Manfaat Penting Perban Knalpot Untuk Scrambler & Caféracer!

Perban Knalpot
Perban Knalpot

Ternyata perban tidak hanya berlaku untuk membalut luka di tubuh manusia tapi berfungsi juga di motor, tentunya bahan perban knalpot yang digunakan berbeda dengan perban yang sering kita gunakan untuk luka.

Mungkin anda akan sedikit heran kenapa banyak sepeda motor hasil modifikasi yang menggunakan kain pembungkus pada leher knalpotnya.

Bagi yang kurang tahu fungsinya, mungkin tindakan ini hanya untuk melindungi knalpot dari goresan atau hanya untuk menambah estetika saja.

Tapi sebenarnya, apa sih manfaat exhaust wrap atau perban knalpot ini?

Perban Knalpot Atau Exhaust Wrap

Di pasaran perban knalpot ini dikenal dengan nama Exhaust Wrap atau dikenal juga dengan nama kain thermo cool.

Kain ini sendiri berfungsi untuk meredam panas yang mengalir pada pipa knalpot, sehingga knalpot akan cenderung lebih dingin dan kinerja mesin pun lebih maksimal.

Perban knalpot dulunya suka digunakan untuk motor Harley. Hal tersebut karena pipa knalpot Harley lebih panjang dan kebanyakan berada di luar, sehingga berfungsi untuk melindungi pengendara agar tidak terkena panas knalpot.

Jika melihat fungsinya, Exhaust Wrap ini tidak hanya sebagai gaya saja, tapi lebih kepada pelengkap safety yang berfungsi untuk melindungi panas.

Dengan semakin banyaknya konsep custom motor, kini Exhaust Wrap sudah banyak digunakan oleh selain biker Harley Davidson, terutama mereka yang menerapkan konsep knalpot panjang dan terbuka, contohnya scrambler atau cafe racer.

Untuk daya tahannya sendiri, Exhaust Wrap ini bisa tahan digunakan hingga satu tahun.

Tapi semua itu tergantung dari pemakaian, kalau sepeda motor jarang digunakan dan jarang terkena air, maka pemakaiannya pun bisa lebih awet.

Sebelum mengulas lebih jauh fungsi & manfaat perban knalpot ini ada baiknya anda mengetahui dulu beberapa bagian dan fungsi dari knalpot motor yang anda pakai.

Bagian Dari Knalpot

Penggunaan knalpot pada teknologi mesin motor ini sudah tergolong cukup lama karena memang fungsinya tersebut sangatlah penting untuk menunjang performa motor anda.

Berikut ini adalah beberapa fungsi atau peranan knalpot motor tersebut bagi kendaraan anda, yuk langsung saja kita simak ulasannya.

1. Header

Yakni bagian dari knalpot yang berfungsi untuk menghubungkan keseluruhan dari sistem knalpot tersebut (full system) dengan sistem buang atau ex yang dimiliki oleh sesuatu kendaraan bermotor.

2. Resonator

Yakni bagian dari knalpot yang berfungsi untuk mengolah bunyi bising yang dihasilkan oleh hasil pembakaran pada mesin motor anda.

3. Silencer

Yakni bagian dari knalpot yang berfungsi untuk meminimalisir suara bising yang terjadi pada motor tersebut, serta meningkatkan tenaga dari kendaraan tersebut.

Oleh karena fungsinya yang sangat vital tersebut, maka tidak jarang para biker melakukan perawatan terhadap knalpot motornya tersebut.

Perawatan Knalpot Dengan Pasang Perban Knalpot

Salah satu perawatan knalpot yang dimaksud adalah seperti pemasangan perban knalpot atau exhaust wrap tersebut.

Lalu manfaat apa yang di dapat dari pemasangan perban knalpot selain melindungi kaki pengendara dari panas knalpot?

Berikut beberapa Fungsi Pemasangan Perban Knalpot pada custom motor scrambler dan caferacer.

1. Menurunkan Suhu Di sekitar Knalpot

Kelebihan penggunaan exhaust wrap adalah untuk menstabilkan suhu leher knalpot dan bisa mempercepat aliran knalpot yang membuat menambah tarikan motor.

Selain itu juga dapat sebagai pelindung panas serta bisa melindungi dari karat.

Pemasangan perban atau exhaust wrap tersebut berfungsi mengurangi suhu disekitar knalpot motor anda yang sering mengalami panas berlebih.

2. Meningkatkan Efisiensi Mesin

Dengan dililitkannya perban atau exhaust wrap tersebut pada knalpot motor anda, maka akan mengurangi transfer panas ke intake manifold.

Jika udara intake lebih dingin, maka udara yang masuk ke mesin akan semakin padat, sehingga VE akan naik dan powerpun tentunya akan meningkat pula.

3. Meningkatkan Kecepatan Aliran Knalpot

Oleh karena lilitan perban atau exhaust wrap tersebut pada knalpot motor anda, maka panas yang seharusnya diradiasikan ke udara maka akan teta tertahan dalam knalpot.

Meningkatnya suhu tersebut, maka akan meningkatkan pula tekanan gas buang, sehingga dengan demikian maka aliran gas akan semakin lancar atau kencang.

4. Meningkatkan Penampilan (Style)

Hal seperti ini biasanya dilakukan oleh mereka yang memiliki knalpot lama yang sudah kelihatan kusam atau jelek.

Dengan melakukan modifikasi dengan lilitan perban atau exhaust wrap tersebut, maka bukan hanya tampilan yang kusam tersebut tertutupi, namun juga bisa meningkatkan penampilan atau gaya knalpot motor anda.

Dari segi harga sangatlah beragam, mulai dari belasan ribu hingga puluhan ribu sesuai bahannya. Untuk warnanya sendiri secara umum tersedia warna hitam, putih dan titanium. Tinggal disesuaikan dengan selera dan budget.

Untuk ukuran bisa pilih sesuai keinginan, tetapi secara umum per meter. Untuk pelengkapnya membutuhkan klep untuk pemasangannya, harganya paling mahal cuma belasan ribu rupiah saja.

Cara Pasang Perban Knalpot
Perban Knalpot
Cara Pasang Perban Knalpot

Cara pemasangan cukup mudah cukup anda lilitkan pada pangkal leher knalpot. Usahakan pemasangannya tidak terlalu renggang / rapat (agar bisa panjang). Jika sudah lihatlah kembali apakah masih ada celah.

Bila masih ada sisa silahkan ulangi. Saat yakin sudah selesai pasangkan klep dikedua ujungnya. Oh iya, saat pemasangan usahakan saat knalpot dalam kondisi dingin. Kecuali biar greget dan butuh tantangan.

Banyak pecinta motor custom sekarang ini yang menggunakan perban di bagian leher knalpot. Perban ini yang dinamakan exhaust wrap atau thermo cool. Namun, tak semuanya paham fungsi dari benda yang satu ini.

Selain melindungi kaki, exhaust wrap juga bisa melindungi kabel-kabel yang ada di area yang dilewati knalpot agar tidak meleleh atau terbakar.

Ternyata pemasangan perban knalpot bukan hanya sekedar untuk penampilan, namun pemasangan tersebut sangat bermanfaat bagi kesehatan knalpot dan motor anda.

Baca Juga : “Telusur Sejarah Custom Motor Scrambler! Awal Lahirnya Trail Motor!

Demikian tadi ulasan mengenai manfaat perban knalpot atau exhaust wrap pada custom motor scrambler dan café racer.

Semoga informasi mengenai manfaat perban knalpot atau exhaust wrap pada custom motor scrambler dan café racer tersebut bermanfaat bagi anda terutama untuk anda yang mempunyai motor custom dengan style tersebut.

Jika info tersebut bermanfaat silahkan share kembali melalui akun media sosial yang anda punya. Sekian & Terimakasih. (br)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.