Cara Membersihkan Kaca Lampu Mobil Agar Kembali Kinclong!

Ternyata tidak hanya kac jendel mobil yang harus kita bersihkan agar tetap kinclong, namun juga kaca lampu mobil tidak bole terlewat saat membersihkannya. Membersihkan kaca lampu mobil harus diperlakukan sama dengan kaca jendela mobil.

Mengingat fungsi lampu sangatlah penting. Apalagi jika perjalanan malam hari, lampu sangatlah Anda butuhkan. Lalu, apa hubungannya dengan kaca lampu mobil? Apabila kaca lampu mobil Anda buram maka hal ini dapat merubah warna lamu mobil, loh.

Selain itu, cahaya yang dipancarkan juga dapat menjadi kurang terang, loh. Hal ini tentu akan mengganggu Anda dan parahnya lagi hal ini dapat mengganggu pegendara lainnya. Maka dari itu, membersihkan kaca lampu harus Anda lakukan.

Cara Membersihkan Kaca Lampu Mobil

Artikel kali ini akan memberi tahu Anda mengenai tips dalam memebrsihkan kaca lampu mobil agar kembali kinclong. Ya, jika kaca mobil kinclong mobil juga akan tampak bersih dan tidak kelihatan kucel buka?

Membersihkan Kaca Lampu Mobil
Membersihkan Kaca Lampu Mobil (Sumber Gambar: Google)

Mengingat kaca lampu yang sudah lama juga dapat baret dan warnanya pudar. Perubahan warna yang terjadi pada kaca lampu mobil dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti penggunaan lampu mobil dengan watt tinggi sehingga menimbulkan panas yang berlebih, faktor cuaca, jamur kaca, goresan dan tentunya usia yang sudah cukup lama.

Faktor-faktor tersebut menjadi penyebab utama menurunnya performa lampu depan dalam memberikan cahaya ketika berkendara. Mika lampu mobil yang sudah kurang optimal ini dapat dibersihkan dengan cara membawanya ke bengkel salon perawatan mobil.

Baca Juga: Tips Agar Mobil Tetap Prima Usai Tempuh Perjalanan Jauh

Namun harga yang ditawarkan cukup mahal, sehingga jika Anda ingin sedikit mengeluarkan tenaga ekstra dan waktu yang cukup luang bisa saja membersihkan-nya sendiri dengan peralatan sederhana.

Walaupun hasilnya tidak akan semaksimal jika dibawa ke bengkel, namun alat sederhana ini mampu memberikan hasil yang cukup untuk membersihkan mika lampu depan mobil yang sudah usang.
Nah, berikut adalah tips dalam membersihkan kaca lampu mobil. Selamat membaca!

Mencuci Lampu Mobil

Cara membersihkan kaca lampu mobil yang pertama adalah dengan mencucui lampu mobil Anda. Cuci bagian lampu depan dan belakang mobil Anda dengan menggunakan sabun. Cuci dengan bersih menggunakan sabun cuci mobil yang telah Anda siapkan.

Pencucian lampu dilakukan agar kotoran-kotoran yang membandel terangkat sehingga tahap pembersihan selanjutnya maksimal. Setelah Anda pastikan mencucui dengan bersih. Langkah selanjutnya adalah mengeringkannya. Anda dapat mengeringkan bagian lampu dengan kanebo.

Perlu diperhatikan untuk mengeringkan lampu dengan optimal. Hal ini agar tidak ada lagi bagian yang basah. Pencucian ini sengaja dilakukan sebagai tahap awal untuk mengangkat kotoran yang masih berada di kaca lampu mobil. Tentu saja supaya proses selanjutnya bisa berdampak maksimal.

Membersihkan Kaca Lampu Mobil
Membersihkan Kaca Lampu Mobil (Sumber Gambar: Google)

Meracik Ramuan

Cara membersihkan kaca lampu mobil yang selanjutnya adalah dengan meracik ramuan untuk membersihkan mika lampu mobil. Caranya adalah dengan mencampurkan bensin dan sabun cuci piring. Bensin? Ya mungkin Anda bingung kenapa menggunakan bensin.

Jadi, bensin ini apat digunakan untuk membersihkan mika lampu mobil. Dapat dikatakan bahwa inilah rahasia dari ramuan untuk membersihkan kaca lampu mobil. Caranya adalah dengan mencampurkan pertamax atau pertalite yang kamu sudah siapkan dengan sabun cuci piring.

Dalam mencampurkannya, Anda membutuhkan rasio yang tepat. Untuk rasio perbandingan sabun cuci piring dengan bensin 60:40 atau 70:30. Jika sudah meracik obat tersebut, mulailah mengamplas dengan amplas 2000 sambil mencelup amplas tersebut ke dalam campuran bensin dengan sabun cuci tersebut.

Apabila Anda merasa sudah cukup bersih, maka langkah selnajutnya adalah membersihkan lampu dengan air. Setelah itu Anda dapat mulai mengganti dengan amplas 1500.

Jika mika lampu masih dirasa sangat buram, gunakan amplas 2000, lakukan hal tersebut sampai Anda merasa bersih. Setelah Anda merasa sudah cukup maka Anda dapat mengeringkannya. Keringkan tahap ini dengan menggunakan kanebo juga.

Mengoleskan Compound atau Odol

Cara membersihkan kaca lampu mobil yang selanjutnya adalah dengan mengoleskan compound atau odol. Oleskan odol secara merata pada permukaan mika kaca lampu mobil. Jika ingin hasil maksimal, sebaiknya gunakan compound.

Sebab compound sendiri merupakan bahan yang bersifat mengikis. Jadi ketika ada baret atau lecet akan lebih tertutupi. Cara menggosoknya pun harus secara perlahan searah jarum jam atau berlawanan.

Kalau masih ada baret yang terlihat, maka Anda dapat menggunakan amplas 1500. Caranya adalah dnegan merendam amplas ke dalam campuran air dan cairan alkohol. Saat melakukan hal ini Anda perlu hati-hat. Ya, jangan sampai cairan alkohol terkena bodi mobil. Sebab, cairan tersebut dapat merusak cat mobil. Jadi, berhati- hati, ya.

Membersihkan Kaca Lampu Mobil
Membersihkan Kaca Lampu Mobil (Sumber Gambar: Google)

Membersihkan Mika Menguning

Cara membersihkan kaca lampu mobil yang selanjutnya adalah membersihkan mika yang buram karena menguning. Jadi kaca atau mika lampu mobil yang jarang dibersihkan dengan baik dapat buran lalu akan menguning.

Nah, untuk permasalahan dapat diatasi dengan menggunakan compound atau pasta gigi. Untuk pasta gigi sendiri, Anda tinggal mengoleskannya ke bagian yang sudah menguning atau buram. Setelah itu gosok dengan lap chamois atau kain microfiber.

Lakukan langkah ini beberapa kali hingga benar-benar bersih. Jika sudah, tinggal dibasahkan dengan air lalu keringkan. Anda dapat membersihkannya menggunakan lap, kanebo atau microfiber.

Nah apabila Anda menggunakan compound maka Anda perlu memperhatikan cara menggosoknya. Jadi, cara menggosok yang baik dan benar ketika akan membersihkan kaca lampu depan menggunakan compound adalah dengan menggosok secara perlahan searah jarum jam atau berlawanan dengan jarum jam.

Baca Juga: Mengganti Karet Wiper, Begini Cara Mudahnya!

Jika Sahabat terlalu menekan ketika membersihkannya, lapisan mika lampu depan sudah dipastikan menjadi tipis. Jangan lupa untuk mengelap compound atau odol dengan lap microfiber yang memiliki permukaan halus sehingga tidak meninggalkan bekas goresan atau lecet.

Itulah cara membersihkan kaca lampu mobil yang perlu Anda lakukan secara rutin. Jika sudah melakukan tahapan-tahapan di atas, coba untuk menyalakan lampu mobil dan sorotkan lampu tersebut ke arah tembok untuk memastikan bahwa lampu utama mobil kamu berfungsi dengan maksimal, apabila dirasa belum memberikan cahaya yang baik ulangi langkah-langkah diatas.

Lia

Menulis pertama kali di orapada dimulai tangga 3 Juni 2020. Fokus penulisannya seputar informasi dunia otomotif. Khususnya Mobil, Motor dan life plus. Termasuk tips dan kiat aplikasi berkendara dalam kehidupan sehari-hari.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published.