untuk menghindari hal tersebut ada baiknya saat siang hari menegakkan tiang wiper agar karet tidak menyentuh permukaan kaca. Jangan lupa setiap sebulan sekali cek kondisi wiper apakah masih lentur atau tidak, termasuk membersihkan permukaan karet wiper menggunakan kain.

Membersihkan Kaca Mobil (Sumber Gambar: Google)
Membersihkan Kaca Mobil (Sumber Gambar: Google)

Apabila karet wiper yang sudah getas harus segera diganti dengan yang baru. Supaya penggunaan wiper tidak menimbulkan goresan pada kaca mobil. Alangkah lebih baik bila Anda selalu memarkir mobil di tempat teduh. Supaya karet wiper tidak terkena sinar matahari berlebihan dan tidak cepat menjadi getas.

Selain itu, gunakan cairan wiper khusus kaca mobil. Pemakaian air untuk wiper reservoir sebenarnya sudah cukup Dengan catatan udara di jalanan bersih, tidak mengandung minyak atau polusi lain. Tapi kondisi sekarang sangat banyak polusi, sehingga begitu wiper disapukan masih tersisa lapisan minyak tipis.

Melakukan Poles Kaca Mobil

Tips membersihkan kaca mobil selanjutnya adalah melakukan treatment poles kaca mobil. Treatment poles kaca mobil dapat menghilangkan noda jamur yang menempel sekaligus baret yang bersifat minor. Hanya saja treatment seperti ini perlu dilakukan di workshop car care, tidak bisa dilakukan secara mandiri.

Memasang Kaca Film

Memasang kaca film adalah salah satu cara terbaik untuk merawat kaca mobil. Kaca film sangat efektif meminimalkan cahaya silau yang masuk ke mobil. Di samping itu, lapisan kaca film juga akan melindungi kaca asli mobil. Sehingga risiko kaca mobil berjamur atau tergores dapat diminimalkan. Usahakan untuk memasang kaca film yang tidak terlalu gelap agar tidak membatasi jarak pandang Anda saat mengendarai mobil.

Baca Juga: Merawat AC Mobil Agar Tetap Menghasilkan Suhu Dingin Maksimal

Menyingkirkan Jamur pada Kaca

Jamur pada kaca mobil memang harus segera diatasi agar tidak mengganggu jarak pandang dan penampilan mobil. Ternyata cara mengatasinya cukup mudah dan bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Tuangkan air soda pada bagian kaca yang ditempeli jamur. Lalu gosoklah permukaan kaca tersebut dengan spons secara perlahan-lahan. Lakukan cara tersebut sampai jamur benar-benar hilang dan kaca mobil kembali jernih seperti semula.

Saat ini memang banyak obat antijamur kaca di pasaran. Namun pastikan kamu membeli produk yang tepat. Sebab, salah memilih produk, bisa-bisa bukan jamurnya yang hilang, melainkan kaca mobil depanmu yang menjadi buram.

Untuk menghindari kaca mobil berjamur, hindari mobil dari paparan sinar matahari langsung saat diparkir. Selain bisa membuat kaca menjadi buram, panas sinar matahari juga bisa menyebabkan karet-karet jendela mobil menjadi rusak.

Baca Juga: Menghilangkan Bau Apek Pada Kabin Mobil: 3 Tips & Triks Sederhana

Itulah cara merawat kaca mobil agar tetap kinclong. Jangan biarkan air mengering sendiri dan selalu cek kondisi wiper. Selain itu, anda tidak boleh membiarkan kaca mobil terlalu kotor dalam waktu lama.

Bila ada kotoran pada kaca mobil, segera bersihkan dengan air mengalir dan spons yang lembut. Sehingga kotoran tersebut tidak melekat kuat dan masih bisa dibersihkan secara mudah. Setelah kotoran lepas, keringkan permukaan kaca hingga tuntas agar tidak ada sisa-sisa air yang menempel pada kaca.

Pastikan membersihkan kaca mobil dengan sabun khusus. Sama dengan merawat bagian mobil yang lain, merawat kaca mobil juga perlu kerajinan pemilik kendaraan. Mengingat semua cara merawat kaca mobil dapat dilakukan sendiri di rumah. Sehingga, hal ini tidak akan mengurusa kantong Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *