Skip to content

Tips Aman Berkendara Melewati Jalan Berlubang: Waspada Saat Berkendara!

Melewati Jalan Berlubang – Terkadang saat berkendara kita akan melewati jalan yang berlubang. Apalagi jika sehabis musim hujan tiba, biasanya banyak aspal yang akan mengelupas dan menimbulkan lubang. Berkendara melewati jalan berlubang, maka kita di tuntut untuk lebih hati- hati dan waspada.

Sebab, jika kita tidak bisa menghindari lubang, hal ini kemungkinan besar dapat menimbulkan kecelakaan. Tidak hanya kecelakaan tunggal, namun juga kecelakaan beruntun. Nah, membahayakan bukan?

Untuk itu ketika berkendara kita selalu dituntut untuk berkonsentrasi dan selalu waspada. Sehingga, dapat menghindari hal- hal yang tidak diinginkan seperti ban kendaraan masuk ke dalam lubang dan mengakibatkan kcelakaan.

Tips Berkendara Melewati Jalan Berlubang

Berkendara melewati jalan berlubang tentu merupakan hal lainnya yang menyebalkan. Bukan rahasia jika panjang jalan di Indonesia tidak semuanya mulus, beberapa ruas jalan mengalami kerusakan yang membuat pengemudi harus ekstra hati-hati.

Ada yang rusak parah hingga aspalnya mengelupas di seluruh lebar jalan, ada yang tampak mulus ternyata bergelombang, bahkan ada yang jalanan belum teraspal sama sekali dan kondisinya memprihatinkan.

Bagi sebagian orang jalan berlubang menjadi hambatan yang menyebalkan. Karena jalan berlubang ini berpotensi menyebabkan kerusakan pada komponen dalam motor. Terlebih jika Anda berkendara dengan kecepatan tinggi. Selain itu, kenyamanan Anda dalam berkendara pun juga dipertaruhkan.

Namun ternyata ada loh tips agar saat untuk melewati jalan berlubang. Baca artikel ini sampai selsai, ya.

Menjaga Jarak Dengan Kendaraan Lain

Tips yang pertama untuk melewati jalan berlubang ketika berkendara adalah dnegan menjaga jarak aman dengan kendaraan lain. Ya, menjaga jarak aman tidak hanya untuk mencegah jika sewaktu- waktu kendaraan di depan kita melakukan rem mendadak.

Baca Juga: Mengusir Tikus di Mobil: Berikut Tips Ampuhnya!

Namun, juga untuk mencegah untuk menghindari lubang yang terhalang oleh kendaraan di depan kita. Berkendara di mana pun memang tidak disarankan untuk berdempetan. Anda harus menjaga jarak dengan pengendara lain agar tidak saling senggol yang berujung jatuh atau kecelakaan.

Nah, saat akan melewati jalanan berlubang, pastikan Anda juga menjaga jarak dengan kendaraan lain yang di depan atau di samping Anda.Ya, akibat jarak teralu dekat kita malah tidak dpaat mengetahui jika ada lubang di depan. Dengan menjaga jarak, setidaknya bisa mengantisipasi jika melihat ada lubang.

Selain itu kalian juga dapat mengurangi dampak akan bebatuan yang mungkin terpental akibat terlindas kendaraan di depan. Selain itu dengan menjaga jarak, maka kalian dapat mengerem secara halus ketika melihat lubang di depan dan tidak membahayakan kendaraan di belakang.

Melewati Jalan Berlubang
Melewati Jalan Berlubang (Sumber Gambar: Google)

Waspada Genangan Air

Tips selanjutnya dalam melewati jalan berlubang adalah dengan mewaspadai genangna air. Musim hujan dengan curah hujan yang lebih tinggi akan membuat banyak jalan berlubang berakhir diisi penuh dengan air.

Genangan-genanangan itu patut diwaspadai lantaran bisa saja itu merupakan jalanan berlubang. Hal ini juga akan sangat berbahaya karena Anda tidak mengetahui seberapa besar lubang tersebut.

Karena tertutup air, bisa saja lubang tersebut cukup dalam. Alih-alih melewatinya, lebih baik Anda mencari jalan lain atau dengan membuntuti pengendara yang ada di depan Anda. Tapi jika tidak mungkin menghindari genagan air tersebut, maka pelankan laju kendaraan dan jangan mengerem mendadak.

Nah, mulai sekarang jika berkendara ada genagan air jangan langsung ditrobos walupun dengan kecepatan sedang, ya. Selain takut ada lubang yang membahayakan, air genangan juga menyiprat pada kendaraan lain.

Kurangi Kecepatan & Jangan Ngebut

Tips selanjutnya dalam melewati jalan berlubang adalah dengan mengurangi kecepatan dan jangan ngebut. Jadi, jika Anda sudah tahu ada genagan air atau bahkan jalan yang Anda lewati berlubang, maka kurangi kcepatan.

Kemudikanlah kendaraan sesuai dengan kecepatan yang dianjurkan di ruas jalan tersebut. Turunkan kecepatan motor Anda secara bertahap dengan melakukan pengereman sedikit demi sedikit.

Mengurangi kecepatan motor sebelum melewati jalanan berlubang ini bertujuan untuk menghindari terjadinya benturan keras antara lubang jalan dengan komponen motor Anda. Menghantam lubang saat kendaraan dikemudikan dalam kecepatan tinggi juga dapat memberikan dampak buruk pada suspensi mobil.

Melewati Jalan Berlubang
Melewati Jalan Berlubang (Sumber Gambar: Google)

Pandangan Fokus ke Depan

Tips selanjutnya dalam melewati jalan berlubang adalah dengan fokuskan padangan ke depan. Ya, intinya selalu fokus saat berkendara. Sebagai pengendara yang baik, Anda diharuskan untuk fokus terhadap jalanan yang ada di depan mata.

Jangan sampai Anda melamun atau memikirkan hal lain selama berkendara di jalan. Karena ini dapat membahayakan keselamatan Anda. Visibilitas menjadi hal yang tak kalah penting. Jangan alihkan fiokus ketika berkendara. Kehilangan fokus saat berkendara bisa membuat pengemudi tak menyadari ada lubang di jalan.

Dengan menaruh fokus Anda seluruhnya pada jalan di depan, Anda pun bisa mengantisipasi apabila terjadi hal-hal yang tak terduga. Misalnya saat pengendara di depan Anda melakukan pengereman mendadak atau mungkin tiba-tiba ia jatuh saat melewati jalan berlubang tersebut.

Jika Anda tidak fokus, bisa saja Anda mengalami hal serupa juga. Jadi, sebelum benar-benar bertemu dengan lubang jalan, Anda harus selalu fokus dengan kondisi jalan. Terlebih bila Anda melaju di jalanan yang belum pernah Anda lewati atau pernah Anda lewati namun dalam beberapa tahun yang silam, atau melewati jalanan yang tergenang air baik oleh hujan, rob, sisa banjir, Anda tidak boleh asal injak pedal gas dan melaju dengan kencang.

Mungkin saja jalan yang dulunya pernah dilewati dalam kondisi mulus sekarang tidak lagi mulus. Posisi tangan berada pada posisi angka pada jam 9 dan 3. Posisi itu disebut posisi terbaik pada kemudi setir karena bisa mengontrol mobil dengan baik pada posisi tersebut.

Melewati Jalan Berlubang
Melewati Jalan Berlubang (Sumber Gambar: Google)

Jangan Asal Bermanuver

Terakhir untuk tips menghindari jalan berlubang adalah jangana sal bermanuver. Jadi, manuver untuk menghindari lubang memang sah-sah saja dilakukan, tapi ada baiknya untuk memastikan kondisi jalan di sekitar sepi sehingga tak membahayakan pengguna jalan lain.

Baca Juga: AC Mobil Berbau Tidak Sedap: Apa Saja Penyebabnya Ya?

Daripada asal bermanuver, sebaiknya pelankan laju kendaraan dan tetap melewati jalanan rusak dan berlubang tersebut.

Nah, beberapa tips diatas harus Anda perhatikan agar tetap aman saat melewati jalan berlubang. Jika memang tidak bisa dihindari, maka waspada harus kita tingkatkan. Jadi, selalu konsentrasi dan waspada saat berkendara, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.