Di saat pandemi ini, laptop menjadi barang yang penting. Baik itu untuk anak sekolah maupun untuk para pekerja. Sebab, saat ini banyak pelajaran dan pekerjaan yang harus dilakukan dirumah.

Untuk tu, banyak yang mulai memeprhatikan laptop mereka. Dimana mereka memastikan bahwa spesifikasi laptop mereka mampu mendukung kerja ataupun pembelajaran. Bagi Anda yang saat ini juga sedang mencari laptop. Kami akan memberikan tips dalam membeli laptop.

Sehingga nantinya laptop tidak hanya dapat mensuport kinerja atau pembelajaran Anda, namun juga sesuai dengan budget.

Hal Penting Saat Membeli Laptop

Banyak sekali jenis laptop dipasaran. Mulai dari berbagai macam merek, model, sepesifikasi, harga, dan banyak hal lainnya yang perlu Anda pertimbangakn sebelum memutuskan membeli laptop. Lalu apa saja yang dapat kita pegang agar dapat membeli laptop yang tepat.

Berikut adalah ulasan mengenai hal- hal yang harus diperhatikan sebelum membeli laptop. Selamat membaca.

Baca juga: kredit laptop / hp di Lazada

Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Laptop
Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Laptop (Sumber Gambar: Google)

Ukuran Laptop

Ukuran laptop menjadi salah satu hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum membeli laptop baru. Perlu diketahui bahwa ukuran leptop yang dipilih pasti akan berhubungan dengan ukuran layar.

Biasanya untuk leptop yang digunakan untu kegiatan yang tidak terlalu berat maka bisa memilih leptop dengan ukuran layar berukuran 12,5 inci hingga 13,3 inci. Laptop semacam ini punya bobot antara 1 kg hingga 1,5 kg.

Meski begitu, sangat jarang laptop dengan ukuran tersebut punya spesifikasi yang benar-benar kencang. Kamu tidak akan menemukan laptop dengan prosesor Intel Core i7 di perangkat sekecil ini.

Namun, jika leptop digunakan untuk membuat design atau gameing maka pilihlah leptop ldengan ayar berukuran 14 inci hingga 17,3 inci. Selain itu pilihlah leptop dengan ukuran yang bertenaga tinggi.

Selain itu, pilihlah leptop dengan ukuran besar. Sebab, biasanya bodi leptop yang tebal menyimpan komponen yang bertenaga. Leptop untuk hal ini mempunyai bobotnya sendiri bisa mencapai 2 kg.

Sebaiknya, pilihlah laptop yang paling sesuai untuk kinerja atau sekolah. Apabila Anda butuh portabilitas tinggi, pilihlah laptop dengan ukuran kecil. Dengan itu, kamu bisa mobile, berpindah dengan mudah karena dimensinya kecil.

Prosesor Sesuai Kebutuhan

Hal yang harus menjadi pertimbangkan sebelum membeli laptop selanjutnya masih disesuaikan dengan kebutuhan penggunaannya, yaitu prosesornya. Ya, prosesor merupakan pennetu performa. Bisa dikatakan jika prosesor merupakan dapur picu dari sebuah leptop.

Perlu diketahu, ada bermacam- macam jenis prosesor. Jadi, penting sekali mengetahui jenis prosesor mana yang dibutuhkan untuk menunjang aktivitas Anda.

Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Laptop
Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Laptop (Sumber Gambar: Google)

Kapasitas RAM

Kapasitas RAM menjadi hal yanh harus dipertimbangakan sebelum membeli leptop. Pastikan bahwa leptop yang akan Anda pilih memiliki RAM yang cukup. Mengingat RAM juga dapat mempengaruhi kinerja leptop Anda.

Jadi, sudah pasti kapasitas RAM antara laptop biasa dengan laptop gaming tentu berbeda. Semakin besar RAM yang dipasang, laptop bisa memainkan game-game berat sekalipun.

Mengingat RAM juga merupakan salah satu faktor yang mampu memengaruhi kinerja laptop. Kapasitas RAM antara laptop biasa dengan laptop gaming tentu berbeda. Jika menggunakan laptop untuk gaming, RAM yang dibutuhkan akan lebih besar.

Daya Tahan Baterai

Ketika akan membeli leptop baru, maka jangan lupa untuk menanyakan kemampuan baterainya. Baterai yang hemat daya dapat memaksimalkan masa pakai baterai jika menggunakan laptop tanpa ketersediaan listrik. Rata-rata, laptop yang dijual memiliki daya tahan baterai kira-kira 6 – 8 jam.

Terutama untuk laptop yang bersertifikasi Intel Evo memiliki daya tahan baterai hingga 9 jam atau lebih dengan kecepatan pengisian daya. Sehingga, Anda dapat mengisi daya selama empat jam untuk penggunaan 30 menit.

Harus diakui, ketahanan baterai agak sulit diukur karena tergantung pemakaian laptop, apilkasi yang dijalankan, serta jenis prosesor yang dipakai. Karenanya, sangat dianjurkan untuk membaca berbagai ulasan soal laptop yang ingin kamu beli.

Pastikan juga kamu mampu merawat baterai laptop sebaik mungkin supaya performanya tetap oke. Misalnya, tidak melakukan charge terus-menerus, tidak menunggu hingga baterai benar-benar habis atau 0%, baru di-charge, atau menge-charge laptop dalam keadaan mati.

Baca juga: Agar baterai Laptop awet dan tidak mudah bocor

Jenis dan Ukuran Media Penyimpanan

Tips selanjutnya sebelum membeli leptop adalah dengan memperhatikan jenis dan ukuran media penyimpanan. Media penyimpanan berjeniskan harddisk memang banyak dipilih pada masa lalu. Meski punya kapasitas super-besar, biasanya harganya tidak terlalu mahal.

Bandingkan dengan SSD. Meski kecil dan kencang, harganya bisa dibilang jauh lebih mahal. Harga SSD 128 GB bisa dua kali lipat harddisk. Meski begitu, SSD saat ini lebih banyak dipilih. Alasannya sederhana, SSD menawarkan kecepatan yang jauh lebih tinggi dari harddisk.

Nah, jika kamu butuh laptop untuk menyimpan banyak data, sebaiknya pilih saja laptop berbasiskan harddisk. Apabila kamu butuh kecepatan, seperti untuk main game atau desain, pilih saja SSD. Satu hal yang harus kamu ingat, laptop dengan SSD berkapasitas besar, biasanya punya harga yang mahal ya. Biasanya, laptop dengan SSD 512 GB punya harga lebih mahal dari laptop dengan harddisk 2 TB.

Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Laptop
Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Laptop (Sumber Gambar: Google)

Tingkat Kecerahan Layar

Pastikan bahwa tingkat kecerahan layar leptop yang akan Anda beli memiliki kecerahan tinggi. Hal ini sangat mempengaruhi beberapa bidang pekerjaan yang memang berada di area outdoor seperti teknisi mesin, arsitek, dan lain sebagainya.

Melakukan pekerjaan di depan layar komputer tentu tidak hanya menghabiskan waktu sebentar sehingga kamu membutuhkan laptop dengan tingkat kecerahan layar yang mumpuni untuk memanjakan mata.

Di mana, minimal kecerahan layar yaitu 500 nits ke atas. Dengan begitu, penggunaan laptop di luar ruangan dengan cahaya yang terang sekalipun dapat tetap terasa nyaman saat kamu gunakan.

Baca juga: Masalah pada layar laptop

Itulah beberapa hal yang dapat dipertimbangkan ketika akan membeli leptop. Sehingga nantinya akan memudahkan kamu untuk menggunakan laptop dalam aktivitas pekerjaan. Dengan begitu, kamu akan lebih produktif lagi dalam menyelesaikan berbagai pekerjaan yang harus dipindahkan ke rumah.

Sama halnya dengan memilih laptop, memilih tempat untuk membeli perangkat laptop dan produk gadget lainnya juga cukup penting.

Editted by orapada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *