Mengalami masalah pada jaringan komputer merupakan hal yang sangat menyebalkan. Pasalnya kini semua aktivitas manusia terhubung melalui jaringan komputer. Bagaimanapun, jaringan komputer adalah sistem kompleks yang terdiri dari berbagai struktur dan komponen.

Ada beragam jenis masalah pada jaringan komputer yang dapat menyebabkan gangguan lokal hingga koneksi jaringan global. Jika jaringan Anda gagal atau mengalami masalah apa pun, maka produktivitas pribadi bahkan organisasi Anda akan terpengaruh. Berikut masalah pada jaringan komputer yang biasa terjadi lengkap dengan solusi mengatasinya. Mari kita simak.

Berbagai Masalah pada Jaringan Komputer, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

Pada beberapa kasus, jaringan komputer sering kali mengalami masalah yang disebabkan oleh berbagai faktor. Kali ini kita akan coba membahasnya lebih jauh di artikel ini.

1. Masalah pada Jaringan Komputer Akibat Kerusakan pada Kabel dan Konektor

masalah pada jaringan komputer
masalah pada jaringan komputer

Kabel dan konektor merupakan media yang menjembatani antara komputer dengan peralatan lainnya. Salah satunya berfungsi untuk membuat jaringan Local Area Network (LAN). Seperti jaringan kabel UTP dan konektor RJ45. Masalah jaringan pada jenis ini biasanya karena kabel tidak terpasang dengan baik. Susunan kabel dan konektor yang salah, dan kabel putus.

Biasanya masalah jaringan yang menggunakan kabel UTP relatif sedikit. Hal ini dikarenakan pemasangannya menggunakan topologi star dan workstation terpasang secara paralel menggunakan switch/hub. Sehingga masalah yang timbul biasanya hanya pada kabel workstation.

Solusi untuk permasalahan ini adalah dengan melakukan pengecekan secara berkala. Pastikan kabel dan konektor yang Anda gunakan tersambung dengan baik. Selain memastikan sambungan, Anda juga kami anjurkan untuk melihat kondisi kabel. Apakah kabel masih baik atau sudah mengalami cacat.

2. Masalah Jaringan Karena Virus Komputer

Virus komputer dapat berasal dari berbagai sumber, seperti software berbahaya, iklan online, penggunaan media sosial pada komputer, dan masih banyak lainnya. Masalah ini akan menyerang sistem server dan akan menjalar ke semua komputer dalam jaringan Anda. Akibatnya performa pada jaringan komputer akan lambat, bahkan bisa mati oleh virus.

Untuk mengatasi masalah ini, pertama Anda harus memeriksa tingkat keparahan infeksi dengan menjalankan pemindaian jaringan lengkap. Pastikan program anti-virus Anda mutakhir.

Kedua, cadangkan semua file sistem Anda menggunakan alat yang diperlukan, misalnya hard disk eksternal. Ketiga, bersihkan atau hapus semua file yang mencurigakan yang telah diisolasi terlebih dahulu. Proses isolasi ini dibutuhkan untuk memisahkannya agar tidak terjadi pertukaran dengan file atau sistem jaringan Anda.

3. Masalah Jaringan Karena Kegagalan Sistem

Kegagalan sistem bisa memicu masalah pada jaringan komputer. Masalah ini dapat ditimbulkan oleh DHCP server dengan alamat IP statis yang sama. Boleh jadi penyedia layanan internet Anda secara tidak sengaja memberi dua orang alamat IP yang sama. Akibatnya Anda akan mendapat pesan berupa “alamat IP sudah digunakan”.

Jika hal ini terjadi, Anda dapat melakukan beberapa langkah berikut. Pertama, klik tombol “Start” dan klik “Run”. Masukkan “cmd” ke dalam kotak teks dan klik “OK”. Maka prompt perintah Windows akan terbuka. Kedua, ketik “ipconfig / renew” dalam prompt perintah dan tekan “Enter”. Ketiga, periksa koneksi jaringan Anda. Komputer Anda akan menerima alamat IP yang tersedia dan belum digunakan.

Bagaimana jika Anda tidak bisa mendapatkan alamat IP? Jika jaringan Anda sudah mati, sistem operasi akan mengirimi peringatan yang menyatakan bahwa alat itu tidak diterima dari server DHCP. Hal ini bisa saja terjadi karena DHCP kehabisan alamat atau mungkin permintaan DHCP dari perangkat tidak pernah sampai ke server.

Solusi untuk masalah ini adalah dengan memeriksa network interface card (NIC). Buka manajer perangkat pada panel kontrol. Luaskan area item network adapters untuk melihat semua adapter jaringan. Kemudian periksa sakelar untuk melihat VLAN mana yang ditetapkan sebagai anggota. Pastikan perangkat lain pada VLAN khusus ini mendapatkan alamat IP.

4. Masalah Jaringan Akibat Connection Errors dan Network Connection

Masalah koneksi merupakan masalah jaringan yang paling menjengkelkan dan membuat frustrasi. Masalah pada jaringan komputer yang terdapat pada Network Connection biasanya terletak pada nomor IP dan gateway.

Masalah-masalah ini dapat merupakan hasil dari semua jenis gangguan dan masalah di dalam komputer dan/ atau jaringan komputer itu sendiri. Jika Anda mendapatkan pemberitahuan berupa “No connectivity”, berikut yang dapat Anda lakukan untuk memperbaikinya.

Langkah 1, nyalakan kembali komputer. Jika proses reboot tidak memperbaiki kendala Anda, lanjut pada langkah 2. Langkah 2, nyalakan kembali router atau modem Anda. Tidak perlu melakukan pengaturan ulang kembali ke default. Cukup matikan router atau modem kemudian nyalakan kembali. Jika ini tidak berhasil, lanjut langkah 3.

Langkah 3, Jika Anda terhubung ke jaringan melalui kabel Ethernet, cabut kabelnya dan pasang kembali. Jika Anda terhubung melalui Wi-Fi ketika melihat masalah ini, kemungkinan adapter jaringan berusaha menghemat daya. Maka Anda dapat memilih hapus centang opsi penghematan daya pada menu Wi-Fi Connection pada panel kontrol. Jika jaringan masih belum bisa digunakan alias mati, hubungi penyedia layanan internet Anda untuk bantuan.

5. Masalah Jaringan Karena Konektivitas Lambat

Salah satu masalah pada jaringan komputer yang sering dihadapi adalah kendala pada koneksi yang lambat baik pada jaringan ataupun pada respons aplikasi yang digunakan. PC dapat berhenti dan tugas paling sederhana dapat memakan waktu yang cukup lama. Masalah ini sering terjadi ketika komputer pertama kali menyala atau terhubung ke jaringan.

Banyak faktor yang memicu kendala ini. Diantaranya adalah penggunaan bandwidth yang berat, kurangnya ruang pada hard drive, menjalankan terlalu banyak aplikasi sekaligus, atau membuka tab browser terlalu banyak dalam satu waktu. Solusi untuk masalah ini tergantung pada akar masalahnya.

Anda dapat mengidentifikasinya dengan menggunakan Task Manager untuk Windows atau Activity Monitor untuk Mac. Hal ini berguna untuk melihat aplikasi mana yang memperlambat Anda. Cara lain yang dapat digunakan adalah dengan penggunaan software tertentu untuk menambah kecepatan koneksi internet.

6. Masalah Pada Jaringan Komputer Akibat Kesalahan VPN

Ketika Anda mendapat pemberitahuan berupa “unable to establish the VPN connection” atau “error 800” berarti ada yang salah dengan VPN Anda. Jaringan pribadi virtual atau virtual personal network (VPN) berguna dalam penyediaan koneksi yang aman antara klien lokal dan server jarak jauh.

Masalah ini biasanya terjadi akibat perangkat klien terputus dari jaringan lokal, firewall jaringan memblokir lalu lintas VPN, atau nama/alamat yang ditentukan untuk server VPN salah.

Berikut beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini. Pertama, Anda dapat memeriksa koneksi antara klien dan server. Kedua, pastikan nama/alamat yang dimasukkan pada sisi klien sesuai dengan nama server yang diberikan oleh admin VPN. Ketiga, non-aktifkan sementara pengaturan firewall untuk memastikan bahwa firewall tidak memblokir koneksi Anda.

Langkah ketiga dapat Anda coba ketika langkah pertama dan kedua tidak mengubah apapun. Namun demikian, jika ketiga langkah di atas telah Anda coba dan belum memecahkan masalah, bisa jadi server kelebihan beban atau offline. Anda dapat memeriksanya dengan bantuan teknisi dari departemen IT Anda untuk mengatasinya.

Demikian masalah pada jaringan komputer yang sering menghampiri kita. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Salam sukses dana bahagia, Good People!

Ditulis oleh U’um Eli Munawaroh – Last update: 05/01/2021 by orapada

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *