5 Masalah Pada Laptop Asus dan Cara Mengatasinya

Saya mengenal merk ASUS dulunya hanya sebatas memproduksi mainboard PC (Personal Computer), tapi lambat laun mereka mulai memproduksi secara bundling atau biasa disebut Built Up PC, kemudian dilanjutkan dengan memproduksi Laptop atau Notebook.

Saat pasar elektronik menggeliat pada jenis Smartphone android mereka pun turut ambil bagian dalam memproduksi jenis perangkat elektronik tersebut.

Masalah Pada Laptop Asus

masalah pada laptop asus

Kita mengenal berbagai merk laptop yang beredar di pasaran, ASUS termasuk merk yang banyak peminatnya di Indonesia, mungkin karena harganya yang terjangkau tapi dengan spesifikasi tinggi yang menjadikan banyaknya minat warga Indonesia untuk membelinya.

Selain memiliki spesifikasi tinggi pilihan type nya juga beragam. Kelebihan lain, laptop Asus juga memiliki software esklusif yaitu eye care technology, sonic master technology, audio wizard, tru2life technology, dan superbatt technology.

Wajar apabila terjadi masalah pada laptop Asus namun hal itu tergantung pada bagaimana cara kita menggunakannya. Penggunaan secara non stop dengan charge terus menempel pada laptop sebenarnya kurang bagus untuk jangka panjang.

Baca juga: Masalah umum pada laptop dan cara mengatasinya

Apalagi laptop merk Asus ini termasuk kategori yang sensitif terhadap overheat, suhu panas yang berlebihan pada baterai bisa merambat ke hardware lain misalnya ke mainboard, RAM atau keyboard dan bisa mengakibatkan kerusakan yang fatal.

Kerusakan fatal biasanya membutuhkan penggantian hardware dengan harga yang terbilang mahal, terkecuali laptop anda masih dalam masa garansi untuk klaim kerusakan ke service center secara gratis.

Penyebab Masalah Pada Laptop Asus

Semua kerusakan atau masalah yang kerap dihadapi pengguna laptop Asus tentu ada penyebabnya, Nah berikut ini 5 penyebab utama munculnya masalah pada laptop Asus, yakni:

1. Pemakaian yang melebihi batas wajar

2. Debu atau benda asing yang masuk ke sela sela keyboard

3. Operating System yang bermasalah

4. Charger yang terlalu lama menempel pada laptop

5. Tidak lancarnya sirkulasi udara pada area mainboard.

Dari penyebab-penyebab tersebut, masalah pada laptop Asus yang sering terjadi adalah akibat debu atau benda asing yang masuk pada sela sela keyboard.

Untuk mengatasinya cukup simpel, yaitu dengan membersihkan permukaan keyboard dengan kuas kecil, untuk cara lebih rincinya bisa anda artikel saya tentang cara mengatasi masalah pada keyboard laptop.

Gejala awalnya keyboard mulai tertukar huruf dan angka, atau ketika anda sudah menekan tombol pada keyboard berulang kali, tetap saja keyboard tidak meresponnya.

Sedangkan penyebab munculnya masalah pada baterai laptop asus seringnya karena driver baterai yang corrupt & konsleting pada konektor power.

Kerusakan baterai laptop asus seperti itu ditandai dengan status baterai yang berhenti di angka 0% atau icon baterai yang tersilang.

Masalah pada laptop asus lainnya yang sering terjadi adalah pada icon baterai yang terlihat mengisi tapi pada kenyataannya daya baterai tetap kosong. Hal tersebut tentu saja membuat anda khawatir,

Sebelum hal tersebut anda alami lakukan antisipasi dengan cara berikut ini.

– Pasang kabel charge pada laptop dengan benar

Pastikan bahwa adaptor charger tersambung secara tepat pada kabel sambungan. Dan pastikan juga posisi jack yang masuk tepat ke lubang konektor laptop.

Dari beberapa kasus yang terjadi, posisi jack pada charger belum secara tepat masuk ke lubang konektor power laptop, hal ini jika terus dilakukan akan mengakibatkan konslet pada area lubang konektor power laptop.

– Usahakan kabel charger tidak terlilit

Seringnya jika kita sedang tergesa gesa karena berbagai hal adalah kurang memperhatikan kabel charger.

Jika kabel masih dalam keadaan tergulung saat charging dan kemudian langsung anda gunakan, maka bisa menimbulkan kerusakan pada charger.

Hal tersebut yang sering mengakibatkan charger menjadi rusak dan menimbulkan tidak lancarnya suplai aliran listrik ke laptop.

Apalagi jika charger langsung digulung dan masih kondisi panas ketika anda sudah selesai menggunakan, resiko kerusakan yang lebih besar bisa terjadi, termasuk not charging.

Cara mengatasinya, jika sudah terlanjur terjadi, renggangkan dulu kabel adaptor. Tunggu beberapa saat sampai dingin, lalu sambungkan kembali ke laptop.

– Memberikan jeda waktu pada adaptor

Cara selanjutnya untuk mengatasi masalah pada laptop asus plugged in charging tapi tidak mengisi adalah dengan berikan jeda waktu pada adaptor.

Adaptor charger yang terlalu lama dalam penggunaannya biasanya mudah panas. Jika panas, segera cabut adaptor dari laptop dan biarkan menjadi dingin terlebih dahulu. Biasanya, charger yang overheat akan cepat rusak. Sebaiknya, gunakan charger laptop dalam kondisi dingin

Baca juga: Mengatasi pc lemot

– Mengecek kondisi baterai laptop

Baterai laptop asus yang tidak mengisi bisa saja terjadi karena adanya kerusakan pada sistem. Cara mengeceknya matikan laptop, lalu cabut baterai dan diamkan selama beberapa jam.

Kemudian pasang kembali baterai, lalu charger. Jika lampu indikator baterai tidak menyala berarti baterai yang bermasalah. Solusinya, segera ganti baterai dengan yang baru.

– Coba ganti charger

Cara lainnya saat charger anda tidak berfungsi, cobalah untuk meminjam terlebih dahulu milik orang di sekitar anda. Lalu hubungkan charger ke laptop.

Jika charger mengisi daya, maka masalah pada laptop asus anda terdapat pada charger. Tetapi jika charger yang anda pinjam masih tidak mengisi daya, ada kemungkinan baterai laptop yang rusak.

Jika anda sudah mencoba semua cara di atas dan ternyata memang baterai laptop atau charger anda rusak, maka yang harus anda lakukan adalah mengganti baterai ataupun charger dengan yang baru.

– OS Bermasalah

OS atau Operating System bermasalah banyak ditemukan pada penginstalan di laptop Asus. Mulai dari hardware yang tidak terdeteksi windows pada proses awal instal sampai dengan baterai yang tidak terdeteksi.

Untuk mengatasi masalah pada laptop Asus pada proses penginstalan OS tersebut, caranya adalah cek terlebih dahulu drive penyimpanan laptop tersebut.

Jika hard drive menggunakan format partisi GPT maka install windows dengan terlebih dahulu menambahkan sistem partisi GPT ke master windowsnya.

Begitu juga jika hard drive menggunakan format partisi MBR maka tambahkan sistem partisi MBR pada master windows yang akan digunakan.

– Baterai Tidak Terdeteksi Windows

Masalah pada laptop Asus yang ini kerap terjadi pada pengguna yang menggunakan windows 10, solusinya silahkan download dan instal driver baterai dari web resmi Asus.

Setelah anda masuk ke web resmi Asus kemudian pilih jenis laptop dan windows yang anda gunakan, selanjutnya pilih jenis driver yang anda inginkan, langkah berikutnya download, lalu extract menggunakan software winrar.

Setelah software ter instal, segera re-boot laptop anda untuk menyempurnakan penginstalan driver tersebut.

Jika setelah re-boot baterai tetap tidak terdeteksi, sebaiknya segera bawa laptop asus anda ke Mekanik IT untuk dilakukan pengecekan lebih lanjut.

Demikian informasi seputar masalah pada laptop Asus yang kerap terjadi & solusi mengatasinya bagi pemula. Semoga bermanfaat & dapat menambah wawasan anda seputar merawat laptop agar tetap terjaga kondisinya. Sekian & Terimakasih. (br) – Last update: 05/01/2021 by orapada.

Arief Hakim Prabowo

Seorang laki laki dengan 1 istri & 2 anak yang lucu lucu. Aktif di beberapa organisasi, komunitas yang berbasis kemasyarakatan. Dari kecil suka dengan eksperimen yang unik walaupun dengan hasil akhir menggemaskan. Sekarang sedang fokus di seputar bidang IT.

All Post | Website

2 thoughts on “5 Masalah Pada Laptop Asus dan Cara Mengatasinya

  1. Avatar of Sudarto Sudarto berkata:

    Selamat bagaimana klu tampilan tidak kluar windows

  2. Avatar of gagan gagan berkata:

    HAHA APA’AN… LAPTOP ASUS ITU MEMANG CEPAT RUSAK. AWALNYA GUA BELI YANG 3 JUTAAN, KENDALA YANG SAMA LCD DAN KEYBOARD CEPAT RUSAK, AKHIRNYA DARI PADA SERVICE TERUS” AN GUE BELI LAGI NIH YANG HARGA 5 JUTA LEBIH, NYATANYA MALAH SAMA AJA, LCD DAN KEYBORD KADANGA MATI”AN. LCD DAN KEYBOARD GANTI BARU TAPI TETEP SAMA RUSAK DENGAN PENYAKIT AWAL. PADAHAL GAKPERNAH KETUMAHAN AIR ATAU JATUH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *