5 Masalah Pada Keyboard Laptop Yang Sering Terjadi & Trik Mengatasinya

Apa jadinya jika laptop anda tiba tiba keyboardnya tidak berfungsi? Tentulah anda akan panik, apalagi ada beberapa pekerjaan yang harus anda selesaikan. Sebelum hal tersebut terjadi pada anda, sebaiknya ketahui beberapa masalah pada keyboard laptop yang kerap terjadi.

Keyboard pada laptop merupakan hardware vital, tanpa keyboard bagaimana kita akan memerintahkan prosesor untuk melakukan pekerjaan kita semisal mengetik angka dan huruf.

Fungsi utama keyboard pada laptop adalah untuk mengirimkan perintah dari setiap huruf, angka dan simbol yang kita ketik sehingga menjadi sebuah data yang kemudian diolah CPU (Central Processing Unit).

masalah pada keyboard laptop

Masalah Pada Keyboard Laptop

Bukan hanya hard drive, keyboard laptop pun tak pernah luput dari berbagai masalah yang terjadi dari mulai yang sepele sampai yang terbilang serius & solusinya harus ganti baru.

Nah agar anda dapat mengantisipasi masalah keyboard laptop tersebut, berikut ini 5 jenis masalah pada keyboard laptop yang sering terjadi dan cara mengatasinya.

1. Tombol Keyboard Sebagian Tidak Berfungsi

Masalah yang cukup sering terjadi adalah beberapa tombol keyboard tidak berfungsi. Gejalanya, tombol tersebut tetap tidak merespon sekalipun anda sudah menekannya berulang kali.

2. Tanpa Diperintah Keyboard Dapat Mengetik Sendiri

Masalah berikutnya adalah keyboard dapat mengetik sendiri tanpa kita perintah. Kerusakan ini sangat mengganggu, terlebih jika masalah tersebut terletak pada tombol yang riskan seperti enter atau delete.

3. Keyboard Sama Sekali Tidak Berfungsi

Masalah keyboard pada laptop ini termasuk fatal. Saat keyboard pada laptop Anda sama sekali tidak berfungsi, hal tersebut tentunya akan mempersulit Anda mengoperasikan laptop karena semua tombol yang terdapat pada keyboard tidak merespon apapun yang anda ketikkan.

4. Tombol Huruf Tertukar

Permasalahan lain yang sering muncul adalah tertukarnya fungsi tombol saat ditekan. Misalnya, Anda menekan tombol huruf namun respon yang keluar adalah angka. Walaupun terlihat sepele, namun akan sangat mengganggu kinerja Anda.

5. Konslet Keyboard Laptop

Pada beberapa kasus yang terjadi keyboard laptop yang konslet menjadikan laptop tidak bisa dinyalakan. Biasanya ketika Anda menyalakan laptop,terdengar alarm panjang dari laptop, tampilan menjadi blank.

Jika mengalami hal tersebut, keyboard pada laptop Anda mengalami masalah serius dan harus segera diganti dengan yang baru agar laptop dapat menyala dengan normal kembali.

Penyebab Masalah Pada Keyboard Laptop

Berikut beberapa hal yang menjadi penyebab munculnya masalah pada keyboard laptop anda:

  • Laptop Overheating

Penyebab pertama masalah keyboard pada laptop adalah overheat atau suhu laptop terlalu panas. Suhu panas ini membuat debu atau kotoran kecil masuk ke dalam keyboard sehingga menghalangi respon papan keyboard saat ditekan dan membuat keyboard pada laptop menjadi tidak berfungsi.

  • Terlalu Keras Menekan Tombol

Masalah keyboard pada laptop juga sering disebabkan oleh penggunaan yang menekan tombol terlalu keras. Menggunakan keyboard seperti menekan tombol terlalu keras bisa menyebabkan keyboard pada laptop menjadi rusak.

  • Benda Asing

Masalah pada keyboard laptop yang menimbulkan kerusakan dapat disebabkan juga oleh masuknya benda asing ke sela sela keyboard seperti air, debu atau rambut. Benda asing tersebut akan mengganggu fungsi keyboard dan menyebabkan kerusakan.

Memperbaiki Masalah Pada Keyboard Laptop

Saat keyboard Anda bermasalah, Anda jangan buru-buru mengganti keyboard laptop tersebut. Ada beberapa pertolongan pertama yang dapat Anda lakukan untuk tahap awal perbaikan keyboard, seperti:

1. Bersihkan Debu dari Keyboard

Membersihkan debu dari keyboard terlihat sepele ya, tapi jika hal ini tidak anda lakukan maka yang terjadi adalah keyboard tidak berfungsi secara optimal.

Gejala yang sering timbul adalah beberapa tombol pada keyboard yang tidak berfungsi dengan baik,

Cara mengatasi masalah pada keyboard laptop seperti ini, miringkan laptop dengan sudut 75 derajat dan goyangkan laptop untuk menyingkirkan debu. Kemudian, bersihkan bagian atas dan sela sela keyboard menggunakan kuas kecil.

Atau bisa juga dengan menggunakan vakum cleaner USB yang sudah banyak di pasaran.

2. Restart Laptop

Tidak berfungsinya keyboard pada laptop sering juga disebabkan oleh software driver yang secara tiba tiba berhenti. Cara mengatasinya, silahkna Anda restart laptop dengan cara menekan tombol ON selama 5 – 10 detik.

3. Re Install OS

Re install OS atau instal ulang dapat juga menjadi solusi jika keyboard pada laptop anda bermasalah, tujuan dari instal ulang ini adalah menjadikan driver keyboard yang semula corrupt dan menimbulkan masalah pada keyboard laptop anda menjadi normal kembali.

4. Update Driver Keyboard

Solusi lainnya adalah dengan meng update driver keyboard Anda. Langkah langkahnya, silahkan klik Control Panel pada Start Menu, lalu pilih System and Security dan klik Device manager.

Pada menu tersebut, silahkan cari dan temukan driver keyboard kemudian update driver keyboard tersebut dengan menghubungkan laptop sebelumnya ke koneksi internet.

5. Ganti Keyboard

Jika ke empat cara diatas sudah anda lakukan namun masalah pada keyboard laptop masih sering muncul, segera bawa ke mekanik IT untuk dilakukan penggantian keyboard laptop anda.

Masalah pada keyboard laptop muncul bukan tanpa sebab, ada beberapa penyebab yang sebenarnya kita ketahui tapi kita menyepelekan dan menganggap hal tersebut akan hilang dengan sendirinya.

Trik Mudah Mengetik Saat Terjadi Masalah Pada Keyboard Laptop

masalah pada keyboard laptop

Ketika keyboard pada laptop Anda mengalami kerusakan, Sebenarnya Anda tetap bisa menyelesaikan pekerjaan menggunakan keyboard virtual. Keyboard virtual bisa dipakai oleh pengguna Windows 7, 8, 10 dengan cara:

Masuk ke Start Menu, lalu klik menu Accesories >> Ease Of Access >> On-Screen Keyboard. Jika keyboard laptop masih berfungsi sebagian, Anda bisa membuka Start Menu kemudian ketik OSK pada kolom search.

Setelah keyboard virtual muncul dan supaya selalu muncul tanpa anda mengulangi langkah dari awal lagi, silahkan klik opsi “Turn On” On-Screen Keyboard.

Mengatasi Masalah Huruf dan Angka Tertukar Pada Keyboard Laptop

Masalah pada keyboard laptop sepert ini membuat huruf dan angka yang Anda ketik tertukar outputnya, misal mengetik huruf U menjadi angka 4 , huruf K menjadi angka 2, dan sebagainya.

Seringnya masalah ini muncul diakibatkan seringnya menggunakan keyboard eksternal dan membuat numlock pada keyboard eksternal berpindah pada keyboard internal.

Cara mengatasinya, cari tombol “Fn” pada keyboard, dan cari lagi tombol NumLock yang umumnya terdapat di deretan atas keyboard. Setelah itu, tekan kedua tombol tersebut secara bersamaan.

Cara lainnya, klik tombol start menu kemudian ketik Region pada kolom search, lalu pilih Region & Language Settings. Setelah itu, ganti opsi Region menjadi United States dengan pilih add a language. Jika sudah, silahkan restart laptop atau komputer Anda.

Jika ternyata masalah yang terjadi bukan hanya pada keyboard laptop anda tapi ada kerusakan lainnya, dan anda masih bingung untuk mengatasinya, mungkin artikel pada link yang ini dapat menyelesaikan masalah anda tersebut.

Demikian uraian mengenai masalah pada keyboard laptop yang sering terjadi dan cara mudah penyelesaiannya.

Semoga informasi tersebut bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan anda tentang cara merawat laptop. Sekian & Terimakasih. (br)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.