Membeli Mobil Listrik di Tahun 2022: Hal Yag Harus Diperhatikan!

Saat ini mobil listrik mulai mendapatkan perhatian dan peminatnya. Dimana dnegan menawarkan berbagai keunggulan, mobil ini layak untuk dipetimbangakan bagi Anda yang ingin membeli mobil di tahun ini.

Meskipun, biasanya masih ragu dengan pengisian dayanya. Ya, meskipun sedang booming namun bagi Anda jika ingin membeli mobil listrik di tahun 2022 ini, ada beberapa hal yang harus dipertimbangakan.

Laykanya membeli mobil konvensional, saat membeli mobil listrik Anda juga akan dihadapkan dnegan banyak pilihan. Untuk itu Anda perlu memprtimbangakn beberapa hal. Sehingga, nantinya Anda tidak hanya mendapatkan mobil impian, namun juga mobil yang sesuai dnegan kebutuhan.

Tips Membeli Mobil Listrik di Tahun 2022

Saat ini ada banyak mobil listrik yang menggairahkan pasar dan pencinta otomotif. Mislanya adalah mobil keluaran Tesla, Chevrolet, dan Nissan. Opsi kendaraan ini menawarkan suara mesin lebih senyap dan tentunya menjaga kelestarian lingkungan.

Meskipun lebih mahal dibanding mobil konvensional namun mobil berbasis listrik menawarkan beberapa keuntungan, seperti ramah lingkungan, pajak lebih murah, serta irit biaya perawatan dan konsumsi energi.

Nah, bagi Anda yangs ednag ingin membeli mobil di tahun ini dan tertarik dnegan mobil listrik maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Baca Juga: Rekomendasi Mobil Listrik di Indonesia

Untuk itu, artikel kali ini akan memberikan tips mengenai hal- hal yang harus diperhatikan ketika akan membeli mobil listrik di tahun 2022 ini. Apa saja ya kira- kira hal- hal yang harus diperhatikan sebelum memebli mobil listrik di tahun 2022.

Baca sampai selesai, ya!

Membeli Sesuai Kebutuhan

Hal yang harus diperhatikan pertama kali ketika akan membeli mobil listrik ditahun 2022 ini adalah membeli mobil yang sesuai dengan kebutuhan. Sama seperti sebelum membeli mobil konvensional, sebelum membeli mobil listrik tentu harus menyesuaikan dengan kebutuhan atau faktor.

Tips Membeli Mobil Listrik di Tahun 2022
Tips Membeli Mobil Listrik di Tahun 2022 (Sumber Gambar: Google)

Jadi ada baiknya sebelum membeli kendaraan listrik, Anda harus memahami apa tujuanmu membeli mobil baru. Hal ini penting agar Anda dapat memanfaatkan kendaraan yang dimiliki dengan sebaik-baiknya dan tidak merasa repot dalam proses perawatannya.

Jangan sampai kamu hanya sekadar membelinya dengan harga mahal saja, namun jarang digunakan. Sebab kinerja mobil tidak akan maksimal lagi, bahkan berujung kerusakan jika jarang digunakan. Mislanya memperhatikan kebutuhan adalah daya tempuhnya.

Kendaraan listrik dapat digunakan baik untuk jarak dekat maupun jarak jauh. Namun sekali lagi, itu tergantung dari berapa kilometer yang dapat mobil listrik lewati dalam satu kali pengisian daya.

Apabila Anda ingin membeli mobil listrik Anda harus mengecek berapa kilometer yang dapat dijangkau olehnya dalam satu kali pengisian daya. Jangan sampai Anda membeli kendaraan listrik yang jangkauan kilometernya pendek, padahal penggunaannya untuk bepergian ke luar kota. Anda akan merasa kerepotan untuk mencari tempat pengisian daya.

Kapasitas Baterai

Hal yang harus diperhatikan selanjutnya ketika akan membeli mobil listrik ditahun 2022 ini adalah kapasitas baterainya.Jadi perlu diketahui bahwa semakin besar kapasitas baterai mobil listrik, maka semakin jauh juga jarak tempuhnya. Harga yang dibanderol pun akan semakin mahal.

Mobil listrik yang beredar di Indonesia saat ini memiliki kapasitas baterai paling kecil sebesar 20kWh. Kapasitas tersebut mampu menjelajah hingga 180 Kilometer (km). Sedangkan kapasitas baterai terbesarnya menempati angka 100 kWh dengan daya jelajah maksimal sampai 500 km.

Nah, pasti hal ini akan berhubungan dengan berapa pengisian daya berlangsung. Anda juga harus memastikan hal yang satu ini. Sebab setiap kendaraan listrik memiliki waktu pengisian daya yang berbeda-beda.

Jadi, jangan lupa pastikan kedua hal ini ya untuk masalah baterai mobil, sebab akan berhubungan dengan pengisian daya.

Tips Membeli Mobil Listrik di Tahun 2022
Tips Membeli Mobil Listrik di Tahun 2022 (Sumber Gambar: Google)

Mengetahui Cara Perawatannya

Mengetahui cara perawatannya juga merupakan hal yang harus Anda ketahui sebelum membeli mobil listrik di tahun 2022 ini. Sebab, keberadaan mobil listrik masih belum banyak. Sehingga, kita harus memastikan bagimana perawatannya.

Karena pastinya perawatan kendaraan listrik mempunyai banyak perbedaan dengan kendaraan konvensional. Meskipun secara umum perawatan kendaraan listrik lebih mudah dan lebih terjangkau dibandingkan perawatan kendaraan konvensional.

Sehingga, buat Anda yang sibuk, kendaraan semacam lebih mudahkan. Perbedaan perwatan misalnya terletak pada produk pelumas atau oli, sistem perawatan, serta jangka waktunya. Perlu diperhatikan pula agar jangan sampai kendaraan listrik overcharged supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Perawatan baterai juga wajib untuk dipahami. Karena, inilah nyawa utama dari kendaraan listrik Anda.

Ketersediaan SPKLU

Hal yang juga harus diperhatikan ketika akan membeli mobil listrik di tahun 2022 yang selanjutnya adalah menegnai ketersediaan SPKLU. Ya, meskipun mobil ini semakin populer, namun faktanya belum banyak tempat yang meyediakan SPKUL. Apalagi untuk kota di daerah.

Jadi, pengisian ulang daya baterai mobil listrik tidak perlu dilakukan di sembarang tempat. Bahkan, beberapa jenis mobil listrik harus mengisi ulang daya di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

Hal itu bertujuan agar tegangan listrik yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan, sehingga mesin mobil gak gampang rusak.

Jadi, Anda dapatmemilih mobil listrik yang SPKLU-nya hadir di dekat tempat tinggal Anda. Cara ini juga mampu memudahkan Anda dalam mencari tempat mengisi daya.

Tips Membeli Mobil Listrik di Tahun 2022
Tips Membeli Mobil Listrik di Tahun 2022 (Sumber Gambar: Google)

Pertimbangkan Garansi Baterai

Hal yang juga harus diperhatikan ketika akan membeli mobil listrik di tahun 2022 yang terakhir adalah pertimbangakn garansi baterai. Ya, sebab baterai akan jadi komponen utama agar mobil ini dapat melaju.

Selain itu, apabila baterainya rusak maka akan mahal biaya perbaikannya. Jadi, jangan lupa juga untuk memperhatikan garansi baterai mobil listrik. Kamu bisa mengajukan klaim garansi, apabila baterai mengalami masalah sewaktu-waktu.

Baca Juga: Yuk Rawat Baterai Mobil Listrik Agar Awet!

Itulah hal- hal yang harus diperhatikan ketika akan membeli mobil listrik di tahun 2022 ini. Pastikan Anda juga paham mengenai cara pengoperasiannya, cara mengisi daya baterai yang benar, dan tentu saja cara perawatan lainnya.

Jadi, apakah Anda tertarik membeli mobil listrik?

Lia

Menulis pertama kali di orapada dimulai tangga 3 Juni 2020. Fokus penulisannya seputar informasi dunia otomotif. Khususnya Mobil, Motor dan life plus. Termasuk tips dan kiat aplikasi berkendara dalam kehidupan sehari-hari.

All Post | Website

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *