Saat ini banyak sekali orang yang tertarik untuk membeli mobil klasik. Ya, bahkan sebagian orang menjadikan kegiatan membeli mobil klasik sebagi hobi. Apakah Anda salah satunya?

Jika, Anda adalah orang awan yanag ini membeli mobil klasik maka ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum membeli mobil klasik. Sehingga, Anda akan mendapatkan hasil yang puas setelah membeli mobil klasik.

Tips Membeli Mobil Klasik

Mobil klasik memang belakangan ini kembali populer, terutama di kalangan pencita otomotif. Dalam kasus apapun, membeli mobil klasik untuk alasan spekulatif ibaratnya seperti membeli lukisan yang indah lalu menyimpannya dalam lemari besi.

Mobil yang dirancang untuk bergerak, dan kondisinya dapat memburuk jika mereka tidak digunakan. Mengemudi mobil klasik dan menjaga mobil tersebut dalam keadaan fit adalah kesenangan utama dari memiliki mobil klasik.

Sehingga Anda tidak dapat sembarangan membeli mobil klasik. Ya, Anda ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan dan lakukan sebelum memiliki mobil klasik agar tidak sia-sia dalam membeli.

Jangan sampai, kantong justru jebol karena mobil memakan biaya banyak untuk perawatan dan lain sebagainya. Untuk itu, sebelum meminang mobil antik idaman, ada baiknya memperhatikan beberapa tips berikut.

Membeli Mobil Klasik
Membeli Mobil Klasik (Sumber Gambar: Google)

Berikut adalah ulasan mengenai tips membeli mobil klasik mengenai hal- hal yang harus diperhatikan. Selamat menyimak.

Menentukan Tujuan Utama Membeli

Sebelum membeli mobil klasik, alangkah baiknya jika Anda mengetahui tujuan membeli mobil klasik tersebut. Dapat dikatakan tujuan Anda kedepannya mengani untuk apa mobil klasik dibeli. Apakah untuk koleksi atau untuk kegiatans sehari- hari.

Pada dasarnya, mobil klasik memang ada yang hanya dibeli untuk investasi, karena pabrikan membuat model atau tipe tertentu saja.

Selain itu, ada juga mobil klasik dimiliki karena hobi. Biasanya mobil akan digunakan ketika event atau waktu tertentu. Sedangkan untuk harian, mungkin Anda lebih perlu melakukan berbagai perawatan.

Tujuan awal Anda tersebut akan sangat mempengaruhi banyak hal, mulai dari pilihan mobil hingga budget. Pikirkan dengan matang atau banyak-banyak berkonsultasi dengan pelaku atau kolektor mobil klasik.

Sebab banyak orang awam yang masih bingung dengan kegiatan apa yang cocok dilakukan dengan mobil klasik impian mereka.

Sebelum membeli mobil antik, tentukan jenis mobil apa yang yang Anda inginkan. Namun, yang tak kalah penting adalah kegiatan apa yang ingin Anda banyak lakukan dengan mobil antik tersebut.

Baca Juga: Lakukan Hal ini Sebelum Meninggalkan Motor Dalam Waktu Lama!

Berhati- Hati Dalam Memilih Mobil

Bersabarlah ketika akan memutuskan membeli mobil klasik. Sebab, Anda harus hati- hati sebelum membelinya. Sebab ini mobil klasik, maka akan lebih banyak hal- hal yang harus diperikasa.

Terutama masalah komponen. Mobil yang menggunakan komponen yang orisinal memiliki performa yang cukup prima. Dalam hal mobil klasik, orisinalitas komponen menjadi hal penting yang harus diperhatikan sebelum membeli karena nantinya akan berdampak pada pengeluaran untuk membeli komponen ketika terjadi kerusakan atau ketika servis rutin.

Membeli Mobil Klasik
Membeli Mobil Klasik (Sumber Gambar: Google)

Penggunaan komponen yang bukan orisinal atau yang tidak direkomendsikan dikhawatirkan akan membuat biaya perawatan membengkak untuk memperbaiki bagian yang rusak akibat yang ditimbulkan dari pemakaian komponen yang tidak direkomendasikan.

Selain itu, setiap mobil juga memiliki karakter dan tingkat kesulitan tersendiri dalam merawat atau berburu suku cadangnya. Dan perlu diingat pula, tak semua mobil klasik layak untuk dijadikan investasi.

Menentukan Anggaran

Dikarenakan ini mobil klasik, tentu sebelum membelinya Anda telah mengetahui bahwa harganya akan selangit, bukan? Meskipun begitu, Anda tetap harus mengaggarakan berapa maksimal uang yang akan Anda keluarkan untuk membeli mobil tersebut.

Hal ini penting, sebab mungkin ada juga angaran untuk hal tak terduga. Jadi, selalu siapkan dana tak terduga untuk servis atau rekondisi. Jika dana masih mepet atau belum tersedia, sebaiknya jangan memaksa. Jangan sampai hobi baru Anda ini memberatkan finansial Anda. Bersabar selalu menjadi pilihan bijak dalam berburu mobil klasik atau retro.

Bergabung Dengan Komunitas

Ada baiknya jika sebelum membeli mobil klasik Anda dapat bergabung dengan komunitas yang sama- sama menyukai mobil klasik. Ada banyak keuntungan dalam bergabung dalam komunitas.

Selain dapat konsultasi, umumnya komunitas juga menawarkan banyak hal, mulai dari sharing tips dan trik hingga jual beli mobil atau komponen. Untuk itu, jangan ragu untuk bergabung dengan komunitas, bahkan sebelum Anda membeli mobil klasik atau retro.

Selain itu, keuntungn lain ketika bergabung dengan komunitas adalah pemilik mobil klasik biasanya menjual dengan harga yang realistis bila menjual ke sesama anggota klub. Selain itu Anda juga dapat mengetahui riwayat mobil lebih jelas dari sang pemilik sebelumnya ketika membeli mobil klasik tersebut. Kenalan dari anggota klub juga bisa membantu Anda bila kesulitan dalam mencari suku cadang atau membeli mobil antik yang sulit dicari.

Membeli Mobil Klasik
Membeli Mobil Klasik (Sumber Gambar: Google)

Test Drive

Sama hal nya dengan membeli mobil bekas, Anda juga bisa melakukan test drive sebelum membeli mobil klasik. Walupun Anda sudah memastikan kondisi komponen, dengan melakukan test drive Anda dapat mengetahui kondisi langsung dari mobil yang akan Anda beli dengan mencobanya sendiri.

Performa dan masalah yang muncul pada mobil bisa Anda ketahui lebih awal sehingga Anda terhindar dari masalah yang bisa saja muncul setelah membeli mobil antik tersebut.

Baca Juga: Aplikasi Smartphone yang Bermanfaat Bagi Pemilik Mobil

Menggunakan Asuransi

Seperti halnya mobil keluaran terkini, mobil klasik juga membutuhkan asuransi untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan ketika digunakan selama perjalanan. Terkadang asuransi menerapkan sistem covering mobil antik berdasarkan jarak tempuh.

Itulah tips sebelum membeli mobil klasik yang harus Anda perhatikan. Apa pun yang Anda impikan dari mobil klasik idaman, luangkan waktu Anda untuk mencari tahu dan tahan godaan untuk membeli mobil pertama yang Anda lihat. Bila Anda sabar mencari dan menunggu maka Anda akan mendapatkan mobil klasik impian anda yang sangat bernilai.

Pastikan dengan teliti dan sabar sebelum membeli. Sehingga, mobil klasik yang Anda beli benar- benar sesuai dengan yang Anda inginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *