Membeli HP Di Pegadaian – Ternyata pegadaian dapat dipilih sebagai tempat mebeli HP,loh?. Mungkin banyak orang yang belum mengetahuinya. Membeli HP di pegadaian dapat dilakukan ketika pegadaian melakukan lelang barang.

Pegadaian merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara. Sebagai badan usaha milik pemerintah, keberadaan Pegadaian sangatlah membantu masyarakat. Soal gadai-menggadai, sudah jelas. Mereka yang lagi butuh duit tunai bisa datang langsung ke Pegadaian untuk mendapat pinjaman. Syaratnya, memberikan jaminan berupa aset sesuai dengan ketentuan.

Namun, selalu ada saja orang yang idak sanggup melunasi pinjaman di Pegadaian. Sehingga, jaminan mereka menjadi milik Pegadaian. Perlu diingat, jika meinjaman dengan sistem gadai di Pegadaian tidak sama seperti bank yang jangka waktunya bisa bertahun-tahun. Pegadaian memberi batas waktu maksimal pinjaman hanya 120 hari saja alias gak sampai 4 bulan.

Apabila pinjaman sudah jatuh tempo, maka harus menebus barang yang dijaminkan dengan membayar pinjaman pokok beserta bunganya yang diistilahkan dengan sewa modal. Apabila nasabah tidak menebusnya, barang jaminan itulah yang akan digadaikan oleh pihak pegadaian.

Lewat sistem lelang inilah, Anda dapat membeli HP. HP yang nasabah jadikan barang jaminan dan nasabah tidak mampu membayarnya ketika jatuh tempo. Maka HP tersebut akan masuk kedalam daftar barang yang dilelang oleh pegadaian.

Jadi, Anda harus mengikuti acara pelelangan yang dilakukan oleh pegadaian. Perlu dingat bahwa pegadaian tidak pernah mengadakan pelelangan secara online. Sehingga harus waspada apabila ada pemberitahuan pelelangan barang pegadaian secara onlie. Dapat dipastikan bahwa acara tersebut adalah penipuan.

Membeli HP Di Pegadaian: Tips Menghindari Penipuan

membeli hp di pegadaian
Tips membeli hp di pegadaian

Berikut ada beberapa tips yang dapat Anda gunakan agar terhindar dari penipuan pelelangan yang diadakan oleh pegadaian menggunakan media online. Tips pertama adalah lakukan lelang pada outlet resmi. Sangat disarankan apabila Anda bersungguh- sungguh untuk mengikuti lelang yang diadakan pegadaian. Datanglah secara langsung ke tempat pelelangan diadakan.

Ketika akan melelang barang, biasanya pegadaian juga menyediakan tempat pameran barang yang akan dileleang. Sehingga, peserta lelang dapat melihat barang, hal ini juga berlaku untuk handphone.

Sistem lelang yang ada di pegadaian yaitu barang yang dilelang ditampilkan di ruang depan kantor pegadaian. Nantinya barang tersebut akan diberi nomor urut berdasarkan jenis barangnya. Pembeli tinggal menunjuk barang yang diinginkan dengan menyebut nomornya. Nomor di sini tidak berhubungan dengan jenis barang hanya sebagai penanda saja.

Tips selanjutnya adalah jangan tergiur harga murah. Pegadaian sendiri tak pernah menjual barang jauh di bawah pasaran, biasanya barang lelang masih sesuai harga pasaran yang ada. Hal ini juga berlaku untuk handphone yang akan dilelang. Jadi, cari tahu informasi mengenai harga handphone di pasaran.

Tips selanjutnya adalah jangan melakukan transfer uang. Sebab, barang yang dilelang dibeli melalui outlet resmi dengan menyarahkan KTP dan mengisi formulir. Jadi, jika ada yang meminta ditransfer maka dapat dipastikan itu penipuan.

Tips terakhir adalah selalu kroscek kembali setiap info mengenai lelang yang diadakan oleh pegadaian. segera lakukan konfirmasi ke outlet-outlet Pegadaian terpercaya. Anda juga bisa menghubungi langsung Pegadaian melalui nomor resmi perusahaan (021-1500-569) dan Humas Pegadaian Pusat (021-3155-550 Ext. 324).

Itulah tips untuk menghindarai penipuan lelang online. Jadi, jangan karena ingin mendapatkan barang yang murah dan dengan cara yang simple (onlie), Anda mengabaikan beberapa hal yang mungkin janggal. Jadi ingatlah, tidak ada lelang online oleh pegadaian.

Membeli HP Di Pegadaian: Cara Mengikuti Lelang

Salah satu barang yang biasanya dilelang oleh pegadaian adalah elektronik. Salah satu barang elektronik yang dilelang adalah handphone. Untuk mendapatkan handphone di pelalangan, Anda perlu mengetahui bagaimana cara dan alur untuk dapat mengikuti lelang di pegadaian.

Langkah pertama untuk mengikuti lelang, tentu Anda harus datang ke outlet pegadaian yang megadakan lelang untuk mengetahui jadwal lelang. Ingat, pegadaian tidak megadakan pelelangan secara online. Umumnya, lelang diadakan dua minggu sekali. Namun, tergantung kebijakan tiap unitnya juga. Bisa juga tiap hari ada lelang.

Saat menanyakan soal lelang, jangan lupa tanyakan pula syarat-syaratnya. Biasanya lelang di Pegadaian diadakan secara terbuka dan syaratnya tidak terlampau ketat. Sedangkan untuk mengikuti lelang pertama Anda harus mendekati loket bagian lelang dan minta informasi barang apa saja yang akan dilelang. Lalu, ikuti lelang di lokasi yang telah ditentukan.

Petugas lelang akan mengumumkan barang yang akan dilelang, termasuk cacatnya dan harga pembukaan. Jadi, jika Anda berniat membeli handphone maka Anda akan mengetahui apa saja kekurangan dari handphone yang akan Anda beli.

Barang akan diberikan kepada penawar dengan nilai tertinggi setelah hitungan ketiga tak ada yang memberikan tawaran lebih tinggi. Harga yang ditawarkan oleh pegadaian di sesuaikan dengan harga pasar. Meskipun terlihat lebih murah, namun pegadaian tetap menyesuaikan dengan harga pasar. Setelah barang didapatkan lewat lelang, selanjutnya adalah transaksi dengan penandatanganan dokumen bukti transaksi.

Membeli HP Di Pegadaian: Tips Mengikuti Lelang

Harga barang lelang di Pegadaian memang kadang begitu menggiurkan. Namun, jika berminat mengikutinya, kita tetap mesti menerapkan prinsip kehati-hatian. Termasuk ketika akan mebeli handphone. Sehingga, tujuan membeli handphone dengan harga murah dari lelang Pegadaian bisa terselesaikan dengan baik. Sehingga, ada beberapa tips untuk mendapatkan handphone yang Anda inginkan.

Tips pertama adalah pastikan anggaran yang Anda miliki. Tujuan membeli handphone di pegadaian adalah untuk mendaptkan barang dengan harga murah. Saat lelang, bukan mustahil terjadi adu tawar yang sengit. Akhirnya, harga malah melambung tinggi. Kita mesti berpikir dingin saat ikut lelang.

Untuk menghindari kebablasan nawar, sebaiknya patok bujet. Misalnya mau beli emas lelang, tetapkan bujet Rp5 juta. Jika harga yang ditawarkan lebih dari itu, ya gak usah memaksakan diri.

Tips selanjutnya adalah cari info mengenai harga pasaran. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, pastikan Anda telah mengetahui informasi mengenai HP yang akan dibeli melaui pegadaian. Termasuk masalah harga. Sehingga, apabila daam proses tawar menawar handphone mendapati harga yang berlebihan, Anda dapat mundur dan tidak jadi membeli handphone tersebut.

Terakhir adalah pastikan legalitas handphone tersebut. Cek di website Kominfo apakah sudah mendapatkan sertifikasi SDPPI Kominfo. Pastikan bahwa nomor IMEI terdaftar. Karena pemerintah dapat memblokur HP jika ilegal.

Selanjutnya pastikan saat melakukan transaksi. Pastikan Anda mendapatkan bukti transaksi seperti kuitansi dan bukti pembayaran. Hal ini sebagai bukti pembelian handphone dari acara lelang di pegadian.

Baca Juga: Membeli Handphone Bekas: Tips Dan Triknya

Pastikan informasi yang Anda terima mengenai pelelangan barang di pegadian adalah betu adanya. Jangan tergiur dengan harga murah. Selain itu, pegadaian belum pernah mengadakan lellang secara online. Sehingga, laporkan segera pada nomor yang tadi disebutkan, apabila Anda menmukan informasi mengani pelelangan online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *