Membeli mobil bekas mungkin menjadi salah satu pilihan bagi Anda yang membutuhkan mobil namun anggaran terbatas. Selain itu, saat ini banyak tempat yang menjual mobil bekas dengan kwalitas yang bagus.

Namun, kalian tetap harus berhati-hati jika ingin membeli mobil bekas. Ada hal-hal yang harus benar-benar Anda perhatikan sebelum menentukan mobil bekas yang akan dibeli. Jangan sampai niat Anda untuk mendapatkan mobil dengan harga yang lebih murah malah gagal karena salah memilih.

Komponen mobil bekas tentu tidak seperti mobil baru yang bisa dibilang masih prima. Tidak menutup kemungkinan pula, biaya perawatan pasca pembelian yang dikeluarkan mencapai setengah atau melebihi harga pembelian mobil. Tentu, hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi Anda dalam memilih mobil baru.

Namun, tidak perlu khawatir jika Anda akan membeli mobil bekas. Sebab, kami telah merangkum tips membeli mobil bekas secara tepat dan tidak menguras kantong. Berikut adalah ulasan lengkapnya.

Membeli Mobil Bekas: Riwayat Servis

Salah satu tips yang akan kami bagikan dalam membeli mobil bekas adalah dengan memperhatikan riwayat servis. Sebab, riwayat servis dapat mencerminkan bagaiman pemilik sebelumnya merawat mobilnya. Dari buku servis kita dapat mengetahui apakah mobil dirawat secara rutin, tentunya akan memiliki performa dan kondisi yang lebih prima.

Apabila memungkinkan, pilih mobil yang selalu servis di bengkel resmi, sehingga Anda juga bisa memastikan keaslian odometer mobil incaran Anda. Jadi jangan lupa untuk menanyakan catatan servis dan juga melihat cacatatn riwayat servis mobil bekas yang akan di beli.

Sebab, hal ini akan berhubungan dengan biaya perawatan yang akan Anda keluarkan kedepannya. Sehingga, Anda perlu memastikan bagaimana kondisi mobil sebelumnya lewat catatan servis.

Membeli Mobil Bekas
Membeli Mobil Bekas (Sumber Gambar: Google)

Membeli Mobil Bekas: Kelengkapan Dokumen

Tips lainnya dalam membeli sebuah mobil bekas adalah memastikan dokumen mobil tersebut lengkap. Periksalah kelengkapan surat kendaraan, seperti STNK, BPKB dan Faktur. Jika mobil yang ingin Anda beli adalah mobil built-up, tanyakan Form A mobil tersebut.

Cocokkan juga nomor rangka dan nomor mesin mobil, pastikan fisik mobil sesuai dengan surat-surat. Anda wajib memastikan bahwa mobil yang akan Anda beli memiliki BPKB dan STNK dengan nama asli pemiliknya. Selain itu, lihatlah apakah mobil tersebut tidak telat dalm membayr pajak.

Sebab, banyak mobil bekas yang dijual murah lantaran telat pajak. Bagaimana jika ada denda pajak dan juga biaya perbaikan yang muncul? Infomasi untuk Anda bahwa perhitungan denda pajak kendaraan bermotor adalah Denda PKB = Biaya PKB x 25% x n/12. Huruf ?n? menunjukkan jumlah bulan keterlambatan. Anda bisa menghitung denda berdasarkan bulan keterlambatan itu.

Baca Juga: Nyetir Mobil Matik di Tanjakan? Simak 4 Tipsnya Agar Aman

Membeli Mobil Bekas: Kondisi Mesin

Tips selanjutnya ketika akan membeli mobil dengan kondisi tidak baru adalah mengecek bagian mesin. Jika, Anda tidak mengerti mengenai mesin mobil, Anda dapat membawa teman atau ahli mesin mobil untuk membantu Anda mengecek mesin mobil.

Kualitas mesin mobil akan lebih terasa saat Anda mengendarainya langsung di jalan raya. Maka itu, mintalah untuk melakukan test drive pada penjual mobil tersebut. Selain memeriksa performa mesin, rem, transmisi dan kaki mobil, ini juga saatnya menguji kenyamanan berkendara mobil tersebut.

Membeli Mobil Bekas
Membeli Mobil Bekas (Sumber Gambar: Google)

Selain itu cobalah untuk membuka kap mesin untuk memeriksa kondisi mesin mobil. Ini merupakan bagian penting dari proses pemeriksaan. Mobil harus mudah di-starter, kemudian pastikan suara mesin tidak kasar dan perhatikan apakah ada kebocoran pada komponen mesin.

Membeli Mobil Bekas: Periksa Bodi Mobil

Tips selanjutnya adalah memeriksa body mobil. Tidak hanya untuk memeriksa apakah body mobil penyok atau ada goresan, namun pastikan komponen seperti pintu, kap mesin dan juga kaca mobil, masih orisinil atau tidak.

Selain itu perhatikan juga kondisi cat mobil, terkadang cat mobil menjadi belang dikarenakan perbaikan yang tidak rapi. Karena bodi mobil merupakan struktur rangka utama mobil, maka pastikan bahwa tidak ada bekas yang mengindikasikan bahwa mobil tersebut pernah mengalami kecelakaan atau tabrakan sebelumnya. Sehingga, mobil pasih tetap prima.

Membeli Mobil Bekas: Memeriksa Interior & Aksesoris

Selain memastikan mesin dan bodi monil, Anda juga harus melakukan cek pada bagian interior mobil serta aksesoris yang terpasang di mobil. Ada banyak komponen interior yang perlu dicek fungsi nya seperti AC, sistem audio, dan switch lampu. Anda harus pastikan semua fitur bekerja dengan baik, terutama fitur keamanan seperti sabuk pengaman.

Setelah itu, teliti kondisi interior mobil. Cek apakah mobil ada indikasi pernah terkena banjir atau tidak. Cek pula bagian apakah ada bagian interior atau aksesoris yang telah dimodifikasi.

Membeli Mobil Bekas: Jangan Tergiur Harga Murah

Meskipun niat kita mmebeli mobil bekas untuk mndapatkan harga yang lebih murah, namun kita harus tetap waspada ketika harga mobil terlalu murah. Jangan mudah untuk tergiur dengan mobil yang memiliki harga sangat murah. Jadi, jelilah memeriksa kondisi mobil ketika harga mobil sangat murah.

Hal ini dikarenakan banyak mobil bekas kecelakaan dan banjir yang dijual kembali dengan harga murah. Selain itu, penjual juga kadang memasang harga murah hanya untuk memancing supaya pembeli datang ke showroom nya untuk ditawarkan mobil yang lain.

Membeli Mobil Bekas
Membeli Mobil Bekas (Sumber Gambar: Google)

Membeli Mobil Bekas: Teliti dan Jangan Terburu-Buru

Tips terakhir dalam membeli sebuah mobil bekas adalah teliti dan jangan buru-buru. Jika dibolehkan lakukanlah test drive sebelum Anda mantap membeli mobil tersebut. Sehingga, Anda dapat memastikan dengan betul kondisi mobil.
Bandingkan semua pilihan yang ada, dan jangan terburu-buru.

Gunakan tips memilih mobil bekas berkualitas di atas, teliti dalam memeriksa kondisi mobil dan kelengkapan surat, maka Anda akan terhindar dari kerugian karena membeli mobil bekas bermasalah. Anda harus benar-benar cermat sebelum melakukan transaksi.

Baca Juga: 5 Tips Agar Nyaman Mengemudi Bagi Ibu Hamil

Ya, itulah tips dalam memebli mobil bekas yang dapat Anda jadikan acuan sebelum memutuskan membelinya. Walaupun Anda mengetahui mengenai dunia permobilan, ada baiknya jika Anda membawa teman yang sama-sama ahli juga ketika melhat mobil bekas yang akan dibeli.

Sehingga, nantinya Anda dapat menerima masukan mengenai mobil tersebut. Apakah mobil tersebut layak dibeli atau tidak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *