7 Masalah Pada Layar Laptop Yang Bikin Panik!

Kita semua tahu jika pengguna laptop lebih banyak ketimbang komputer dekstop, karena laptop lebih fleksibel dibandingkan dengan dekstop.

Produsen pun berlomba lomba untuk menciptakan produk laptopnya dengan desain terbaik demi mencapai penjualan terlaris. Namun tetap saja terdapat masalah yang sering dialami penggunanya, dan tidak berbeda jauh dengan keluhan dari penggguna komputer desktop.

Masalah pada layar laptop masih sering dikeluhkan pengguna laptop, bukan tanpa sebab masalah itu muncul. Membuka dan menutup layar laptop adalah cara paling umum untuk menggunakan laptop tersebut.

masalah pada layar laptop

Masalah Pada Layar Laptop

Masalah tersebut sangat lah fatal akibatnya, bagaimana tidak fatal, tanpa layar laptop yang menyala dengan sempurna akan kah kita dapat merampungkan pekerjaan kita dengan baik?

Jika anda mau repot sedikit bisa juga dengan menghubungkannya dengan monitor atau proyektor, tapi apakah semua orang memiliki dan mau membawa barang barang tersebut setiap saat? Jawabannya jelas tidak.

Oleh sebab itu menjaga & merawat layar laptop merupakan kewajiban untuk pengguna laptop.

Jenis Masalah Pada Layar Laptop

Agar masalah pada layar laptop tersebut tidak menjadi lebih parah, berikut ini beberapa masalah yang sering terjadi & cara pencegahannya.

1. Bintik Putih Pada Layar Laptop

Masalah pada layar laptop yang ini masuk kategori paling sering muncul. Penyebab dari masalah ini adalah terdapat debu di sekitar layar yang anda biarkan tanpa anda bersihkan.

Debu atau kotoran tersebut jika dibiarkan akan berubah menjadi bintik putih semacam jamur yang berada di dalam layar. Tentunya hal ini sangat mengganggu kinerja anda, dan bintik putih tersebut jika anda biarkan akan menjadi semakin banyak yang akhirnya membuat layar laptop anda bermasalah.

Sebelum masalah tersebut terjadi sebaiknya bersihkan layar laptop dari debu atau kotoran dengan cara mengelap menggunakan kain yang halus dan lembut setiap selesai digunakan.

Tutup layar laptop setelah suhu pada laptop dingin, jangan buru buru menutup jika suhu laptop masih panas. Disamping merusak layar jika hal tersebut selalu anda lakukan akan mengakibatkan keyboard mudah rusak.

2. Tampilan Gambar Pada Layar Goyang

Layar adalah perangkat penting layaknya hard drive sebagai penyimpanan semua data anda pada laptop. Tanpa adanya layar pada laptop tentu saja membuat anda tidak dapat melihat dan melanjutkan pekerjaan yang anda simpan pada laptop tersebut.

Masalah pada layar laptop berupa tampilan layar yang goyang ini, banyak disebabkan karena pengguna terlalu sering buka tutup layar pada laptop.

Terlalu sering hal itu dilakukan membuat beberapa bagian pada laptop bergeser dan kendur terutama pada bagian kabel flexi yang terselip di sela sela engsel antara layar dan CPU laptop.

Cara mencegahnya hampir sama dengan masalah sebelumnya, yakni jika laptop masih kondisi panas jangan langsung ditutup layarnya karena akan menimbulkan kerusakan pada elemen lain.

Solusinya jika sudah terjadi, kencangkan kabel yang kendur tersebut dengan membuka pada bagian bawah layar atau pada bagian yang berhadap hadapan dengan keyboard.

Jika anda merasa ragu untuk melakukan hal tersebut sebaiknya segera bawa ke mekanik IT terdekat.

3. Muncul tampilan artifact pada layar

Untuk masalah pada layar laptop ini memang sangat jarang ditemukan. Gejala yang muncul biasanya pada layar akan menampilkan visual berbentuk kotak kotak kecil tapi banyak atau huruf.

Penyebab munculnya masalah ini ada hubungan nya dengan kerusakan pada hardware laptop anda, biasanya karena VGA atau RAM anda bermasalah. Penanganannya dengan cara bongkar pada bagian CPU laptop dan lakukan pengecekan pada kedua hardware tersebut.

Untuk melakukan hal tersebut harus dengan hati hati, jangan sampai niat hati memperbaiki malah membuat laptop tidak dapat berfungsi total karena ada elemen yang ikut rusak gara gara anda membongkar dengan paksa.

Agar kerusakan tidak semakin parah lebih baik segera bawa ke mekanik IT yang terdekat dari tempat tinggal anda dan konsultasikan hal tersebut.

4. Muncul Garis Vertikal atau Horizontal pada Layar

Jika anda sering mengamati kerusakan kerusakan yang muncul pada laptop, sebenarnya sebelum kerusakan itu muncul laptop sudah memberikan sinyal, semisal masalah pada keyboard laptop akan muncul suara beep yang panjang, lebih jelasnya silahkan baca disini.

Untuk masalah pada layar laptop seperti ini ciri ciri yang muncul tentu saja akan ada garis lurus putih bisa dari atas ke bawah atau dari samping kiri ke kanan, dan lebih dari satu, bahkan jika sudah parah garis tersebut menutup hampir sebagian tampilan layar laptop anda.

Munculnya masalah tersebut dikarenakan sering menaruh barang yang cukup berat di atas laptop atau yang mengandung magnet. Atau laptop pernah terjatuh ketika anda menaruhnya.

Solusinya jika sudah terjadi hal seperti ini anda harus ganti LCD atau LED karena masalah tersebut terjadi pada elemen pixel layar laptop anda.

5. Tidak Ada Tampilan Apapun Pada Layar

Masalah ini biasa disebut Blank LCD. Layar yang seharusnya menampilkan semua hal kita perintahkan pada laptop tapi pada kasus ini sama sekali tidak muncul apapun pada layar.

Untuk masalah pada layar laptop ini anda bisa mengeceknya terlebih dahulu dengan cara menyambungkan laptop ke monitor atau proyektor, jika pada monitor atau proyektor ada tampilan dari laptop berarti layar anda yang bermasalah.

Masalah ini bisa terjadi karena adanya debu pada socket layar anda, untuk penanganan pertama bersihkan dulu socket layar anda dengan cara membongkar laptop pada bagian layar.

Setelah dibersihkan coba anda pasang kembali socket tersebut seperti semula kemudian nyalakan laptop seperti biasa, jika layar menampilkan gambar seperti biasanya berarti laptop sudah normal.

Jika setelah anda bongkar dan dibersihkan socketnya ternyata tidak ada perubahan itu tandanya ada kerusakan fatal pada layar anda, solusinya anda harus mengganti layar dengan yang baru.

6. Muncul Retak Pada Layar

Untuk masalah yang ini sudah terlihat secara kasat mata, pada kerusakan seperti munculnya retak pada layar laptop biasanya fungsi layar masih dapat menampilkan gambar yang kita inginkan.

Tapi tentunya hal itu membuat anda tidak nyaman nah cara penangannya dengan mengganti layar LCD atau LED laptop anda dengan yang baru.

Penyebabnya retak tersebut bisa karena terjatuh atau tertimpa barang berat yang terlalu keras sehingga menimbulkan keretakan pada layar laptop anda.

7. Layar Hitam Sebagian

Pada masalah ini ciri ciri yang muncul hampir sama dengan layar bintik putih, perbedaan nya pada tampilan yang dihasilkan jika pada kasus layar muncul bintik putih kita masih bisa melihat apa yang ditampilkan pada layar.

Jika pada kasus ini kita hanya bisa melihat sebagian dari yang ditampilkan pada layar laptop, karena sebagian yang lain tertutup warna yang lebih gelap.

Penyebab dari masalah pada layar laptop seperti ini adanya pixel yang mati atau dead pixel, solusinya ganti baru layar laptop anda.

Layar laptop jika disamakan dengan anggota tubuh kita adalah wajah, sebelum semua hal tersebut rawat dan jaga baik baik laptop anda.

Untuk pengguna laptop Acer agar dapat menjaga dan mengetahui masalah apa yang sering muncul silahkan simak tips nya disini ya.

Demikian uraian tentang masalah pada layar laptop yang sering membuat pengguna panik. Semoga informasi tersebut bermanfaat dan dapat membantu anda dalam hal merawat laptop anda. Sekian dan Terimakasih (br)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.