Masalah Umum Pada Setir Mobil yang Sering Terjadi

Setir mobil merupakan bagian mobil yang tidak jarang sering mengalami maslaah juga. Ya, meskipun terlihat sepele namun setir mobil juga memerlukan perawatan. Dimana, hal ini dilakukan untuk menghindari kerusakan.

Mengingat apabila setir mobil bermasalah, tentu Anda tidak akan nyman ketika mengemudikan mobil. Nah, sebenarnya ada masalah umum pada setir mobil yang sering terjadi. Dimana, jika masalah setir ini terjadi maka Anda harus segera memperbaikinnya.

Apa saja sih masalah umum pada setir mobil yang sering terjadi? Artikel ini akan mengupas tuntas mengenai hal tersebut. Jadi simak ya sampai selesai mengenai masalah umum pada setir mobil yang sering terjadi.

Masalah Umum Pada Setir Mobil

Masalah umum pada setir mobil yang sering terjadi tidak hanya berat saat dibelokan, namun masih ada beberapa kerusakan yang dapat dialami setir mobil. Padahal, kerusakan dan gangguan pada setir mobil tidak hanya sekedar mengganggu kenyamanan berkendara.

Namun juga berkonstribusi besar dalam meningkatkan risiko kecelakaan lalu lintas. Selain itu mobil jadi sulit dikendalikan dengan benar. Namun, bukan hanya cuma mengganggu, gangguan ini juga berbahaya bagi keselamatan karena pengendalian mobil tidak optimal.

Baca Juga: Kenapa Setir Mobil Terasa Berat?

Pemicu masalah ini beranekaragam. Namun, hal yang paling mudah dicek adalah kondisi ban. Lihatlah apakah ban benjol atau tidak. Lalu periksa tekanan maupun keausannya. Hal-hal tersebut bisa membuat setir mobil condong ke salah satu sisi.

Jadi, mari langsung saja yuk kita bahas mengenai masalah umum pada setir mobil yang sering terjadi. Selamat membaca!

Setir Mobil Menarik ke Salah Satu Sisi

Salah satu masalah umum pada setir mobil yang sering terjadi adalah setir mobil menarik ke salah satu sisi. Jadi, setir seakan menarik ke satu arah tertentu saja. Hal ini sangat terasa ketika mobil dikemudikan lurus.

Mobil pasti akan bergerak ke arah tersebut. Hal ini dapat disebabkan oleh banyak hal. Namun, hal yang paling mudah dicek adalah kondisi ban. Lihatlah apakah ban benjol atau tidak. Lalu periksa tekanan maupun keausannya.

Masalah Umum Pada Setir Mobil
Masalah Umum Pada Setir Mobil (Sumber Gambar: Google)

Hal-hal tersebut bisa membuat setir mobil condong ke salah satu sisi. Selain ban, masalah keselarasan roda mobil juga bisa membuat setir bergerak ke satu sisi. Seiring pemakaian bisa jadi ada beberapa bagian baut penyetel sudut sudut kemiringan roda yang bergeser akibat getaran yang diterima.

Pergeseran sudut geometri roda ini dapat membuat setir mobil condong ke satu sisi. Melakukan spooring bisa menjadi solusinya. Selain ban dan keselarasan roda, kerusakan komponen setir dan sistem power steering dapat memicu setir bergerak ke satu sisi.

Anda harus membawanya ke bengkel untuk mendapatkan perbaikan optimal.Tentu saja ini sangat mengganggu. Mobil jadi sulit dikendalikan dengan benar. Namun, bukan hanya cuma mengganggu, gangguan ini juga berbahaya bagi keselamatan karena pengendalian mobil tidak optimal.

Maka, jika masalah ini terjadi lakukan pengecekan yang mudah terlebih dahulu, yaitu memeriksa tekanan ban dan kondisi keausan ban. Namun, jika ban bukan masalahnya, maka sebaiknya segera bawa mobil ke bengkel untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut terhadap komponen setir dan keselarasan roda.

Sistem Power Steering Mati

Masalah umum pada setir mobil yang sering terjadi selanjutnya adalah sistem power steering yang mati. Jadi, ketika power steering mati maka hal ini akan mengakibatkan setir terasa berat. Sehingga ketika melakukan manuver seperti berbelok saja harus mengeluarkan tenaga ekstra.

Tentu saja ini sangat mengganggu kenyamanan mengemudi. Bahkan, keselamatan menjadi taruhan karena pengendalian mobil jadi lebih sulit. Lalu kenapa hal ini terjadi? Hal ini biasanya terjadi akibat belt penggerak pompa power steering yang rusak, atau kebocoran pada sistem hidraulisnya.

Maka segera periksa kondisi belt terlebih dahulu, jika belt baik-baik saja maka kemudian periksa tanda-tanda kebocoran cairan power steering serta ketinggian cairan pada reservoir-nya. Sistem power steering yang mati jelas akan membuat setir terasa berat untuk diputar.

Masalah Umum Pada Setir Mobil
Masalah Umum Pada Setir Mobil (Sumber Gambar: Google)

Hal ini biasanya terjadi akibat belt penggerak pompa power steering yang rusak, atau kebocoran pada sistem hidraulisnya. Periksa kondisi belt terlebih dahulu, jika belt baik-baik saja maka kemudian periksa tanda-tanda kebocoran cairan power steering serta ketinggian cairan pada reservoir-nya.

Selain itu, periksa pula rack steer. Ini adalah komponen yang menghubungkan setir dengan bagian kaki-kaki mobil. Keberadaannya berfungsi untuk menjaga kestabilan dan memudahkan manuver setir. Seiring waktu, rack steer bisa longgar atau aus.

Ini dikarenakan berbagai hantaman yang diterima saat mobil berjalan. Misalnya akibat melewati lubang saat melaju kencang. Jika memang sudah rusak, rack steer harus diganti supaya setir terasa ringan kembali.

Setir Mobil Berbunyi & Bergetar

Selanjutnya masih mengenai masalah umum pada setir mobil yang sering terjadi yaitu adanya bunyi atau getaran ketika berkendara yang berasal dari setir. Ya, mungkin dari kalian banyak yang mengalmi hal ini. Kenapa hal ini dapat terjadi?

Bunyi-bunyi ini dapat diakibatkan oleh banyak hal, misalnya adanya gelembung udara dalam sistem hidraulis, pompa power steering mulai bermasalah, belt penggerak pompa longgar atau rusak, hingga bearing pada pulley pompa yang rusak. Maka, jika mengalaminya, segera melakukan pengecekan.

Masalah Umum Pada Setir Mobil
Masalah Umum Pada Setir Mobil (Sumber Gambar: Google)

Lihat dulu kondisi setir saat mobil dalam keadaan mesin idle. Perhatikan apakah ada getaran pada setir terasa saat mobil menyala sehingga berbunyi. Jika ada, maka kemungkinan ada masalah pada bagian engine mounting.

Lihat pula apakah mobil tidak melaju lurus saat setir dilepaskan. Segera lakukan balancing kalau hal-hal tersebut dialami. Selain itu, jika setir berbunyi, biasanya ada masalah gelembung udara dalam sistem hidraulis.

Baca Juga: Kunci Setir Mobil: Rekomendasi Merek Terbaik!

Lalu, mungkin juga pompa power steering mulai bermasalah. Selain itu, kerusakan di belt penggerak pompa serta bearing pada pulley pompa bisa juga menjadi penyebabnya. Cobalah untuk memeriksa ketinggian cairan.

Sebab ketinggian cairan power steering yang terlalu rendah juga dapat menyebabkan gelembung udara masuk ke dalam sistem hidraulis power steering.

Setir Menjadi Tidak Responsif dan Tidak Akurat

Masalah umum pada setir mobil yang sering terjadi selanjutnya adalah setir menjadi tidak responsif dan juga tidak akurat. Misalnya yaitu mobil memerlukan banyak putaran setir untuk berbelok, serta terkadang gerakan roda terputus-putus tidak mengikuti putaran setirnya.

Hal ini mungkin terjadi akibat keausan pada komponen setir, misalnya pada tie rod end atau gear-nya.

Itulah masalah umum pada setir mobil yang sering terjadi. Jika Anda merasakan hal tersebut maka baiknya langsung membawanya ke bengkel resmi untuk mendapatkan perbaikan. Sehingga, kerusakan tidak akan lebih parah dan yang pastinya akan membuat berkendara nyaman.

Lia

Menulis pertama kali di orapada dimulai tangga 3 Juni 2020. Fokus penulisannya seputar informasi dunia otomotif. Khususnya Mobil, Motor dan life plus. Termasuk tips dan kiat aplikasi berkendara dalam kehidupan sehari-hari.

All Post | Website

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *