Membersihkan grill mobil – Fungsi dari Grill mobil adalah untuk melindungi komponen mesin. Dimana letak grill berada dibagian depan mobil. Kehadiran grill akan menambah nilai dan daya tarik secara visual. Yang akan memberikan efek mobil semakin terlihat gagah.

Grill juga merupakan bagian yang mudah kotor,loh. Hal ini disebabkan karena letaknya yang berda di bagian depan. Dimana kotoran seperti debu, air hujan dapat meumpuk pada bagian ini dan mengakibatkan mobil kurang menarik. Tidak hanya itu saja, flek yang timbul setelah mencuci mobil juga dapat mengotori grill.

Kotoran tersebut dapat membuat grill lekas berjamur bahkan berkarat jika tidak dibersihkan dalam waktu lama. Sehingga, mau tidak mau bagian mobil yang satu ini harus sering dibersihkan. Namun sayangnya, beberapa pemilik mobil kerap tidak menyadari bahwa bagian yang satu ini mudah kotor.

Selain itu, beberapa pemilik mobil yang juga tidak tahu bagaimana cara membersihkan grill mobil dengan benar. Padahal, membersihkan grill secara rutin itu penting. Sebab apabila dibiarkan maka dapat memberikan efek warna grill lebih cepat kusam. Membersihkan grill Mobil memang diperlukan supaya tampilannya lebih menarik dan tetap kinclong.

Berikut adalah tips membersihkan grill mobil dengan peralatan yang sangat mudah.

Membersihkan Grill Mobil: Peralatan & Bahan

Sebelum mulai membersihkan tentu kita harus mempersiapkan alat & bahannya. Namun, tidak perlu khawatir. Sebab, alat 7 bahan yang diperlukan sangatlah mudah ditemukan. Adapun bahan yang digunakan untuk membersihkan grill mobil adalah kain katun.

Perhatikan bahan kain yang akan digunakan agar tidak menimbulkan baret.Peralatan & bahan yang lain adalah sikat gigi, kuas, shampo Mobil dan wax. Sediakanlah peralatan dan bahan yang dibutuhkan supaya dalam melakukan pembersihan bisa dilakukan dengan lancar.

Baca Juga: Mengenal Jenis Sparepart Mobil Dan Manfaat Servis

Membersihkan Grill Mobil: Tahapan Membersihkannya

Setelah bahan & peralatan telah siap semuanya, maka Anda sudah dapat memulai membersihkannya. Jangan lupa untuk menyiapkan air bersih untuk membersihkan. Setelah itu Anda dapat langsung mulai membersihkan grill mobil.

Membersihkan Grill Mobil
Membersihkan Grill Mobil (Sumber Gambar: Google)

Tahap Membersihkan

Dalam membersihkan grill mobil yang akan kita bahas pertama adalah langkah- langkah dalam pembersihan. Ada tigalahkah atau tahapan dalam membersihakan grill mobil. Tahap pertama adalah mengencerkan shampo mobil.

Seperti halnya dengan mengencerkan sampo pada umumnya, tinggal tambahkan air agar lebih merata. Sampo harus diencerkan dengan air. Hanya saja, komposisinya tentu berbeda. Mencampur sampo dan air dengan komposisi 1;3 merupakan cara membersihkan grill mobil yang efisien. Nantinya, cairan sampo ini bisa untuk mengangkat debu yang menempel di grill mobil.

Fungsi cairan pembersihan adalah untuk mengangkat segala noda dan kotoran yang menempel pada grill mobil Toyota-mu dan juga jamur-jamur yang mungkin bersemayam di sana. Setelah itu masuk ketahap dua dalam membersihkan. Yaitu menggosok bagian grill.

Setelah shampo larut dan berbusa, maka selanjutnya adalah mengoleskan larutan sabun ke bagian grill mobil menggunakan kuas yang telah disediakan. Kuaslah bagian grill secara merata dan pastikan jangan sampai ada noda yang tertinggal.

Apabila memang ada bagian yang dirasa membandel, oleskan kembali sampo di bagian tersebut. Diamkan sejenak supaya noda terangkat lalu gosok dengan perlahan. Pastikan semua bagian grill tidak terlewat ya.
Setelah itu Anda dapat menggosoknya menggunakan sikat gigi. Gosok dengan baik.

Tidak perlu terlalu kencang karena bisa menggores grill. Ya, dengan menggunakan sikat gigi atau kain katun kotoran pada grill dapat dibersihkan dengan maksimal tanpa menimbulkan lecet pada permukaan grill itu sendiri.

Cara Membersihkan Grill Mobil
Cara Membersihkan Grill Mobil (Sumber Gambar: Google)

Setelah memastikan telah menyikat semua bagian grill dan kotoran telah diangkat, maka langkah ketiga adalah mengeringkan bekas shampo. Gunakanlah lap berbahan katun yang bersih dan basah untuk mengangkat sisa-sisa cairan sabun. Pastikan bagian grill yang telah dibersihkan kering dengan maksimal.

Lap hingga bersih dan pastikan tidak ada bagian yang terlupakan sehingga semuanya terlihat bersih tanpa meninggalkan bekas sampo atau gosokan sikat ya. Pemilihan kain berbahan katun ini tentu saja bukan tanpa alasan. Bahan katun adalah bahan yang lembut dan mampu menyerap cairan dengan baik. Ketika grill mobil dilap dengan kain berbahan katun akan aman tanpa memungkinkan ada goresan ketika mengelapnya. Bekas sampo juga akan terangkat dengan baik.

Tahap Memoleskan Wax

Setelah membersihkan grill mobil, maka tahap selanjutnya adalah memoleskan wax. Sehingga, tidak hanya membersihkan grill mobil namun juga kembali kinclog. Setelah grill mobil bersih sempurna maka selanjutnya Anda dapat mengoleskan wax pada grill. Oleskan wax yang memang khusus untuk grill. Tujuannya adalah untuk mempertajam tampilan bagian grill dengan baik, sekaligus menguatkan nilai estetika dari mobil itu sendiri.

Cara Membersihkan Grill Mobil
Cara Membersihkan Grill Mobil (Sumber Gambar: Google)

Selain itu grill akan lebih kinclong, terlihat seperti baru, dan juga menjadikan grill mobil tidak mudah terkena kotoran. Dengan mengoleskan wax, baret-baret halus pada bagian grill juga dapat tersamarkan. Wax berfungsi untuk membuat bagian grill lebih mengilap. Dengan begini, grill akan tambah lebih kinclong dan mobil terlihat lebih gagah sekaligus cantik.

Baca Juga: Rekomendasi Merek Cover Mobil Berkualitas

Itulah tips mudah dalam membersihkan grill mobil. Selain itu, dengan dengan rajin membersihkan maka Anda juga telah melakukan perawatn untuk grill mobil Anda. Sehigga grill mobil tetap terlihat bersih, kinclong, dan sedap dipandang. Jadi. angan lupa untuk membersihkan dan merawat grill mobil secara rutin.

Perlu diingat juga, jika grill mobil baru saja terkena air hujan maka segera siram grill tersebut menggunakan air bersih. Air hujan dapat menimbulkan flek pada grill dan bagian mobil lainnya sehingga perlu selalu memperhatikan hal-hal sederhana seperti ini.

Tidak dapat dipungkiri, jika grill merupakan salah satu faktor penting dari mobil. Terlepas dari fungsinya sebagai pelindung komponen mesin, kehadiran grill akan menambah nilai dan daya tarik secara visual sehingga membuat mobil terlihat lebih gagah.

Luangkanlah waktu untuk merawat grill mobil. Sebab merawat grill dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Tentu saja dengan alat dan bahan yang sederhana dan mudah ditemukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *