Membeli Laptop Baru: Apa Yang Harus Diperhatikan

Apakah Anda memiliki rencana untuk membeli laptop baru? Saat akan membeli laptop baru ada beberapa hal yang dapat menjadi pertimbangan. Selain disesuaikan dengan budget yang dimiliki, alangkah lebih bijaknya juga diseuaikan dengan kebutuhan.

Dikarenakan laptop nanti akan digunakan untuk mendukung pekerjaan ataupun tugas sekolah, maka ada hal penting yang harus diperhatikan agar dapat menjadi pertimbangan sebelum membelinya.

Hal yang harus diperhatikan adalah laptop tersebut memiliki spesifikasi dan fitur yang memenuhi kriteria laptop untuk digunakan dalam bekerja. Llau, apa lagi yang harus diperhatikan ketika akan membeli laptop baru?

Pertimbangan Membeli Laptop Baru

Artikel kali ini akan membahas secara lengkap mengenai hal- hal yang harus dipertimbangakn ketika akan membeli laptop baru. Sehinggga laptop baru tersebut tidak hanya sesuai dengan apa yang Anda inginkan namun juga dapat digunakan secara maksimal.

Apa saja hal- hal yang harus diperhatikan untuk menjadi pertimbangan dalam membeli laptop? Berikut adalah ulasannya untuk Anda.

Baca Juga: Komponen Mobil Terkena Banjir: Apa Saja Yang Harus Diperiksa Agar Tidak Rusak?

Ukuran Laptop

Pertimbangkan ukuran ketika akan membeli laptop baru. Sebaiknya, pilihlah laptop yang paling sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, apabila membutuhkan laptop untuk portabilitas tinggi, maka sebaiknya pilihlah laptop dengan ukuran kecil.

Dengan itu, akan lebih praktis dan mudah untuk dipindahkan dan dibawa keberbagai tempat. Namun apabila membutuhkan laptop yang bertenaga tinggi, baik itu untuk urusan desain atau gaming, maka mau tidak mau, Anda harus memilih laptop dengan ukuran besar.

Pasalnya, bodi tebal dibutuhkan untuk menyimpan komponen yang bertenaga. Perlu diketahui bahwa ukuran laptop ditentukan oleh ukuran monitor atau layarnya. Nah, untuk ukuran laptop itu sangat bervariasi.

Membeli Laptop Baru
Membeli Laptop Baru (Sumber Gambar: Google)

Yaitu mulai dari ukuran kecil dibawah 13 inch, ukuran portabel 13 -14,9 inch ideal dibawa kemana-mana, ukuran standard 15 -15,9 inch yang tidak terlalu besar dan bisa dijadikan pilihan apabila laptop tidak sering dibawa-bawa serta monitor ukuran besar mulai 17 inch keatas yang banyak digunakan untuk tujuan grafis seperti membuat desain, video editing dan juga bermain game kelas atas.

Lalu, pastikan Anda mengetahui jenis layar yang digunakan, resolusinya, juga sudut pandang penglihatan layar. Jadi, pertimbangkan ukuran layar baru terlebih dahulu. Sebab ukuran layar yang dipilih, akan memengaruhi ukuran laptop.

Spesifikasi Internal

Nah, inilah hal yang plaing penting ketika akan membeli laptop baru. Yaitu memperhatikan spesifikasi internalnya. Untuk hal ini setidaknya, ada empat hal yang harus pertimbangkan, yakni tipe prosesor, RAM, VGA, dan kapasitas media penyimpanan.

  • Prosesor

Kita bahas mulai dari prosesor terlebih dahulu. Karena prosessor merupakan otak dari lapto yang akan Anda beli maka pastikan mengenai jenis, generasi, dan banyknya core serta harganya. Saat ini untuk Processor masih didominasi oleh Processor keluaran Intel dan AMD. Dimana keduanya pun punya berbagai varian produk prosesor yang dibanderol dari satu jutaan hingga belasan juta rupiah.

Masing-masing Processor tersebut dirancang untuk keperluan yang berbeda. Misalnya, jika laptop yang banyak digunakan untuk mengetik dan browsing sudah cukup untuk menggunakan Intel Core i3. Jika mau untuk mengedit video 4K, butuh Intel Core i7.

Membeli Laptop Baru
Membeli Laptop Baru (Sumber Gambar: Google)

Selain itu, perhatikan juga generasinya. Sebab perbedaan generasi memiliki perbedaan teknologi yang lumayan.

  • RAM

Spesifikasi intern selanjutnya yang harus diperhatikan ketika akan membeli laptop baru adalah RAM. Sebab, nantinya RAM lah yang akan mempengaruhi kinerja laptop. Jadi, semakin besar RAM, kinerja laptop untuk kebutuhan multitasking akan makin besar.

Baca Juga: Yuk Cek Perawatan Mobil Setelah Banjir Agar Harga Mobil Tidak Anjlok!

Sekedar informasi bahwa laptop dengan memori 4GB adalah pas-pasan. Jadi agar lebih nyaman, gunakan laptop yang memiliki RAM 8GB. Untuk penggunaan grafis bisa sampai 16 GB bahkan lebih.

  • Kapasitas Media Penyimpanan

Ketika akan membeli laptop baru, jangan lupa untuk memastikan juga besar media penyimpanannya. Semakin besar kapasitas media penyimpanan, makin banyak file yang dapat Anda simpan. Meski begitu, kamu masih bisa mengakali laptop berkapasitas penyimpanan kecil dengan membeli external storage.

  • VGA

Jika Anda membeli laptop untuk bermain game maka tanyakan apakah laptop dibekali dengan VGA tambahan atau tidak. Memang kebanyakan prosesor sudah dibekali dengan chip grafis yang sudah cukup bagus. Meski begitu, jika akan digunakan untuk bermain game, sebaiknya pilih laptop yang dibekali dengan VGA tambahan karena akan lebih kuat.

Daya Tahan Baterai

Jangan lupa untuk menanyakan daya tahan baterai juga saat akan membeli laptop baru. Memang untuk ketahanan baterai agak sulit diukur karena tergantung pemakaian laptop, apilkasi yang dijalankan, serta jenis prosesor yang dipakai. Maka sangat dianjurkan untuk membaca berbagai ulasan soal laptop yang ingin kamu beli.

Namun, rata-rata, laptop yang dijual memiliki daya tahan baterai kira-kira 6 – 8 jam. Laptop dengan layar monitor yang lebih kecil biasanya memerlukan daya yang lebih sedikit daripada laptop dengan monitor ukuran besar sehingga waktu pemakaian laptop bisa lebih lama.

Tanyakan juga apakah pemakaian pertama harus dicharge terlebih dahulu atau bagaimana. Tanyakan juga batas minimal dan maksimal yang baik untuk baterai laptop saat menchargenya.

Membeli Laptop Baru
Membeli Laptop Baru (Sumber Gambar: Google)

Konektivitas Yang Lengkap

Saat membeli laptop baru jangan lupa untuk menanyakan konektivitasnya, apakah lengkap atau tidak. Setidaknya pilihlah laptop yang dibekali dengan koneksi WiFi, 3 buah port USB, dan port pendukung lainnya seperti LAN dan HDMI/VGA.

Sebab saat ini laptop semakin tipis. Sehingga, menyebabkan beberapa konektivitas yang penting malah dihilangkan. Dimana, mulai banyak produsen yang membuat model laptop ultrabook yang tipis dan minim port, tetapi dilengkapi dengan USB Type-C yang mendukung arus pertukaran data hingga 40Gbps.

Solusinya, kamu masih bisa menggunakan dongle sebagai ekstensi port yang mulai langka.

Itulah hal- hal yang harus dipastikan ketika akan membeli laptop baru. Pastikan jika hal- hal diatas sesuai dengan kebutuhan Anda. Setelah semua itu dipastikan, Anda juga menanyakan mengenai garansi yang di dapatkan dan bagimana cara mengklaim garansi tersebut.

Sehingga, jika terjadi hal- hal yang tidak diinginkan padahal laptop masih baru, Anda tahu apa yang harus dilakukan.

Lia

Menulis pertama kali di orapada dimulai tangga 3 Juni 2020. Fokus penulisannya seputar informasi dunia otomotif. Khususnya Mobil, Motor dan life plus. Termasuk tips dan kiat aplikasi berkendara dalam kehidupan sehari-hari.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published.