Membersihkan Jok Mobil – Membersihkan mobil tidak melulu mengenai mencuci mobil. Namun juga harus membersihkan interior mobil tersebut. Bukan hanya tubuh mobil yang dapat terkena debu, namun bagian dalam mobil juga tidak luput dari debu.

Untuk itu, Anda juga harus memperhatikan kebersihan bagian dalam mobil. Hal ini termasuk kebersihan jok mobil. Mungkin jok mobil hanya kita duduki dalam keseharian. Namun, justru jok mobil yang paling sering berdebu. Sehingga, mau tidak mau Anda pun harus sering membersihkan jok mobil agar nyaman untuk di duduki saat perjalanan.

Jok mobil sendiri terbuat dari berbagai bahan dasar. Ada yang menggunakan bahan kulit ada yang menggunakan bahan kain ataupun ahan tenun. Tentu saja berbeda jenis bahan yang digunakan untuk jok mobil, maka berbeda pula cara membersihkan jok mobil.

Membersihkan jok mobil tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal. Lakukanlah secara teratur. Berikut adaah cara membersihkan jok mobil yang dapat Anda praktikan sendiri di rumah.

Membersihkan Jok Mobil: Bahan Vinil

membersihkan jok mobil

Pertama adalah jok berbahan vinil. Bahan vinil merupakan jenis bahan jok yang mudah dibersihkan. Cara yang paling mudah untuk membersihkan jok dengan bahan ini adalah dengan menggunakan pembersih kaca. Namun, baking soda dan air juga dapat digunakan untuk membersihakn jok mobil dengan bahan vinil.

Jika menggunakan pembersih kaca, caranya adalah dengan menyemprotkan pembersih kaca pada bagian jok yang terkena noda dan kemudian lap menggunakan kain lembut. Bersihkan noda secara satu persatu agar pembersih kaca tidak meleleh dan menetes ke lantai.

Namun jika anda menggunakan baking sodan dan air, cara yang pertama adalah menyampurkan kedua bahan tersebut. Lalu, Anda dapat menggosokkan pada bagian jok yang terkena noda satu persatu. Sebagai pembilas, gunakan sabun lembut dan air. Lap jok hingga kering dengan menggunakan kain lembut, Anda juga dapat membersihkannya dengan menggunakan sikat gigi. Di bagian dudukan jok biasanya terdapat banyak kotoran dan debu yang tidak dapat dicapai. Anda dapat menggunakan sikat gigi untuk membersihkan pada bagian yang sulit dibersihkan.

Yang paling penting yang harus anda ingat adalah jangan menggunakan pembersih berbahan dasar minyak untuk membersihkan jok vinil. Pembersih berbasis minyak akan mengeraskan jok vinil mobil Anda.

Membersihkan Jok Mobil: Bahan Kain

Selanjutnya adalah jok dengan bahan kain. Pertama Anda membutuhkan vacuum cleaner. Detergen cair, ember, handuk, dan busa spons. Jika bahan dan alat sudah siap, maka pertama adalah Anda dapat membersihkan debu terlebih dahulu. Bersihkan debu dan kotoran pada jok dengan menggunakan mesin vacuum cleaner. Kemudian, isi ember dengan air hangat lalu tuangkan detergen cair kedalamnya. Setelah itu, rendam spons di dalam ember dan gosok secara perlahan ke jok mobil.

Dalam menggosok jok menggunakan spons ini, usahakan agar jok tidak terlalu basah dan hindari pemakaian jok berukuran besar. Hal ini supaya jok lebih cepat kering. Selesai menggosok jok mobil hingga bersih, usap menggunakan handuk yang telah dibasahi terlebih dahulu. Langkah terakhir ini dilakukan guna menghilangkan residu dari deterjen cair.

Hal yang perlu diingat saat membersihkan kotoran pada jok mobil berbahan kain adalah harus melakukannya secara berulang. Menghilangkan kotoran pada jok berbahan kain memang tidaklah mudah. Oleh karena itu, Carmudian harus melakukannya secara berulang. Dengan begitu, kotorannya bisa hilang secara total.

Membersihkan Jok Mobil: Bahan Tenun

Selanjutnya adalah cara membersihkan jok untuk bahan tenun. Anda dapat membersihkannya menggunakan cairan khusus ataupun membuat cairan sendiri. Jika membuat cairan sendiri maka ada dua cara.

Pertama yaitu dengan mencampurkan air dengan cairan pencuci piring ke dalam ember. Kemudian, masukkan ke dalam botol penyemprot bekas yang sudah tidak terpakai. Setelah itu, semprotkan cairan tersebut ke jok mobil dengan radius 15-20 cm dari jok, dan gosok permukaan jok menggunakan sikat berbulu halus. Lalu, bilas bagian jok yang terkena noda dengan lap bersih yang terlebih dahulu direndam di air hangat. Untuk hasil maksimal, lakukan pembilasan ini sesering mungkin. Untuk mengeringkan jok, Anda bisa menggunakan kain berserat.

Cara yang kedua adalah menggunakan sabun batangan. Parut sabun batang dan campurkan dengan dua sendok boraks. Lalu, aduk rata dan tambahkan dua cangkir air hangat secara bersamaan. Anda juga bisa menambahkan wewangian semacam lavender ke dalam campuran bahan tadi agar nantinya jok memiliki aroma harum.

Baca Juga: Merawat Setir Mobil Agar Awat dan Tidak Kusam

Setelah dingin, aduk cairan hingga berbusa dan usapkan busa tersebut ke seluruh bagian jok. Setelah itu, sikat dengan menggunakan sikat berbulu halus. Bilas menggunakan lap bersih dan air hangat. Pastikan setiap satu per satu bagian sudah bebas dari noda dan kotoran sebelum pindah ke bagian jok yang lainnya.

Membersihkan Jok Mobil: Bahan Kulit

membersihkan jok mobil

Terakhir adalah cara membersihkan jok dengan bahan kulit. Membersihkan jok berbahan kulit diperlukan alat khusus untuk membersihkannya. Sebab, jok kulit membutuhkan perawatan yang lebih hati-hati jika dibandingkan dengan jok berbahan tenun atau vinil.

Sebaiknya gunakan pembersih dan kondisioner khusus untuk bahan kulit. Perlu diketahui bahwa bahan kulit akan bereaksi terhadap panas. Sehingga akan lebih baik jika dibersikan dalam lingkungan yang hangat.

Jika tinggal di daerah berhawa panas, maka tidak perlu menyalakan pemanas. Namun bila anda tinggal didaerah dingin, sebaiknya nyalakan pemanas selama beberapa menit sebelum akan membersihkan jok mobil. Hal ini berfungsi untuk menghangatkan mobil.

Untuk masalah noda, lakukan pra perawatan menggunakan kondisioner. Oleskan pembersih khusus pada noda yang ada pada jok lalu gosok perlahan. Biarkan mendingin selama beberapa saat lalu lap bekas pembersih noda tersebut. Hal yang perlu diperhatikan lainnya adalah lap yang anda gunakan. Lalu, gunakan lap lembut untuk menggosokan pembersih ke jok. Fokus pada satu bagian setiap kalinya. Kemudian bilas pembersih dengan air bersih.

Setelah jok sudah dalam kondisi yang bersih, pastikan agar kering maksimal sebelum akan digunakan kondisioner. Walaupun bahan kulit dapat menepis air namun tentunya tidak akan menahan kondisioner dalam kondisi basah. Fungsi kondisioner disini akan mempuat jok berbahan kulit terasa mulus dan mengkilap. Lebih baik menggunakan kondisioner khusus jok kulit yang berbahan dasar air dengan pH normal. Kondisioner berbahan minyak akan cenderung menempel di bahan kulit dan berpindah ke pakaian anda.

Baca Juga: Mobil Toyota Kijang Innova: Kelebihan dan Kekurangan

Itulah beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk membersihkan jok mobil. Cara diaas tentu dapat Anda lakukan sendiri dirumah. Tapi tetap berhati- hati dan teliti saat membersihkan jok. Jangan samapi merusak bahan dari jok tersebut. Hal yang terpenting adalah bersihkan jok mobil secara teratur dan hindari ekgiatan yang dapat menimbulkan noda atau bertambahnya debu pada jok mobil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *