Skip to content

Membeli Mobil Baru: Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum

Membeli mobil baru tentu menjadi hal yang mendebarkan dan memusingkan. Mendebarkan karena akhirnya dapat membeli mobil dan memusingkan karena banyaknya pilihan dipasaran. Apalagi jika mobil baru yang akan dibeli merupakan mobil pertama.

Nah, perlu diketahui bahwa ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli mobil baru. Ya, tidak hanya saat membeli mobil bekas yang memerlukan pertimbangan. Saat membeli mobil baru Anda juga perlu mempertimbangkan beberapa hal, sehingga tidak hanya termakan promosi dan juga sesuai dengan yang Anda harapkan.

Mengingat, biasanya ketika Anda akan membeli mobil akan ditawarkan mobil keluaran terbaru dengan berbagai macam promosi yang ditawarkan.

Membeli Mobil Baru

Artikel kali ini akan membehas hal yang harus diperhatikan sebelum membeli mobil baru. Sehingga, mobil yang dibeli akan sesuai dengan apa yang Anda inginkan dan juga yang paling penting adalah sesuai dengan budget yang Anda miliki.

Membeli Mobil Baru
Membeli Mobil Baru (Sumber Gambar: Google)

Sehingga, hal- hal berikut ini dapat dijadikan pertimbangan dan tidak buru- buru ketika akan membeli mobil baru. Jadi, mari kita bahas secara langsung mengenai hal- hal yang dapat menjadi pertimbangan Anda sbelum membeli mobil.

Yuk baca sampai selsai, ya.

Membeli Mobil Sesuai Kebutuhan

Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum membeli mobil baru adalah membeli mobil yang sesuai kebutuhan. Dimana cara ini akan memudahkan Anda saat memutuskan jenis mobil yang hendak dibeli. Misalnya, jika ingin memeiliki mobil untuk keluarga, Anda bisa memilih mobil jenis multi-purpose vehicle (MPV).

Baca Juga: Karburator Motor Bermasalah: Bagaimana Cara Mengatasinya?

Hal ini karena dapat menampung lebih banyak penumpang dan barang ketimbang jenis sedan. Misalnya lagi jika sering bepergian di medan yang berbeda-beda, Anda bisa membeli mobil crossover atau sport utility vehicle (SUV). Dua jenis mobil tersebut bisa diandalkan di medan tanjakan, gravel, atau jalan aspal.

Selain itu misalnya karena mobil akan digunakan oleh wanita maka pilih mobil city car yang memiliki body kecil. Nah, tentukan jenis yang Anda butuhkan sebelum pergi ke diler mobil. Sehingga,a kan mengurangi kebingungan karena banyak pilihan.

Sesuaikan Dengan Budget yang Dimiliki

Hal paling penting juga untuk diperhatikan ketika akan membeli mobil baru adalah dengan menyesuaikan budget yang dimiliki. Jadi, selain jenis mobil yang Anda inginkan, Anda juga harus menentukan anggaran untuk membeli mobil.

Tidak usah angka pasti, Anda dapat menggunakan range angka untuk menentukan budegt. Sebab perlu dingat bahwa dalam membeli mobil baru, mobil yang dipilih harus sesuai kebutuhan dan kesanggupan bukan berdasarkan keinginan, agar pengeluaran dana tidak berlebih.

Perhitungkan juga angka pajak tahunan dan lima tahunan yang harus dibayar. Prinsip beli mobil sesuai bujet juga wajib dipakai saat membeli secara kredit. Perhitungkan rasio kredit Anda sebelum membeli mobil sehingga tidak membebani pengeluaran bulanan. Batas atas rasio kredit adalah 30 persen dari total penghasilan bulanan.

Jika angsuran pembayaran mobil melebihi rasio tersebut, keuangan Anda bisa terganggu. Untuk menyesuaikan angsuran dengan rasio kredit, Anda bisa memperbesar down payment (DP).

Semakin besar DP, maka cicilan bulanan akan semakin kecil. Jadi, jangan sampai kondisi finansial Anda terbebani karena membeli mobil dengan harga di luar batas kemampuan Anda. Terakhir, pastikan metode pembayaran sesuai dengan anggaran yang ada, baik secara tunai maupun kredit, agar pembayaran berjalan lancar.

Dengan anggaran itu, Anda jangan membeli jenis mobil dengan harga yang melebihi batas atas anggaran.

Mempertimbangkan Biaya Perawatan

Selain mempertimbangkan anggaran untuk memebli mobil baru, Anda juga harus mempertimbagkan biaya perawatan yang akan Anda keluarkan. Ya, memiliki sebuah mobil membuat Anda perlu mengeluarkan biaya perawatan dan berbagai biaya lain yang jumlahnya tidak sedikit.

Biaya tersebut meliputi seperti biaya servis bulanan, bahan bakar, biaya penggantian suku cadang hingga biaya keperluan lain seperti biaya asuransi kendaraan. Masing – masing mobil memiliki biaya pemeliharaan mobil yang berbeda, jadi pastikan seluruh biaya ini masih sesuai kantong Anda.

Sehingga dari hal ini dpaat membantu juga Anda dalam menentukan kendaraan. Mislanya mobil yang akan dipilih harus hemat bensi. Jadi, jangan lupakan untuk mempertimbagkan biaya perawatan, ya guys.

Membeli Mobil Baru
Membeli Mobil Baru (Sumber Gambar: Google)

Jaminan Layanan Purnajual

Ketika akan membeli mobil baru pastikan juga mengenai jaminan layanan purnajual. Jadi, ketersediaan layanan purnajual yang memadai juga penting untuk dipertimbangkan saat hendak membeli mobil baru.

Pasalnya, dalam siklus kepemilikan mobil setelah pembelian, konsumen akan sering berinteraksi dengan layanan purnajual untuk melakukan servis berkala, baik untuk perawatan maupun perbaikan kendaraan.

Ketersediaan layanan purnajual akan memudahkan pengguna dalam melakukan servis berkala. Selain itu, pengguna juga menjadi mudah mengganti komponen bila ada kerusakan.

Layanan purnajual yang disediakan brand mobil besar biasanya meliputi jaringan bengkel yang luas, ketersediaan suku cadang dan aksesori, paket servis berkala, serta garansi kendaraan.

Melengkapi Perlindungan Mobil Dengan Asuransi

Asuransi mobil dapat membantu Anda memberikan proteksi kendaraan dari berbagai macam risiko yang bisa terjadi kapan saja dan di mana saja, misalnya risiko kerusakan yang timbul akibat kecelakaan baik kerusakan ringan maupun berat seperti tabrakan, tergelincir, hingga mobil terperosok. Belum lagi risiko yang terjadi akibat pencurian, perbuatan jahat, kebakaran, hingga bencana alam.

Membeli Mobil Baru
Membeli Mobil Baru (Sumber Gambar: Google)

Lakukan Test Drive

Melakukan test drive juga sangat penting jika Anda ingin membeli mobil baru. Hal ini penting dilakukan untuk mengetahui performa mobil. Jadi, pastikan jika Anda melakukan test drive. Sehingga, Anda dapat merasakan kenyaman juga pada mobil.

Spesifikasi yang dicantumkan di iklan atau penjelasan yang diberikan oleh tenaga sales perlu Anda buktikan secara langsung di lapangan. Uji coba kendaraan Anda di lalu lintas yang padat untuk merasakan suasana nyata saat berkendara.

Baca Juga: 7 Penyebab Gas Motor Naik Sendiri: Jangan Panik!

Coba kendaraan saat melewati tanjakan atau turunan dan perhatikan dengan baik bagaimana performa kendaraan saat melewatai tikungan yang tajam.
Jangan lupa untuk memperhatikan performa, kecepatan, dan rem yang ada di dalam kendaraan.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan jika akan membeli mobil baru. Jangan terburu- buru dan dapatkan informasi sedetail mungkin.

Leave a Reply

Your email address will not be published.