Ternyata Masalah Pada Laptop Acer Dapat Diatasi Dengan 7 Tips Berikut!

Pada artikel sebelumnya sudah saya bahas cara mengatasi masalah pada laptop Asus, sekarang mari kita bahas tips untuk mengatasi & mengantisipasi masalah pada laptop Acer.

Acer merk laptop yang cukup digandrungi semua kalangan, selain harga yang ditawarkan cukup terjangkau ditambah dengan spesifikasi yang mumpuni di kelasnya, Acer termasuk laptop yang user friendly alias tidak ribet dalam perawatannya.

masalah pada laptop acer

Penyebab Masalah Pada Laptop Acer

Masalah yang sering terjadi pada semua merk laptop tak terkecuali Acer sebenarnya hampir sama, yang membedakan hanya cara mengatasinya & munculnya masalah tersebut tergantung juga pada pemakaian masing masing penggunanya.

Ketika anda mendapati masalah pada laptop acer yang sedang digunakan jangan langsung berpikir untuk menjual dulu ya bahkan membantingnya. Cobalah untuk mengatasi masalah yang terjadi tersebut dengan kepala dingin.

Umumnya masalah pada laptop acer yang sering muncul tersebut akibat dari ulah kita sendiri yang kurang peka akan kesehatan laptop Acer tersebut, Misalnya laptop yang tiba tiba tidak bisa menyala padahal sebelumnya normal.

Berikut ini penyebab masalah umum yang mengakibatkan laptop acer tidak berfungsi secara optimal. Simak ya..!

1. Posisi Menaruh Laptop Pada Saat Dinyalakan

Sirkulasi udara yang baik sangat dibutuhkan oleh manusia, begitu juga dengan laptop. Jika sirkulasi udara terhambat maka yang terjadi suhu di dalam ruang akan meningkat.

Untuk mengatasi masalah pada laptop acer, sebenarnya dari pihak produsen sudah memberikan solusi yakni adanya semacam ventilasi pada bagian samping dan bawah laptop.

Nah agar fungsi ventilasi tersebut bekerja secara optimal, usahakan menaruh laptop ketika menyala di tempat yang rata jangan menaruhnya pada tempat yang empuk dan kasar.

Karena jika anda menaruh laptop dalam kondisi menyala pada tempat yang empuk dan kasar akan mempengaruhi sirkulasi udara dari dalam laptop tersebut yang mengakibatkan laptop mengalami overheat.

2. Debu atau Benda Asing Pada Keyboard

Masalah pada laptop acer ini awalnya sering dianggap sepele oleh pengguna, jika anda membiarkan hal tersebut dalam waktu yang lama, akan menimbulkan masalah yang serius.

Masalah serius tersebut misalnya Keyboard yang tiba tiba tidak dapat digunakan secara optimal, apalagi saat itu anda sedang mendapatkan deadline dari pekerjaan anda.

Nah, agar masalah tersebut dapat anda antisipasi sebelumnya, sebaiknya secara berkala bersihkan debu atau benda asing yang menempel di atas & sela sela keyboard laptop acer anda.

3. Charger jangan digulung

Masalah pada laptop acer selanjutnya yang cukup sering dialami para penggunanya yakni tidak lancarnya suplai daya listrik dari charger ke laptop.

Seringnya hal tersebut terjadi karena cara menggulung atau mengemas kabel charger setelah selesai pemakaian saat kondisi kabel sedang panas. Akibatnya material dalam kabel yang sebagian besar adalah tembaga terjadi kerusakan.

Tembaga jika dalam kondisi panas langsung kita tekuk atau gulung biasanya akan patah, hal ini lah yang terjadi pada charger laptop anda jika menggulung kabel dalam kondisi panas.

Maka dari itu, untuk mengantisipasi agar tidak terjadi kerusakan pada kabel charger laptop anda, ketika akan mengemas atau menggulung kabelnya setelah kondisi kabel dingin atau diamkan dulu beberapa saat sebelum dikemas rapi.

4. Baterai Sudah Full Tapi Tetap Di Charge

Sering bahkan hampir sebagian besar pengguna laptop pernah melakukan hal ini. Mereka rata rata ber alasan untuk antisipasi jika tiba tiba listrik mati, ada juga yang beralasan repot jika harus copot pasang kabel charge ke colokan listrik.

Jika dalam waktu dekat dan anda jarang melakukan hal tersebut mungkin efeknya tidak seberapa tapi jika anda melakukan hal tersebut sering dan setiap saat dapat menimbulkan kerusakan fatal pada baterai dan konektor power laptop.

Padahal harga baterai dan servis konektor power laptop biayanya mahal. Agar masalah pada laptop acer seperti ini tidak terjadi lakukan antisipasi dengan cara, biasakan jika indikator pengisian sudah full segera cabut charger anda dari colokan listrik.

Cara lainnya jangan sampai baterai laptop habis terkuras dayanya, karena jika hal ini terjadi berpengaruh menimbulkan kerusakan pada elemen baterai laptop anda. Akibatnya baterai anda harus mengulang dari awal pengisian daya listriknya. Efek selanjutnya baterai laptop anda mudah soak.

5. Terlalu Banyak Software Tidak Berguna Ter-Install

Jika anda pengguna windows 8 atau 10, sebenarnya anda sudah tidak memerlukan software antivirus, karena dalam 2 seri windows tersebut sudah tertanam anti virus bawaan berupa windows defender yang ampuh untuk menghapus semua virus pada laptop anda.

Menggunakan software anti virus lebih dari satu bagi saya memberatkan kerja dari prosesor laptop anda, karena antivirus berjalan pada background artinya walaupun anda tidak mengaktifkan anti virus tersebut tetapi aplikasi nya tetap aktif melakukan pemeriksaan.

Disaat anti virus melakukan pemeriksaan tersebut butuh tenaga besar dari RAM, nah jika sebagian RAM sudah digunakan oleh antivirus maka ketika anda mengaktifkan aplikasi lain biasanya terasa berat pada prosesnya.

Cara mengatasinya, segera uninstall software yang kurang berguna tersebut melalui menu control panel yang terdapat pada tombol start.

6. Terlalu Banyak Membuka Tab Pada Browser

Membuka tab dengan jumlah banyak memang memudahkan kita untuk mencari informasi dari internet. Namun hal tersebut dapat mengganggu kerja dari CPU Laptop Acer anda. Karena secara otomatis tenaga yang dipakai pun jadi besar saat anda membuka tab pada browser terlalul banyak.

Ketika tenaga yang dipakai besar biasanya temperature dalam laptop menjadi semakin panas dan jika dibiarkan akan berakibat overheat.

Masalah pada laptop acer tersebut sangat fatal akibatnya, karena jika terjadi overheat beberapa hardware yang menempel pada mainboard lama kelamaan akan rusak elemennya. Yang paling sering terkena imbasnya adalah konektor power dan socket keyboard.

Mengatasinya dengan cara, cukup mengurangi tab browser yang sudah terbuka tersebut atau me minimize browser sudah dapat menurunkan suhu panas dalam ruang CPU laptop.

7. Salah Memilih Cooling Pad

Alat yang satu ini cukup membantu menurunkan temperatur panas pada laptop. Namun anda harus pintar dalam memilihnya karena jika asal bukan dingin yang didapat tapi laptop bisa jadi makin panas suhunya.

Saat anda akan membeli cooling pad sebaiknya perhatikan dulu posisi lubang ventilasi laptop yang berada di bawah, kemudian pilih cooling pad dengan posisi kipas dibawah ventilasi laptop anda.

Ada banyak pilihan bentuk dan model cooling pad di pasaran, jika ada pilih yang posisi kipasnya di kanan kiri cooling pad tersebut, agar udara panas yang berada di dalam laptop dapat keluar dengan cepat.

Demikian penjelasan mengenai penyebab dan cara mengatasi masalah pada laptop acer yang sering dialami pengguna. Untuk cara mengatasi masalah pada laptop Asus bisa anda simak disini.

Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi anda & dapat mengantisipasi kerusakan pada laptop acer anda. Sekian & Terimakasih. (br)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.