Stiker merupakan salah satu aksesoris yang sering dipasang di kendaraan. Termasuk sepeda motor, beberapa orang menambahkan stiker untuk mempercantik sepeda motor mereka. Bahkan beberapa mungkin, sering tempel copot stiker untuk mengganti suasana motor mereka.

Melepas stiker motor ternyata ada tipsnya loh agar tidak menimbulkan bekas. Ada beberapa hal yang ditakutkan ketika melepas stiker motor adalah adanya bekas. Selain itu, ada beberapa bagian stiker yang tidak ikut terlepas.

Eits, namun jangan khawatir akan ada beks jika Anda ingin melepas stiker motor Anda. Sebab kami telah rangkumkan tips melepas stiker motor agar tidak membekas. Berikut adalah ulasannya.

Cairan Untuk Melepas Stiker Motor

Sebelum kita membahas cara melepas stiker motor, ada beberapa peralatan dan perlengkapan yang perlu Anda siapkan. Salah satu yang harus disiapkan ada cairan pembersih.

Ada beberapa cairan yang dapat Anda gunakan untuk melepas stiker motor, dimana cairan ini akan membantu mengehilangkan bekas stikernya juga. Bahkan cairan pembersih tersebut dapat Anda temukan dengan mudah Anda temukan. Berikut adalah cairan yang dapat Anda gunakan untuk melepas stiker motor agar tidak meniggalkan bekas.

Baca Juga: Yuk Kenali Jenis Ban Sepeda Motor & Fungsinya!

Menggunakan Cairan Pembersih

Rekomendasi pertama untuk melepas stiker motor agar tanpa bekas tentu saja cairan pembersih yang khusus untuk hal ini. Cairan pemebrsih ini biasanya bernama cairan WD40. Pembersih yang satu ini sangat mudah ditemukan dipasaran.

Jadi, tidak perlu bingung untuk mendapatkannya. Cairan ini berfungsi untuk mengurangi tingkat kerekatan pada stiker terlebih dahulu. Bahan ini perlu disemprotkan secara hati-hati hanya pada bagian stiker motor.

Melepas Stiker Motor
Melepas Stiker Motor (Sumber Gambar: Google)

Menggunakan Bensin

Rekoemndasi cairan selanjutnya untuk melepas stiker motor adalah menggunakan bensin. Ya, mungkin ini seperti cara dari orang tua zaman dulu. Namun, faktanya cara ini memang dapat kita gunakan untuk melepas stiker motor tanpa meniggalkan bekas. Bukankah bensin justru akan mesrusak cat pada bodi motor?

Cat tidak akan rusak selama Anda menggunakannya dengan cepat. Selain itu jenis bahan bakar yang digunakan harus beroktan tinggi, yaitu setidaknya 92 atau lebih. Karena oktan lebih tinggi akan semakin bagus dan stiker mudah dilepas. Prosesnya pun tidak perlu dipanaskan.

Menggunakan Korek Api

Rekomendasi terakhir bukanlah dalam bentuk cairan, namun dapat melepas stiker motor dengan baik juga. Yaitu korek api. Lah, bagaimana cara menggunakannya? Apakah aman?

Ya, ketika menggunaka korek api maka Anda perlu berhati-hati dalam melakukannya agar motor tidak terbakar. Selain itu hindari menggabungkan cara dengan korek api dan melumuri stiker dengan bensin.

Untuk membuat stiker sedikit terangkat Anda bisa menggunakan air hangat saja sebagai ganti bensin dan cairan pembersih. Dengan begitu proses pengelupasan akan lebih aman.

Itulah cairan yang dapat Anda gunakan untuk melepas stiker motor. Selanjutnya ada beberapa peralatan juga yang perlu Anda siapkan. Peralatan tersebut seperti kain lap, air, cairan poles body, dan kanebo.

Jika sudah disiapkan, maka langkah selanjutnya adalah mengetahui bagaimana langkah dalam melepas stiker motor dengan perlatan tersebut.

Melepas Stiker Motor
Melepas Stiker Motor (Sumber Gambar: Google)

Tips Melepas Stiker Motor

Meskipun terlihat sepele saat melepaskan stiker dari bodi sepeda motor, namun ternyata dapat menimbulkan kerusakan pada bodi seped motor jika dilakukan dengan tidak benar. Sebab, perlu kita ingat bahwa tingkat kerekatan stiker pada body motor sangatlah tinggi.

Misalnya Anda menggunakan benda tumpul atau tajam untuk mengelupasnya, resiko cacat pada body akan lebih tinggi. Anda tentu tidak ingin body motor rusak hanya karena salah melepaskan stiker.

Untuk menjaga body motor tetap baik dan kondisi cat tampak seperti baru, ada beberapa cara menghilangkan stiker di motor yang bisa diikuti, loh. Caranya tergantung dengan cairan pembersih yang Anda gunakan.

Setelah semua peralatan terkumpul dan telah memilih cairan pembersihnya, maka Anda dapat langsung melepas stiker motor tersebut. Langkah pertama apabila Anda menggunakan cairan pembersih khusus maka semprotkan cairan pembersih ke area stiker dengan hati-hati.

Supaya cairan ini tidak merusak bagian body lainnya, Anda perlu menyemprotkan fokus pada bagian stiker. Jika mengenai body lain segera lap dengan kain hingga bersih. Kemudian tunggu sebentar sampai ujung stiker sedikit mengelupas.

Melepas Stiker Motor
Melepas Stiker Motor (Sumber Gambar: Google)

Bila stiker sudah terkelupas semuanya, untuk langkah selanjutnya. Kalian semua tinggal semprotkan kembali. Hal ini dilakukan untuk membersihkan sisia lem. Untuk cara melepas stiker di motor yang terakhir, tinggal sempotkan poles bodi dan di lap dengan kanebo

Namun, apabila Anda menggunakan bensin, lepas semua stiker lalu olesi bensi pada bagian stiker yang tadi kalian lepas untuk mengangkat sisa-sisa lem. Lakukan dengan menggunakan lap agar sisa-sisa lem terangkat semuanya.

Pastikan juga bahwa Anda menggosok kain yang sudah terkena bensin dengan lebih cepat. Menggosok bagian yang terkena bensi dengan cepat akan memeperkecil kemungkinan cat mengelupas atau bahkan hilang. Proses yang lebih cepat akan mengurangi risiko pengelupasan cat pada body motor.

Lalu apabila Anda menggunakan korek, maka Anda bisa menggunaknnya seperti hair dayer. Dimana fungsinya untuk memanaskan stiker. Namun sangat dianjurkan untuk hati- hati dalam menggunakan korek. Jadi, apabila terllau berisko, menggunakan bensin lebih baik.

Jika Anda menggunakan korek, maka seperti yang sudah dikatakan sebelumnya Anda membutuhkan air hangat. Carany adalah basahi stiker agar mudah untuk dilepaskan. Air hangat adalah bahan yang tepat dan tidak merusak body motor sehingga tidak masalah jika mengenai bagian di luar stiker.

Cukup basahi area stiker dengan air hangat menggunakan kain. Tak perlu digosok atau dikelupas menggunakan benda tajam.

Baca Juga: 5 Jenis Suspensi Mobil Yang Perlu Anda Ketahui

Itulah cara melepas stiker motor. Cara melepas stiker di motor yang kami sampaikan seperti diatas memang sangat mudah sekali, kalian cukup tekun dalam melakukannya. Karena tahapan dalam melepas stiker di motor pada proses pelepasan stiker dengan cara di panasi, lakukan berulang-ulang sampai hilang semuanya.

Lakukan semuanya dengan hati- hati dan sabar. Sehingga, stiker dapat terlepas dengan baik tanpa merusak cat sepeda motor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *