Berkendara saat melewati jalan sepi menggunakan mobil menjadi momok tersendiri bagi pengemudi. Kewaspadaan meningkat ketika melwati jalan sepi. Sebab, jalanan yang sepi sering dijadikan area penjahat melakukan aksinya. Sehingga, tidak heran apabila adrenalin meningkat untuk memacukan kendaraan lebih tinggi. Namun, sebaiknya tetap waspada karena ditakutkan ada orang menyebrang, binatang melintas atau persimpangan.

Melewati Jalan Sepi Menggunakan Mobil

Selain takut terjadi kejahatan, pengemudi juga takut akan terjadi kerusakan tiba- tiba pada mobil dan posisi sendirian. Tentu hal ini akan merepotkan pengemudi mobil. Belum lagi, ketakutan apabila tiba tiba terjadi bencana alam di saat Anda lewat jalan sepi. Untuk itu, artikel kali ini akan kami bahas mengenai tips aman berkendara saat melewatu jalan sepi. Selamat menyimak.

Tips Pertama: Hindari Untuk Melewatinya

Mungkin tips yang pertama ini terdengar menyebalkan bukan? Tentu saja semua orang tahu bahwa kita harus menghindari jalan yang sepi. Ya, meskipun terdengar menyebalkan tapi tips pertama ini dapat mengingatkan Anda untuk selalu memastikan rute atau jalur yang akan dilalui sebelum mengemudi. Sebab tidak semua pengemudi mengetahui bahwa jalan yang akan dilalui merupakan jalan yang sepi.

Ketahui betul jalan atau rute yang akan dilalui Anda. Jalan mana yang sepi atau adakah waktu tertentu jalan itu menjadi sepi. Dengan mengetahui pola ini maka Anda dapat menghindarinya. Anda dapat memilih rute atau jalur yang lebih ramai atau menghindari waktu- waktu yang sepi pada jalan tersebut.

Selain itu, apabila malam sudah tiba dan akan melewati jalan sepi tidak ada salahnya mencari penginapan atau hotel. Bisa juga tunggu kendaraan lain yang melintas, dan ikuti kendaraan itu untuk menghindari tindak kejahatan. Selain itu, bisa juga ajak teman atau saudara yang siap menemani jika harus melewati jalan sepi.

Baca Juga: Tips & Trik: Mencegah Tangan Belang Setelah Naik Sepeda Motor

Tips Kedua: Jangan Turun Sembarangan

Melewati Jalan Sepi Menggunakan Mobil
Melewati Jalan Sepi Menggunakan Mobil (Sumber Gambar: Google)

Tips kedua untuk aman berkendara saat melewati jalan sepi adalah jangan meutuskan untuk turun sembarangan. Seperti yang sudah kita bahas diawal artikel ini. Salah satu yang menyebabkan ketakutan saat melewati jalan sepi adalah adanya tindakan kriminal. Ya, sudah jadi rahasia umum bahwa jalanan sepi merupakan target yang empuk untuk melakukan kejahatan.

Apalagi saat ini modus kriminal yang menyerang kendaraan roda empat yang sedang berhenti sudah sangat beragam. Misalnya adalah dengan menbarkan paku di jalan raya dan membuat mobil Anda kempes. Maka selalu cek kondisi mobil sebelum berangkat. Hal ini dilakukan untuk memastikan kendaraan dalam kondisi baik. Selain itu, mengecek kendaraan juga membantu mencegah kendaraan mogok dijalan. Ketika kendaraan mogok di jalan yang sepi, mau tidak mau Anda harus turun dari mobil dan mencari bantuan. Dengan kondisi yang sepi tentu akan menyulitkan untuk Anda.

Jika ada suatu kondisi yang mengharuskan mobil berhenti, seperti ingin ke toilet. Ada baiknya untuk bersabar. Bersabarlah sampai Anda menemukan tempat umum terdekat. Tempat umum tersebut seperti pom bensin, warung makan, restoran atau tempat yang kondisinya ramai dan menyediakan toilet.

Saat di daerah sepi Anda juga perlu waspada ketika ada orang yang tiba – tiba muncul dan meminta tolong. Apa yang harus Anda lakukan jika Anda melihat orang yang membutuhkan bantuan dengan menghentikan mobil Anda? Apabila ada orang yang berusaha minta tolong dengan menghentikan mobil ada baiknya Anda tidak berhenti dan teruslah berkendara. Terutama jika Anda benar- benar menyetir sendirian dan k=sekitar Anda terlihat sepi.

Bukannya tega untuk tidak menolog seseorang yang mmebutuhkan bantuan. Namun, hal ini dilakukan untuk tidak lengah dan tetap waspada. Sebab, tidak sedikit banyak modus minta tolong untuk melancarkan aksi kejahatannya. Berbeda jika Anda ditemani dengan teman dan teman siap dengan keadaan. Mungkin dapat dijadikan pertimbangan untuk menolong. Namun, harus tetap mengutamakan waspada jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga: FUEL PUMP MOTOR: 3 CIRI RUSAK DAN CARA MENGATASINYA

Lalu bagaimana jika orang yang minta tolong tersebut benar-benar orang yang harus ditolong? Agar Anda tenang dan tidak merasa bersalah, bisa hubungi kepolisian untuk menceritakan hal tersebut dan meminta tolong pihak berwajib untuk memastikannya. Sehingga, Anda tidak akan merasa bersalah karena tidak menolong orang.

Tips Ketiga: Menyimpan Nomer Darurat

Tips yang terakhir atau yang ketiga untuk aman mengemudi mobil saat melewati jalan sepi adalah selalu menyimpan nomor- nomer darurat. Nomor darurat adalah nomor kantor polisi, nomor bengkel, atau nomor orang- orang terdekat. Sehingga, sewaktu waktu dapat Anda hubungi.

Menyimpan nomor kantor polisi terdekat dapat Anda gunakan untuk seprti melaporkan apabila ada hal aneh atu orang meminta pertolongan dan Anda tidak dapat menolongnya. Gunakan nomor yang satu ini apabila mengalami sesuatu yang mencurigakan atau membahayakan bisa segera menghubungi pihak berwajib. Cara ini bisa mengantisipasi jika ada pelaku kriminal yang mencoba melakukan aksi kejahatannya. Ini memungkinkan polisi datang tepat waktu.

Nomor bengkel juga sangat diperlukan apabila mobil Anda tiba- tiba mengalami masalah dan kondisi jalanan sepi. Ingat untuk tidak langsung turun dari mobil. Anda dapat langsung meghubungi bengkel dan menuggu mereka sampai datang untuk membantu Anda. Usahakan noor bengkel yang Anda simpan mempunyai banyak cabang. Sehingga dapat menolong Anda dengan cepat dan tidak menolaknya karena alasan lokasi yang terlalu jauh.

Selain itu, simpan nomor orang terdekat Anda di nomor panggian penting. Sehingga dengan mudah Anda dapat menghubungi mereka jika ada hal yang penting dan Anda membutuhkan bantuan. Gunakan juga untuk memberi kabar Anda. Seperti lokasi dan berapa lama lagi Anda akan sampai. Intinya, Jangan lupa sesering mungkinmenghubungi keluarga atau kawan dekat untuk memberi kabar bahwa Anda akan menempuh perjalanan ke tempat yang akan Anda tuju.

Tiga tips diatas tentu sangat sederhana bukan? Namun, apabila Anda ada disituasi tersebut pasti Anda mungkin tidak akan berfikir untuk melakukan hal tersebut bukan? Apabila mobil mogok di tempat sepi, pasti Anda tanpa sadar akan turun dari mobil dan melakukan cek pada mobil Anda. Padahal mungkin itu berbahaya bagi Anda. Jadi, lakukan tips tersebut ketika mengemudi mobil di tempat sepi. Sehingga, anda akan tetap aman ketika mengemudi mobil saat melewati jalan sepi.

Baca Juga: Tips & Trik: Mengemudi Mobil Jarak Jauh Dengan Nyaman Dan Aman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *