Filter udara motor merupakan komponen yang tidak hanya perlu mendapatkan perawatan, namun juga perlu dijaga juga kebersihannya. Membersihkan filter udara motor dapat Anda lakukan sendiri dirumah. Namun, dengan catatan bahwa Anda sudah paham mengenai filter udara motor.

Filter ini memiliki fungsi yang cukup berguna bagi sebuah kendaraan. Tugasnya adalah menyaring udara yang masuk ke dalam dapur pacu untuk membantu proses pembakaran. Sehingga, membersihkan filter udara motor sangat penting.

Sebab, ketika Anda jarang membersihkan filter udara motor tidak pernah dibersihkan, maka kotoran dan debu dapat menempel bahkan menjadi kerak pada filter. Dimana kotoran yang menempel di bagian tersebut akan membuat proses pembakaran terhambat. Maka dari itu, Anda juga harus sering memperhatikan kebersihan dari komponen yang satu ini.

Membersihkan filter udara motor harus dilakukan secara berkala. Namun dapat disesuaikan dengan aktivitas motor Anda. Misalkan motor Anda sering dikendarai untuk melewati daerah yang banyak debu yang dipastikan akan menjadikan filter udaranya cepat kotor. Sehingga pembersihan rutin pun perlu dilakukan.

Lalu bagimana cara membersihkan filter udara mobil? Berikut adalah ualsan lengkapnya untuk Anda.

Peralatan Membersihkan Filter Udara Motor

Sebelum membersihkan filter udara motor sebaiknya Anda menyiapkan terlebih dahulu peralatannya. Peralatan yang diperlukan mulai dari obeng dan peralatan bengkel lain yang biasa digunakan untuk mencopot komponen pada motor. Ini tentu tergantung dari masing-masing jenis motor.

Jika motor Anda adalah motor matic, maka filter ini bisa dengan mudah dibuka karena terletak di bagian samping. Sedangkan untuk motor bebek atau motor sport, Anda memerlukan usaha ekstra membukanya karena letaknya yang terselip.

Baca Juga: Mengenal Komponen Kaki Mobil & Fungsinya

Cara Membersihkan Filter Udara Motor

Untuk membersihkan filter udara motor, Anda perlu mengenali terlebih dahulu tipe dari filter motor Anda. Sebab berbeda tipe filter maka akan berbeda pula cara membersihkannya. Ya, langkah awalnya sama dimana Anda harus membuka tutup filter terlebih dahulu.

Membersihkan Filter Udara Motor
Membersihkan Filter Udara Motor (Sumber Gambar: Google)

Lepaskan baut yang ada di sekitarnya menggunakan obeng yang sesuai dengan kebutuhan. Jika sudah terbuka, keluarkan filter tersebut dari dalam. Kemudian Anda bisa membersihkannya sesuai dengan tipe filter yang digunakan pada motor Anda.

Filter Udara Kering

Pertama kita akan membahasa cara membersihkan filter udara motor untuk tipe filter kering. Cara membersihkan saringan udara motor tipe kering ini sobat hanya perlu menyemprotnya dengan angin bertekanan tinggi atau kompresor dan diarahkan pada setiap sela-sela filter.

Untuk yang memiliki filter dengan tipe kertas kering, Anda bisa menggunakan alat pembersih debu. Perlu diingat juga bahwa untuk membersihkannya, semprot bagian filter dari arah berlawanan dengan arah udara masuk.

Untuk tipe ini disarankan untuk tidak membersihkannya dengan menggunakan bensin atau dicuci memakai sabun karena jika cara membersihkan filter udara motor tipe kering salah langkah, maka akan membuat filter ini justru menjadi mudah rusak.

Membersihkan Filter Udara Motor
Membersihkan Filter Udara Motor (Sumber Gambar: Google)

Filter Udara Basah

Selanjutnya adalah cara membersihkan filter udara motor tipe basah. Sebenarnya, tipe ini memiliki kemiripan material pembuatnya dengan filter kering. Dimana sama-sama menggunakan material dari kertas.

Namun dalam urusan membersihkannya, kedua filter ini jelas memeiliki perbedaan cara. Dimana filter basah membutuhkan treatment khusus karena tipe filter basah ini mengandung pelumas khusus yang fungsinya menangkap kotoran atau debu dan melindungi ruang bakar mesin secara lebih maksimal.

Jadi, jika filter udara kering disarankan menggunakan pembersih debu. Maka filter tipe ini berbeda. Dimana untuk yang menggunakan filter basah, Anda tidak boleh membersihkannya dengan pembersih debu tersebut karena dapat membuatnya kering.

Perlu diketahui jika filter udara basah ini tidak boleh dicuci atau dibersihkan dengan menggunakan kuas maupun sikat berbulu kasara karena dikhawatirkan jika dicuci dengan air atau pompa angin bertekanan tinggi justru akan menghilangkan pelumas yang ada pada permukaan filter udara motor tipe basah ini.

Sebagai gantinya, Anda bisa membersihkan filter basah yang kotor dengan menggosoknya menggunakan sikat gigi. Pastikan Anda tidak menggosoknya terlalu kasar ya karena dapat merusak kondisi filter tersebut.

Namun jika Anda khawatir akan merusakanya, maka Anda dapat memebrsihkannya dengan memukul-mukulnya secara ringan atau dengan dilap secara tipis dan perlahan. Namun, sangat menyarankan, apabila filter udara tipe basah ini kondisi kotoran atau debu yang menempel sudah sangat tebal maka segera diganti dengan yang baru saja.

Filter Udara Spoon Atau Busa

Terakhir adalah cara membersihkan filter udara motor tipe spoon atau busa. Cara membersihkan filter udara motor jenis ini memang cukup intensif. Sebab jika filter ini sudah tak berfungsi yaitu bisa dilihat dari permukaan spoon yang sudah mulai rusak atau tak rata dan banyak lubang.

Selain itu, apabila kondisi busa atau spoon filter ini sudah kotor dan tidak bisa dibersihkan lagi maka Anda harus segera menggantinya dengan filter udara yang baru. Untuk merawat filter udara motor jenis spoon ini pun juga dikenal cukup mudah di mana Anda dapat menyemprotnya menggunakan angin bertekanan tinggi atau kompresor.

Bahkan, cara merawat filter udara motor jenis spoon/busa ini Untuk cara membersihkannya Anda dapat melakukkanya dengan merendam spons tersebut dengan bensin. Jika sudah, keringkan dengan langkah diperas namun jangan dipelintir agar spoon tak mudah rusak.

Membersihkan Filter Udara Motor
Membersihkan Filter Udara Motor (Sumber Gambar: Google)

Akan lebih bagus, setelah kering sobat bisa melumasi atau melumurinya dengan sedikit oli secara merata supaya kotoran atau debu mudah ditangkap dan disaring menggunakan filter ini.

Itulah cara membersihkan filter udara motor sesuai tipe filternya. Jika sudah dibersihkan filternya maka langkah selnajutnya adalah mengembalikan semuanya seprti semula. Ya, setelah berhasil dibersihkan, Anda hanya perlu memasangnya kembali ke tempat semula.

Baca Juga: Tips Membeli Mobil Klasik: 6 Hal Yang Perlu Diperhatikan

Pastikan sekrup yang terpasang sudah kencang, ya. Jangan sampai, sekrup yang kendur malah jadi masalah di masa mendatang.

Ya. Membersihkan filter udara motorpun selesai. Bagaimana, mudah bukan? Ya, itulah cara membersihkan filter udara motor. Pertma yang harus dilakukan adalah mengenali dulu jenis filter udara pada motor Anda.

Setelah itu Anda dapat membersihkannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *